Sukses

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Buku, Perhatikan Caranya

Contoh penulisan daftar pustaka atau referensi, memberikan informasi detail kepada pembaca tentang sumber yang digunakan sehingga setiap pembaca dapat memahami sumber tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Saat membuat karya ilmiah, informasi dari berbagai sumber pasti diperlukan. Sumber-sumber tersebut dapat berupa buku, e-book, jurnal, dan lain sebagainya. Sumber yang digunakan haruslah dicantumkan di bagian akhir karya ilmiah, yang dikenal sebagai daftar pustaka. 

Daftar pustaka merupakan kumpulan referensi yang digunakan dalam sebuah karya atau tulisan. Oleh sebab itu contoh penulisan daftar pustaka harus diketahui oleh peneliti. Daftar pustaka harus disertakan ketika mengutip tulisan atau karya orang lain. Saat melakukan pengutipan, penting untuk membuat daftar yang berisi informasi tentang penulis dan topik yang dirujuk. Contoh penulisan daftar pustaka atau referensi, memberikan informasi detail kepada pembaca tentang sumber yang digunakan sehingga setiap pembaca dapat memahami sumber tersebut.

Bagi para siswa dan mahasiswa, contoh penulisan daftar pustaka menjadi salah satu hal yang dipelajari. Berikut contoh penulisan daftar pustaka yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (31/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penulisan Daftar Pustaka dari Buku

Format penulisan daftar pustaka dari buku secara umum adalah sebagai berikut, 

Nama belakang, nama depan. (Tahun). Judul Buku. Kota: Penerbit Buku.

Contoh penulisan daftar pustaka dari buku

Hirata, Andrea. (2006). Sang Pemimpi. Yogyakarta: Bentang.

Berikut komponen dalam contoh penulisan daftar pustaka dari buku.

Nama penulis

Tuliskan nama belakang penulis terlebih dahulu, diikuti dengan tanda koma dan inisial nama depannya. Jika dalam buku terdapat gelar-gelar penulis, gelar-gelar tersebut tidak perlu ditulis dalam daftar pustaka.

Apabila ada dua atau lebih nama penulis yang tercantum dalam satu buku, nama penulis pertama saja yang dibalik, sisanya tidak perlu dibalik. Jangan lupa untuk menambahkan 'dan' di antara penulis kedua dan ketiga seperti berikut,

Lestari, Dewi dan Selo Soemardjan.

Lestari, Dewi, Marta Susilo, dan Selo Soemardjan.

Jika buku yang digunakan sebagai referensi ditulis oleh lebih dari tiga penulis, tulislah nama penulis pertama dan dibalik kemudian diikuti dengan 'dkk' (dan kawan-kawan).

Contoh:

Lestari, Dewi dkk.

Tahun Terbit

Setelah nama penulis, tuliskan tahun terbit buku yang menjadi acuan, diikuti dengan tanda kurung buka dan kurung tutup.

Judul Buku

Setelah nama penulis dan tahun terbit, diikuti dengan judul buku yang digunakan. Perlu diingat untuk menuliskannya dengan huruf miring atau huruf miring tebal.

Tempat Terbit

Tuliskan tempat terbit buku yang menjadi referensi, diikuti dengan tanda titik dua.

Nama penerbit

Komponen terakhir dalam menulis Daftar Pustaka dari buku adalah nama penerbit.

3 dari 3 halaman

Kondisi Khusus dalam Penulisan Daftar Pustaka dari Buku

Ada beberapa kondisi khusus yang mungkin ditemusi saat menulis daftar pustaka dari buku, seperti berikut.

Terdapat Angka dalam Nama Penulis

Jika terdapat angka dalam nama penulis, angka tersebut ditulis setelah nama penulis.

Contoh:

Anderson, Michael., III. (1995). A Guide to Reptiles. New York: Doubleday.

Daftar Pustaka dari Buku Tanpa Nama Penulis

Jika buku tidak memiliki nama penulis, tuliskan hanya judul buku, tahun terbit, dan lokasi terbit.

Contoh:

American Oxford Dictionary and Thesaurus. (2009). Heatherton, Victoria: Australia.

Daftar Pustaka dari Beberapa Buku dengan Penulis yang Sama

Jika menggunakan lebih dari satu buku dengan penulis yang sama, urutkan berdasarkan tahun terbit yang paling awal. Berikut contoh penulisan daftar pustaka dari beberapa buku dengan penulis yang sama.

Willmott, W. (2004). Rocks and landscapes of the national parks of Southern Australia. Brisbane: Geological Society of Australia, Queensland Division.

Willmott, W. (2006). Rocks and landscapes of the national parks of Central Australia. Brisbane: Geological Society of Australia, Queensland Division.

Buku Dibuat oleh Organisasi atau Institusi

Jika buku yang digunakan ditulis oleh sebuah organisasi atau institusi, tulis nama organisasi, tahun terbit, judul buku, tempat terbit, dan nama organisasi yang bertanggung jawab.

Contoh:

New York Health. (2002). Best practice guidelines for the management of type 2 diabetes in children and adolescents. New York, Qld.: New York Health.

Daftar Pustaka dari Buku Beredisi

Jika buku memiliki beberapa edisi, tuliskan dalam daftar pustaka dengan format, Nama penulis, tahun terbit, judul buku (edisi ke), tempat terbit, dan penerbit.

Contoh:

Willmott, W. (2004). Rocks and landscapes of the national parks of Southern Australia (4th ed). Brisbane: Geological Society of Australia, Queensland Division.

Buku yang Diedit oleh Editor

Jika buku yang digunakan diorganisir atau diedit oleh editor, tuliskan dalam daftar pustaka dengan format, Nama editor (Eds). (Tahun terbit). Judul buku. Tempat terbit: Penerbit.

Contoh:

Friedman, S. & Wachs, T.D. (Eds). (1999). Measuring environment across the lifespan: Emerging methods and the concepts. Washington, D.C.: American Psychology Association.

Daftar Pustaka dari Buku Berseri

Jika buku memiliki beberapa seri, tuliskan dalam daftar pustaka dengan format: Nama belakang penulis, inisial. (Tahun terbit). Judul buku. Nama Seri. Tempat publikasi: Penerbit.

Contoh:

Friedman, S. & Wachs, T.D. (Eds). (1999). Measuring environment across the lifespan: Emerging methods and the concepts. Series in affective science. Washington, D.C.: American Psychology Association.

Daftar Pustaka dari E-book

Jika menggunakan buku yang hanya tersedia secara daring atau menggunakan E-book, tuliskan: Nama belakang penulis, inisial. (Tahun terbit). Judul buku. Tempat terbit: Penerbit. Tersedia dari nama database atau URL.

Contoh:

Willmott, W. (2004). Rocks and landscapes of the national parks of Southern Australia (4th ed). Brisbane: Geological Society of Australia, Queensland Division. Tersedia dari NetLibrary database.

Jika link yang diberikan hanya mengarahkan pembaca ke cara mengakses buku, bukan membuka secara daring, tuliskan "tersedia dalam".

Daftar Pustaka dari Buku Terjemahan

Jika buku yang digunakan merupakan terjemahan, tuliskan nama pengarang asli. (Tahun terbit). Judul buku dan inisial penerjemah diikuti dengan nama penerjemah. Tempat terbit: nama penerbit terjemahan.

Contoh:

Doe, John. (2006). Sistem Informasi dan Komunikasi. (M. Harianto, Terjemahan). Jakarta: Gramedia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.