Sukses

Teks Eksposisi adalah Pemaparan, Kenali Struktur, Jenis, dan Cirinya

Kenali ciri teks eksposisi.

Liputan6.com, Jakarta Teks eksposisi adalah jenis tulisan yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya, teks eksposisi adalah teks yang ditemukan pada petunjuk penggunaan suatu produk. Contoh lain eksposisi adalah berita atau artikel yang bersifat informatif.

Ciri khas dari teks eksposisi adalah isinya yang informatif. Tulisan ini bisa ditemukan di makalah akademis, artikel untuk surat kabar, laporan untuk bisnis, atau bahkan nonfiksi sepanjang buku. Teks eksposisi adalah teks yang bisa membantu mempelajari dan memahami dunia sekitar.

Fungsi dari teks eksposisi adalah membuat pembaca mengetahui detail untuk memahami sebuah cerita atau tujuan. Teks eksposisi adalah teks yang sering ditulis dengan gaya penulisan singkat, akurat, dan padat. Berikut pengertian teks eksposisi, jenis, dan cirinya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(21/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Apa itu teks eksposisi?

Eksposisi berasal dari bahasa latin exposition yang artinya membuka atau memulai. Menurut KBBI, eksposisi berarti uraian atau paparan. Teks eksposisi adalah paragraf yang bertujuan memaparkan, menjelaskan, menyampaikan informasi, mengajarkan, dan menerangkan suatu topik.

Dalam sastra, teks eksposisi adalah bagian awal karya sastra yang berisi keterangan tentang tokoh dan latar. Eksposisi adalah teks yang berisi uraian atau informasi, bertujuan untuk menyampaikan pendapat atau gagasan, disajikan dengan fakta untuk memperkuat informasi.

Teks eksposisi merupakan paragraf yang bertujuan memaparkan, menjelaskan, menyampaikan informasi, mengajarkan, dan menerangkan suatu topik. Teks eksposisi memiliki gaya penulisan informatif dan umumnya menjawab pertanyaan 5W+1H.

Informasi dalam teks eksposisi dapat tentang pengaturan, karakter, peristiwa rencana sebelumnya, konteks historis, dan lain sebagainya. Teks eksposisi harus dengan jelas memberi tahu pembaca tentang subjek tertentu.

3 dari 7 halaman

Struktur Teks Eksposisi

Tesis

Tesis dalam teks eksposisi adalah inti sebuah eksposisi. Tesis adalah ide utama atau topik bahasan secara keseluruhan. Tesis juga bisa disebut sebagai gagasan utama yang akan dieksplorasi dalam tulisan. Tesis biasanya ada pada paragraf pertama.

Argumentasi

Argumentasi berberarti pemberian alasan yang kuat dan meyakinkan. Argumentasi berisi fakta-fakta untuk memperkuat argumen-argumen penulis. Argumentasi berada pada paragraf kedua dan paragraf ketiga. Pada paragraf ketiga terdapat juga fakta-fakta yang mendukung tesis/pendapat. Pada paragraf kedua merupakan pendapat dari penulis mengenai tesis.

Melalui argumentasi penulis berusaha merangkaikan fakta-fakta sedemikian rupa, sehingga ia mampu menunjukan apakah suatu pendapat atau suatu hal tertentu itu benar atau tidak.

Penegasan ulang

Penegasan ulang adalah penjelasan kembali atas tesis yang telah disampaikan yang didasarkan pada fakta-fakta yang telah dijabarkan penulis pada argumentasi. Penegasan ulang biasanya terdapat pada bagian akhir teks eksposisi.

4 dari 7 halaman

Jenis-jenis teks eksposisi

Teks eksposisi terbagi dalam beberapa jenis sesuai isi dan fungsinya. Berikut jenis-jenis teks eksposisi:

Eksposisi definisi

Pengertian teks eksposisi definisi berisi paragraf yang memaparkan pengertian atau definisi suatu topik tertentu. Paragraf ini memfokuskan karakteristik topik tersebut. Contoh eksposisi definisi banyak ditemui di berbagai teks seperti buku pelajaran atau artikel.

Eksposisi proses

Pengertian teks eksposisi proses merupakan paragraf yang bertujuan memaparkan proses pembuatan, proses penggunaan atau cara untuk melakukan sesuatu. Paragraf ini berisi tahapan suatu proses dari awal hingga akhir. Eksposisi proses biasa ditemukan pada buku-buku petunjuk pembuatan, penggunaan, atau cara-cara tertentu.

Eksposisi ilustrasi

Pengertian teks eksposisi ilustrasi merupakan paragraf yang pengembangannya menggunakan gambaran sederhana atau bentuk konkret dari suatu ide. Paragraf ini memberikan gambaran atau penjelasan suatu topik dengan topik lainnya yang mempunyai kesamaan sifat. Biasanya menggunakan frasa penghubung "seperti" dan "bagaikan."

5 dari 7 halaman

Jenis-jenis teks eksposisi

Eksposisi pertentangan

Paragraf eksposisi pertentangan berisi pertentangan antara sesuatu dengan sesuatu yang lain. Frase penghubung yang digunakan adalah "akan tetapi", "meskipun begitu", "sebaliknya".

Eksposisi Berita

Pengertian teks eksposisi berita berisi informasi dari sebuah peristiwa atau penelitian tertentu. Jenis ini banyak ditemukan pada media massa baik cetak maupun online.

Eksposisi perbandingan

Pengertian teks eksposisi perbandingan berisi paragraf dengan informasi yang dipaparkan dengan cara membandingkan suatu hal dengan yang lain. Dalam hal ini penulis mencoba menerangkan ide dalam kalimat utama dengan cara membandingkannya dengan hal lain.

Eksposisi klasifikasi

Pengertian teks eksposisi klasifikasi berisi paragraf yang membagi sesuatu dan mengelompokkannya ke dalam kategori-kategori. Eksposisi klasifikasi terdiri dari suatu topik yang dipaparkan secara berkelompok.

6 dari 7 halaman

Ciri-ciri teks eksposisi

Teks eksposisi bisa dikenali dari ciri-ciri yang ada. Ciri eksposisi lebih senang menggunakan gaya bahasa yang bersifat informatif. Berikut ciri-ciri teks eksposisi:

- Teks eksposisi bertujuan memberikan informasi, pengertian, dan pengetahuan.

- Sifat teks eksposisi adalah menjawab pertanyaan apa, mengapa, kapan, dan bagaimana.

- Disampaikan dengan gaya yang lugas dan menggunakan bahasa baku.

- Umumnya disajikan dengan menggunakan susunan logis.

- Disajikan dengan netral tidak memancing emosi, tidak memihakkan, memaksakan sikap penulis kepada pembaca.

7 dari 7 halaman

Tujuan teks eksposisi

Tidak seperti tulisan kreatif atau persuasif, yang dapat menarik emosi, tujuan teks eksposisi yang utama adalah untuk menyampaikan informasi tentang suatu masalah, subjek, metode, atau ide dengan menggunakan fakta.

Paragraf eksposisi bertujuan memaparkan, menjelaskan, menyampaikan informasi, mengajarkan dan menerangkan sesuatu tanpa disertai ajakan atau desakan agar pembaca menerima atau mengikutinya.

Teks eksposisi ditulis secara lugas dan menggunakan bahasa yang baku. Pembahasan dalam teks ini biasanya juga bersifat objektif dan netral. Penjelasannya bersifat informatif, disertai data-data yang akurat dan faktual.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.