Sukses

Arti Insecure dalam Diri, Jenis, Penyebab, dan Tandanya

Insecure bisa menyakitkan dan sulit untuk dipahami.

Liputan6.com, Jakarta Arti insecure banyak digunakan untuk mendefinisikan rasa tidak aman atau tidak percaya diri. Rasa insecure bisa membuat seseorang meragukan kemampuan, naluri, dan hubungan. Arti insecure membuat seseorang sulit percaya pada dirinya sendiri.

Insecure bisa menjadi emosi yang menyakitkan dan sulit untuk dipahami. Arti insecure dapat berdampak buruk pada kesehatan mental. Ini sebabnya, penting memahami arti insecure.

Arti insecure berkaitan dengan kurangnya kepercayaan diri, kecemasan, dan keraguan. Dengan mengenali arti insecure, seseorang dapat meminimalkan dampak yang tidak diinginkan, menemukan keamanan baru, stabilitas, dan rasa berharga. Berikut arti insecure, jenis, dan penyebabnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (18/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Arti insecure

Arti insecure yang sebenarnya adalah rasa tidak aman. Menurut APA Dictionary of Psychology, insecure atau insecurity adalah perasaan tidak mampu, kurang percaya diri, dan ketidakmampuan untuk mengatasi, disertai dengan ketidakpastian umum dan kecemasan tentang tujuan seseorang, kemampuan, atau hubungan dengan orang lain. Insecure artinya rasa tidak aman dalam diri.

Melansir Verywellmind, arti insecure adalah perasaan tidak mampu yang lahir dari kurangnya rasa percaya diri. Ini dapat menyebabkan seseorang meragukan kemampuan, naluri, dan hubungan, sehingga sulit bagi untuk percaya pada diri sendiri dan mempercayai orang lain.

3 dari 6 halaman

Jenis insecure

Cakupan rasa insecure hampir tak terbatas. Selain itu, rasa insecure . Namun, ada beberapa jenis insecure yang sering muncul. Melansir WebMD, jenis insecure di antaranya adalah:

Insecure dalam hubungan

Salah satu jenis insecure yang paling umum menyangkut hubungan atau "keterikatan". Teori keterikatan berasal dari keinginan untuk menghubungkan pola keterikatan anak usia dini dengan pola dan harapan hubungan di kemudian hari. Ketika "figur keterikatan" seorang anak, seringkali orang tua atau wali, tidak tersedia dan mendukung, anak sering merasa tidak aman, membentuk citra diri dan model hubungan yang negatif, dan mengalami tekanan emosional yang lebih besar dan penyesuaian yang tidak tepat di kemudian hari.

Insecure dalam hubungan tidak hanya dimulai pada anak usia dini. Mereka dapat muncul di mana pun pengalaman sebelumnya atau insecure pribadi merusak keamanan seseorang dalam hubungan terdekat mereka.

Insecure dalam kerja

Insecure dalam kerja terjadi ketika seseorang cemas tentang kelanjutan pekerjaan atau tentang kelanjutan manfaat tertentu yang melekat pada pekerjaan. Ini dapat dipicu oleh kecemasan atas kinerja pekerjaan sendiri atau kecemasan atas faktor-faktor di luar kendali, seperti ekonomi, tren industri, konflik tempat kerja, atau bahaya restrukturisasi atau kegagalan perusahaan. Tingginya tingkat pengangguran dan pekerjaan sementara meningkatkan insecure kerja dalam skala nasional dan berkontribusi pada masalah kesehatan mental yang meluas.

Insecure dalam citra tubuh

Sumber rasa insecure yang umum adalah citra tubuh. Banyak orang merasa tidak aman tentang penampilan mereka dan mempertanyakan apakah mereka sesuai dengan cita-cita yang dipaksakan. Tidak ada hubungan yang diperlukan antara kesehatan atau penampilan tubuh yang sebenarnya dan ketidakamanan tubuh. Orang-orang dari semua tipe tubuh dapat mengalami jenis ketidakamanan ini.

Insecure dalam sosial

Jenis insecure umum lainnya mengelilingi cara seseorang dipersepsikan oleh rekan-rekan dan kemudahan berinteraksi dengan mereka. Insecure ini bisa menjadi masalah tingkat rendah yang berulang atau dapat berkembang menjadi gangguan kecemasan sosial atau fobia sosial.

 

4 dari 6 halaman

Penyebab insecure

Melansir WebMD, insecure mungkin berasal dari peristiwa traumatis, pola pengalaman sebelumnya, pengkondisian sosial (mempelajari aturan dengan mengamati orang lain), atau lingkungan lokal seperti sekolah, tempat kerja, atau rumah. Menurut Psychology Today, ada 3 penyebab utama insecure. Ia meliputi kegagalan, kecemasan sosial, dan perfeksionisme.

Kegagalan

Kegagalan dan penolakan dapat memberikan pukulan ganda pada kepercayaan diri. Dalam bukunya Emotional First Aid: Healing Rejection, Guilt , Failure, and Other Everyday Hurts, Psychology Todayblogger Guy Winch menyatakan bahwa penolakan pasti membuat individu melihat dirinya sendiri dan orang lain secara lebih negatif, setidaknya untuk sementara waktu. Kondisi ini menyebabkan rasa insecure.

Kecemasan sosial

Banyak orang mengalami kurang percaya diri dalam situasi sosial seperti pesta, pertemuan keluarga, wawancara, dan kencan. Rasa takut dievaluasi oleh orang lain dan dianggap kurang dapat membuat seseorang merasa cemas dan insecure. Akibatnya, individu mungkin menghindari situasi sosial, mengalami kecemasan ketika mengantisipasi peristiwa sosial, atau merasa tidak nyaman selama itu. Kecemasan sosial karena diintimidasi atau memiliki orang tua yang kritis juga dapat menyebabkan rasa insecure.

Perfeksionis

Perfeksionisme sering didasarkan pada pemikiran semua atau tidak sama sekali. Seseorang mungkin menginginkan nilai tertinggi, pekerjaan terbaik, sosok sempurna, apartemen atau rumah yang didekorasi paling indah, anak-anak yang rapi dan sopan, atau pasangan yang ideal. Ketidakmampuan untuk puas dengan kemajuan dan kebutuhan untuk mengontrol dan menyempurnakan proyek sampai mereka sempurna bisa menjadi tanda insecure.

5 dari 6 halaman

Tanda insecure

Melansir WebMD, berikut tanda-tanda seseorang sedang insecure:

Harga diri rendah

Salah satu tanda insecure adalah harga diri yang rendah atau citra diri yang negatif, terutama ketika citra tersebut tampaknya tidak konsisten dengan pengamatan eksternal. Harga diri rendah berarti berpikir buruk tentang diri sendiri atau kemampuan.

Perfeksionis

Ketidakmampuan untuk puas dengan kemajuan dan kebutuhan untuk mengontrol dan menyempurnakan proyek sampai mereka sempurna bisa menjadi tanda ketidakamanan. Itu berasal dari sensasi bahwa seseorang atau kinerja tidak pernah cukup. Ini dapat muncul sebagai manifestasi dari rasa tidak aman di setiap bidang kehidupan tetapi sering ditemukan dalam kasus ketidakamanan kerja dan ketidakamanan tubuh.

Mengisolasi diri

Insecure dapat menyebabkan orang menghindari interaksi sosial, mengasingkan diri. Terkadang orang-orang ini lebih suka berinteraksi secara virtual dalam situasi internet yang mereka rasa dapat mereka kendalikan.

6 dari 6 halaman

Tanda insecure

Gaya Keterikatan yang Cemas atau Menghindar

Insecure sering mengakibatkan gaya keterikatan bermasalah, atau pendekatan disfungsional untuk hubungan. Dua yang paling umum adalah keterikatan cemas atau penghindaran. Gaya keterikatan cemas dicirikan oleh ketergantungan emosional (mengandalkan orang lain untuk kesejahteraan emosional), ketakutan akan kesendirian, dan fantasi hubungan sempurna yang tidak pernah dapat dipenuhi.

Gaya keterikatan penghindaran juga berasal dari rasa tidak aman tetapi pergi ke arah lain. Orang dengan gaya ini cenderung menjaga hubungan dangkal dan melepaskan diri dari hubungan yang lebih intim.

Performa kerja yang buruk

Insecure dalam pekerjaan sering menghasilkan kinerja yang lebih buruk. Hal ini dapat menyebabkan ketidakhadiran (menghindari pekerjaan), niat berpindah (ingin berganti pekerjaan segera setelah dimulai), pelepasan dari rekan kerja dan dalam proyek kelompok, dan sikap kerja yang buruk.

Kecemasan

Semua jenis insecure dapat menyebabkan penurunan kesehatan mental. Perilaku atau pemikiran yang Depresif atau cemas sering kali merupakan efek dari rasa tidak aman, terutama ketika rasa tidak aman itu menghasilkan (atau disertai dengan) keyakinan dan pola pikir yang salah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.