Sukses

5 Cara Membuat Masker Kunyit untuk Wajah, Perhatikan Penggunaannya

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat masker kunyit untuk wajah bisa menjadi solusi perawatan kulit berjerawat. Membuat racikan masker kunyit juga tidak begitu sulit. Kamu tinggal mencampurkannya dengan beberapa bahan alami lainnya sehingga bisa mengatasi berbagai masalah kulit.  

Manfaat masker kunyit untuk wajah ini didapatkan dari komponen bioaktif yang disebut kurkumin. Kurkumin memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang baik untuk kulit. Karena itulah, manfaat masker kunyit untuk wajah bisa kamu dapatkan setelah mencampurkannya dengan bahan lain.

Cara membuat masker kunyit untuk wajah perlu memperhatikan jenis kulit kamu. Jadi, tiap racikan masker kunyit akan berbeda tergantung jenis kulit seseorang. Bagi kamu yang memiliki masalah dengan jerawat, masker kunyit bisa jadi solusi yang tepat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (12/10/2020) tentang cara membuat masker kunyit untuk wajah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Membuat Masker Kunyit untuk Wajah Berjerawat

Masker kunyit dapat mengatasi masalah jerawat di wajah beserta bekasnya. Kualitas anti-inflamasi kunyit dapat membersihkan pori-pori dan menenangkan kulit. Cara membuat masker kunyit untuk wajah berjerawat ini dapat digunakan dengan kombinasi kunyit dan yogurt. Bakteri pada yogurt jika diaplikasikan pada wajah akan melawan dan membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat.

Berikut cara membuat masker kunyit untuk kulit berjerawat:

1. Campur yogurt, air mawar dan sejumput kunyit.

2. Aduk rata hingga membentuk pasta yang lembut.

3. Kemudian, oleskan ke seluruh wajah.

4. Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin. Gunakan seminggu sekali.

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Masker Kunyit untuk Wajah Kusam

Masker kunyit juga membuat wajah yang kusam berubah menjadi terlihat lebih cerah. Hal ini karena kandungan antioksidan dalam kunyit mampu membantu melawan radikal bebas sebagai salah satu penyebab kulit kusam.

Kunyit mengandung antioksidan dan komponen antiinflamasi. Karakteristik ini dapat memberikan cahaya dan kilau pada kulit. Kunyit juga dapat menghidupkan kembali kulit dengan mengeluarkan cahaya alami.

Cara membuat masker kunyit untuk wajah kusam adalah dikombinasikan dengan madu dan tepung jagung. Madu kaya akan antioksidan yang bisa membuat kulitmu bersinar. Sementara tepung jagung juga memberi efek mencerahkan wajah dan sebagai bahan pengikat di masker.

Berikut cara membuat masker kunyit untuk wajah kusam:

1. Campur kunyit dan tepung jagung. Setelah dibuat menjadi pasta, tambahkan madu.

2. Oleskan masker ke wajah dan leher.

3. Biarkan selama 15-20 menit.

4. Gunakan kain basah hangat untuk menghapus masker. Gunakan seminggu sekali.

4 dari 6 halaman

Cara Membuat Masker Kunyit untuk Kulit Wajah Kering

Kulit kering selalu membutuhkan pelembab dan hidrasi ekstra baik saat musim hujan maupun musim panas. Kamu bisa mencampurkan susu dan bubuk almond dengan kunyit untuk mendapatkan manfaat masker kunyit untuk wajah dalam mengatasi kulit kering.

Susu membantu untuk menghidupkan kembali kulit kering dan meningkatkan pertumbuhan jaringan, yang mengurangi kemungkinan penuaan dini. Sementara almond menambah kelembapan pada kulit dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Berikut cara membuat masker kunyit untuk wajah kering:

1. Campurkan susu, bubuk almond, dan sedikit kunyit sampai menghasilkan pasta. Jika terlalu tebal, kamu dapat menambahkan susu lagi.

2. Oleskan secara merata pada kulit bersih di seluruh wajah dan biarkan selama 15-20 menit.

3. Bersihkan dengan kain bersih dan hangat. Akhiri dengan percikan air dingin. Lembabkan dengan krim pelembab setelahnya.

4. Ulangi seminggu sekali secara rutin.

5 dari 6 halaman

Cara Membuat Masker Kunyit untuk Kulit Wajah Berminyak

Produksi berlebihan sebum dan minyak oleh kelenjar sebaceous adalah alasan utama kulit berminyak. Kunyit dikenal dapat mengatur produksi sebum yang berlebihan, karena itulah masker kunyit berguna untuk merawat kulit berminyak.

Perpaduan masker kunyit yang cocok untuk kulit berminyak adalah bersama bubuk cendana. Bubuk cendana diperkaya dengan beberapa mineral yang bisa meresap ke dalam kulit. Bubuk cendana juga bisa menjadi exfoliator yang baik.

Berikut cara membuat masker kunyit untuk kulit berminyak:

1. Tambahkan bubuk cendana dan sejumput bubuk kunyit dalam mangkuk.

2. Campurkan semuanya dan buat pasta dengan menambahkan air mawar.

3. Oleskan dan simpan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

4. Gunakan ini beberapa kali seminggu.

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Masker Kunyit untuk Kulit Wajah Sensitif

Kulit sensitif sangat sulit dirawat karena cenderung alergi terhadap sebagian besar produk kosmetik. Sering kemerahan, peradangan, dan gatal-gatal adalah beberapa tanda kulit sensitif yang umum terjadi.

Masker kunyit dicampur lidah buaya sangat bermanfaat untuk kulit sensitif karena menenangkan dan mengurangi peradangan. Hal ini karena lidah buaya mengandung sifat antioksidan yang membantu menghaluskan kulit. Sangat membantu untuk ruam, luka bakar, dan kulit yang teriritasi.

Berikut cara membuat masket kunyit untuk kulit sensitif:

1. Campur yogurt, gel lidah buaya segar, dan sejumput bubuk kunyit hingga membentuk pasta.

2. Oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 20 menit.

3. Gunakan beberapa kali seminggu, atau setiap kali terjadi iritasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini