Sukses

8 Manfaat Ikan Dori bagi Kesehatan, Kaya Nutrisi

Ikan dori memiliki segudang nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh guna menjaga kesehatannya.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat ikan untuk kesehatan sudah banyak diketahui. Pada setiap jenis ikan memiliki kandungan nutrisi unggulan yang bisa dirasakan, terutama untuk kesehatan tubuh. Misalnya saja pada ikan dori.

Bagi beberapa orang mungkin tidak menyangka kalau ikan dori merupakan jenis ikan yang bisa dikonsumsi. Ternyata, ikan dori sudah terkenal karena rasanya yang lezat dan lembut.

Beda benua, setiap orangnya bisa memiliki persepsi berbeda terhadap ikan dori. Di Amerika dan Eropa, dori mengacu pada ikan John Dory. Sedangkan di Asia Tenggara, ikan pengasius seperti ikan patin disebut dengan cream dory atau Pacific dory.

Jadi, ketika kamu membeli ikan dori di Indonesia, bisa saja itu adalah John Dory atau ikan patin yang sudah di-fillet. Menurut sebuah penelitian, ikan dori memiliki nutrisi unggulan seperti lemak omega-3, yodium, zat besi, magnesium, taurin, selenium, flourida, DHA, EPA, dan lain sebagainya. 

Tingginya nutrisi pada ikan dori, tak heran ada segudang manfaat yang bisa dirasakan jika dikonsumsi secara rutin. Berikut manfaat ikan dori untuk kesehatan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (31/1/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Meningkatkan Kinerja Otak

Ikan dori mengandung lemak omega-3, yang sudah terkenal memiliki manfaat untuk kesehatan otak. Lemak omega-3 pada ikan dori mampu memperbaiki sel-sel otak yang rusak dan memicu pertumbuhan sel otak yang baru, terutama pada anak usia pertumbuhan sehingga dapat meningkatkan kecerdasan dan konsentrasi.

Bukan hanya lemak omega-3, ikan dori juga mengandung zat besi yang dapat memperbaiki sel-sel yang rusak pada otak. Dengan begitu, ikan dori dipercaya dapat meningkatkan fungsi otak apabila dikonsumsi secara rutin.

3 dari 9 halaman

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat ikan dori selanjutnya dapat menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan ikan dori memiliki kandungan vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata.

Selain vitamin A, ada juga kalisum pada ikan dori yang mampu mempertajam fokus pada mata. Dengan begitu mata akan jauh lebih sehat dan terbebas dari gangguan kesehatan mata seperti rabun mata.

4 dari 9 halaman

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat ikan dori berikutnya adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan ikan dori memiliki kandungan DHA dan EPA. Kedua kandungan tersebut sangat cocok untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

5 dari 9 halaman

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat ikan dori berikutnya adalah mampu meningkatkan kesehatan jantung. Manfaat ikan dori ini dikarenakan adanya kandungan mineral dan protein seperti kalium di dalamnya.

Kandungan nutrisi tersebut sangat penting guna menjaga kesehatan jantung. Selain itu, adanya asam lemak tak jenuh pada ikan dori juga sangat baik untuk memelihara sistem kerja jantung.

6 dari 9 halaman

Menjaga Kesehatan Kulit

Kesehatan kulit terjaga apabila kamu mengonsumsi ikan dori dengan cukup. Manfaat ikan dori ini didapat karena adanya zat dan nutrisi yang bisa merangsang sel dan hormon guna menjaga kulit dari radiasi maupun radikal bebas.

Salah satunya adalah lemak omega-3, yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Kandungan ini dipercaya dapat menjaga kulit agar tidak mudah keriput. Sel-sel kulit yang rusak akan diperbaiki oleh lemak omega-3 yang dimiliki oleh ikan dori ini.

7 dari 9 halaman

Menguatkan Otot

Ikan dori dipercaya mampu membantu menjaga sel serta jaringan otot. Oleh karena itu, bagi kamu yang sering mengalami otot lemah dan mudah pegal, dianjurkan untuk mengonsumsi ikan dori.

Manfaat ikan dori ini didapat dari adanya vitamin yang dapat mengendalikan otot sobek akibat terlalu aktif bergerak. Mengonsumsi ikan dori secara rutin, maka kamu akan memiliki otot yang sehat dan kuat.

8 dari 9 halaman

Mengurangi Peradangan

Manfaat ikan dori lainnya mampu mengurangi produksi partikel inflamasi dalam tubuh yang berpotensi merusak kulit. Hal ini dikarenakan adanya kandyngan lemak omega-3 di dalam ikan dori yang dapat membantu mengurangi inflamasi atau peradangan pada tubuh.

9 dari 9 halaman

Menyehatkan Pencernaan

Ikan dori mampu menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat. Menjaga kesehatan sistem pencernaan sangat penting. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan bekerja sebagai penyerapan nutrisi untuk tubuh.

Ikan dori kaya nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga sistem pencernaan agar selalu sehat. Apabila sistem pencernaan lancar, maka kamu bisa melakukan aktivitas dengan tubuh yang ringan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini