Sukses

Sering Dianggap Penghias Semata, Ini 6 Manfaat Biji Wijen Bagi Tubuh

Ada beberapa manfaat biji wijen yang jarang diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Biji Wijen merupakan salah satu biji-bijian yang biasa digunakan sebagai penghias ataupun pelengkap berbagai olahan makanan. Misalnya saja seperti onde-onde, kue, topping rotim sushi, pelengkap salad, dan lain sebagainya.

Biji wijen sendiri berasal dari tumbuhan wijen yang termasuk ke dalam keluarga Pedaliaceae. Hingga kini biji wijen masih sangat mudah untuk ditemukan. Karena jenis biji ini cukup dinamis saat disandingkan dengan berbagai jenis makanan.

Ukuran biji wijen yang kecil, seringkali hanya sebatas digunakan sebagai penghias dalam suatu sajian makanan. Namun siapa sangka, di balik kecilnya ukuran biji wijen jangan pernah meremehkan biji-bijian yang satu ini.

Ya, ternyata biji wijen memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber tentang manfaat biji wijen, Selasa (2/7/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Melancarkan Pencernaan

Biji wijen kaya akan serat yang dapat merangsang gerak peristaltik makanan melalui usus halus. Hal ini bisa mengurangi kondisi seperti sembelit, serta diare, juga melindungi kesehatan usus dan mengurangi kemungkinan penyakit gastrointestinal dan kanker.

Serat pada biji wijen juga baik untuk kesehatan jantung dengan mengurangi kolesterol LDL yang berbahaya dari arteri dan pembuluh darah.

3 dari 7 halaman

Kesehatan Kulit dan Rambut

Biji wijen juga kaya akan mineral zinc. Jenis mineral ini sangat berperan penting dalam pembentukan kolagen kulit yang dapat memperkuat jaringan kulit dan rambut, Bahkan, minyak biji wijen juga dapat mengurangi dan menyamarkan tanda-tanda penuaan dini pada kulit, seperti garia atau flek hitam di wajah.

4 dari 7 halaman

Mengurangi Risiko Diabetes

Pada biji wijen juga mengandung zat magnesium. Oleh karena itu, kamu bisa mendapatkan manfaat biji wijen seperti untuk mengurangi kemungkinan diabetes, dimana minyak biji wijen dapat mempengaruhi dampak dari berbagai obat diabetes seperti glibenclamide pada pasien yang menderita diabetes tipe 2.

Minyak biji wijen juga akan meningkatakn fungsi obat diabetes, kemudian mengatur insulin dan kadar glukosa dalam tubuh, sehingga membantu untuk menyembuhkan gejala diabetes.

5 dari 7 halaman

Mengatur Tekanan Darah

Kandungan alami yang terdapat dalam biji wijen ini bisa membuat tekanan darah tidak naik menjadi terlalu tinggi. Begitu juga dengan minyak alaminya yang bisa juga mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular dan membantu mencegah berbagai kondisi jantung.

Selain itu, magnesium pada biji wijen bisa membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

6 dari 7 halaman

Mencegah Kanker

Biji wijen juga diyakini memiliki beberapa kandungan baik bagi kesehatan. Di antaranya adalah vitamin, mineral, anti-karsionegik, serta kandungan fitat.

Maka bisa dikatakan bahwa biji wijen bisa menjadi anti kanker leukimia yang ampuh. Tak hanya ampuh untuk leukimia, biji wijen juga dianggap bisa mencegah datangnya penyakit paru-paru, kanker prostat, usus, penkreas, juga kanker payudara.

7 dari 7 halaman

Memiliki Sifat Anti-inflamasi

Biji wijen juga dapat mengurangi peradangan pada sendi, tulang, dan otot serta memperkuat dinding pembuluh darah karena adanya kandungan tembaga yang tinggi dalam biji wijen.

Ya, tembaga juga diperlukan untuk penyerapan zat besi yang merupakan komponen kunci dari hemoglobin, sehingga dapat memaksimalkan sirkulasi dan memastikan bahwa sistem organ dari seluruh tubuh menerima cukup oksigen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.