Sukses

Mengenal Macam Magnet Beserta Sifat dan Kegunaannya Sehari-hari

Magnet adalah suatu benda yang mampu menarik benda lain di sekitarnya yang memiliki sifat khusus.

Liputan6.com, Jakarta Macam magnet ternyata ada beragam yang perlu Anda ketahui. Magnet atau magnit adalah suatu objek yang mempunyai suatu medan magnet. Magnet sering diartikan sebagai benda dengan gejala dan sifat dapat memengaruhi bahan tertentu yang berada di sekitarnya. 

Adapun jenis magnet pada dasarnya terbagi menjadi magnet alam dan magnet buatan. Magnet alam merupakan jenis magnet yang sudah memiliki sifat kemagnetan secara alami tanpa ada campur tangan dari manusia. Sementara, magnet buatan adalah jenis magnet yang dibuat oleh manusia. Umumnya magnet buatan dibuat dari bahan-bahan magnetik kuat, seperti besi dan baja.

Kebanyakan macam magnet buatan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya pada bel listrik, papan catur, ujung gunting, kompas, dinamo, dan lain sebagainya. Sebab memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari, maka penting untuk mengenal lebih rinci mengenai macam magnet.

Berikut ini penjelasan mengenai macam magnet beserta sifat dan kegunaannya dalam sehari-hari yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (19/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Definisi Magnet

Magnet adalah suatu benda yang mampu menarik benda lain di sekitarnya yang memiliki sifat khusus. Setiap magnet mempunyai sifat kemagnetan. Sifat kemagnetan adalah kemampuan benda dalam menarik benda-benda lain di sekitarnya. Secara umum, magnet adalah suatu kemampuan sebuah benda untuk menarik suatu benda-benda lain yang berada di sekitarnya. Magnet juga bisa dibuat dari sebuah bahan besi, baja, dan campuran logam lainnya.

3 dari 6 halaman

Sifat-sifat Magnet

Ada beberapa sifat-sifat magnet yang perlu Anda ketahui, yaitu :

1. Magnet hanya menarik benda tertentu yang ada di sekitarnya. Tidak semua jenis benda bisa ditarik oleh magnet meski berada dalam jangkauannya.

2. Gaya magnet dapat menembus benda.

3. Magnet mempunyai dua kutub, yakni kutub utara dan kutub selatan.

4. Apabila kutub magnet yang sejenis didekatkan satu sama lain, kedua kutub akan saling tolak menolak. Sebaliknya, kutub yang berlainan akan saling tarik-menarik.

5. Medan magnet akan membentuk gaya magnet. Medan magnet akan semakin rapat jika didekatkan dengan magnet.

6. Sifat kemagnetan dapat melemah atau hilang karena hal tertentu, seperti sering jatuh, terbakar, atau lainnya. 

4 dari 6 halaman

Macam-macam Magnet

Berikut ini macam magnet yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari, diantaranya:

1. Magnet Alam

Magnet Alam merupakan salah satu macam magnet yang sudah memiliki sifat kemagnetan secara alami, yang artinya tanpa adanya campur tangan oleh manusia. Magnet alam bisa berupa batu-batuan atau benda lain juga. Jenis magnet alam cukup jarang ditemui dan jumlahnya tidak banyak. Contoh magnet alam seperti gunung ida di Magnesia yang bisa menarik sebuah benda – benda di sekitarnya.

2. Magnet Buatan

Magnet buatan yaitu salah satu macam magnet yang dibuat oleh manusia. Macam magnet buatan ini dibuat dari bahan-bahan magnetik yang kuat seperti besi dan baja. Ada banyak pula bentuk-bentuk magnet buatan ini dari mulai silinder, batang, jarum, U, keping, ladam dan sebagainya. Magnet buatan ini terbagi lagi menjadi 2, yakni sebagai berikut:

a. Magnet Tetap (Permanen), yaitu salah satu macam-macam magnet yang mempunyai sifat kemagnetannya bersifat permanen, meskipun proses dalam pembuatannya sudah dihentikan.

b. Magnet Sementara (Remanen), yaitu suatu magnet yang memiliki sifat kemagnetannya hanya sementara, yakni hanya terjadi selama dalam proses pembuatannya.

3. Magnet Permanen

Magnet permanen adalah macam magnet berupa suatu bahan yang dapat menghasilkan medan magnet yang besarnya tetap tanpa adanya pengaruh dari luar. Macam magnet ini disebut magnet alam karena memiliki sifat kemagnetan yang tetap. Magnet permanen dibuat orang dalam berbagai bentuk dan dapat dibedakan menurut bentuknya menjadi:

a. Neodymium Magnets

Magnet neodymium, merupakan magnet tetap yang paling kuat. Magnet neodymium (juga dikenal sebagai NdFeB, NIB, atau magnet Neo), merupakan sejenis magnet tanah jarang, terbuat dari campuran logam neodymium.

b. Samarium-Cobalt Magnets

Magnet Samarium-Cobalt adalah salah satu dari dua macam magnet bumi yang langka, merupakan magnet permanen yang kuat yang terbuat dari paduan samarium dan kobalt. Mereka dikembangkan pada awal tahun 1970.

c. Ceramic Magnets Ferrites

Ini adalah senyawa kimia yang terdiri dari keramik bahan dengan besi (III) oksida (Fe2O3) sebagai komponen utama. Bahan ini digunakan untuk membuat magnet permanen, seperti core ferit untuk transformator, dan berbagai aplikasi lain.

d. Plastic Magnets Fleksibel (Karet)

Macam magnet ini dibuat dengan mencampur ferit atau bubuk Neodymium magnet dan pengikat karet sintetis atau alami. Magnet plastik dibuat karena keuntungannya yaitu fleksibilitas, biaya rendah, dan kemudahan dalam penggunaan. Magnet plastik biasanya diproduksi dalam bentuk lembaran strip atau yang banyak digunakan dalam mikro-motor, gasket dan lain-lain.

e. Alnico Magnets

Alinco magnet adalah macam magnet paduan yang mengandung Alumunium (Al), Nikel (Ni), Cobalt (Co). Karena dari tiga unsur tersebut magnet ini sering disebut Alinco. Jenis magnet ini dapat ditemukan di dalam alat-alat motor (kipas angin, speaker, mesin motor).

4. Magnet Tidak Tetap

Magnet tidak tetap (remanen) adalah macam magnet berupa suatu bahan yang hanya dapat menghasilkan medan magnet yang bersifat sementara. Medan magnet remanen dihasilkan dengan cara mengalirkan arus listrik atau digosok-gosokkan dengan magnet alam. Bila suatu bahan pengantar dialiri arus listrik, besarnya medan magnet yang dihasilkan tergantung pada besar arus listrik yang dialirkan. Medan magnet remanen yang digunakan dalam praktek kebanyakan dihasilkan oleh arus dalam kumparan yang berinti besi. Agar medan magnet yang dihasilkan cukup kuat, kumparan diisi dengan besi atau bahan sejenis besi dan sistem ini dinamakan elektromagnet.

5. Magnet Buatan

Magnet buatan adalah macam magnet yang meliputi hampir seluruh magnet yang ada sekarang ini. Bentuk magnet buatan antara lain:

a.  Magnet silinder

b.  Magnet batang

c.   Magnet jarum

d.  Magnet U

e.  Magnet ladam

f.    Magnet keping

6. Elektromagnetik

Sebuah elektromagnetik pada bentuk paling sederhana merupakan sebuah kabel yang digulung menjadi satu loop atau lebih. Kumparan atau gulungan ini disebut solenoid. Ketika kuat arus listrik mengalir pada kumparan, sebuah medan magnet dihasilkan sepanjang kumparan.

Kekuatan medan magnet dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor yang memengaruhi di antaranya, yaitu jumlah lilitan, besarnya arus, dan bahan yang digunakan sebagai inti kumparan. Jumlah lilitan mempengaruhi luas daerah yang berinteraksi, besar arus mempengaruhi aktivitas dan bahan inti kumparan mempengaruhi resistansi listrik.

Inti kumparan harus merupankan bahan ferromagnetik, yaitu bahan yang mudah dibuat menjadi magnet, karena beberapa bahan tidak dapat dibuat menjadi magnet atau memiliki sifat kemagnetan yang sangat kecil.

5 dari 6 halaman

Kegunaan Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut ini ada beberapa kegunaan magnet dalam kehidupan sehari-hari yang perlu Anda ketahui, diantaranya :

1.    Pada sebuah ujung gunting yang berfungsi untuk memudahkan dalam mengambil jarum jahit.

2.    Terdapat di bel listrik yang berfungsi untuk menggerakkan pemukul lonceng.

3.    Terdapat di papan catur yang berfungsi agar catur tidak mudah terguling.

4.    Terdapat pada kompas yang fungsinya sebagai penunjuk arah utara-selatan.

5.    Terdapat pada dinamo sepeda dan generator yang berfungsi untuk membangkitkan sebuah tenaga listrik.

6.    Magnet juga bisa sebagai alat untuk mengangkut sebuah benda-benda dari besi.

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Magnet Sendiri di Rumah

Selain magnet yang ditemukan di alam (magnet alam) ada juga magnet yang bisa dibuat manusia (magnet buatan). Benda yang dapat dibuat magnet adalah benda-benda yang tergolong dalam benda magnetik terutama ferromgnetik, contohnya besi atau baja. Pada prinsipnya membuat magnet adalah mengubah susunan magnet elementer yang tidak beraturan menjadi searah dan teratur. Ada tiga cara membuat magnet, yaitu dengan cara menggosok, dengan cara induksi dan dengan cara mengalirkan arus listrik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini