Sukses

Monitor adalah Layar Perangkat Komputer, Kenali Jenisnya

Monitor adalah kunci dari beroperasinya sebuah komputer.

Liputan6.com, Jakarta Monitor adalah bagian penting bagi perangkat komputer. Monitor mirip dengan TV dengan menampilkan informasi pada resolusi yang jauh lebih tinggi. Monitor adalah kunci dari beroperasinya sebuah komputer.

Monitor adalah perangkat yang telah berevolusi sepanjang kemunculannya. Saat ini monitor adalah komponen yang tersedia dalam beragam bentuk dan bahan. Teknologi canggih telah menyertai fitur monitor saat ini.

Dalam perangkat komputer, monitor adalah perangkat keluaran. Melalui komputer, gambar, teks, atau video bisa terlihat. Pada komputer desktop, monitor adalah perangkat yang terhubung melalui kabel ke port pada motherboard komputer.

Jika kamu hendak membeli seperangkat komputer, monitor adalah komponen yang penting untuk diperhatikan. Berikut pengertian monitor dan jenis-jenisnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(13/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengenal apa itu monitor

Monitor adalah perangkat keluaran atau output yang berfungsi menampilkan gambar, teks, video, dan informasi grafik pada komputer. Monitor adalah perangkat output elektronik yang juga dikenal sebagai terminal tampilan video.

Monitor adalah perangkat tampilan seperti layar TV, yang menafsirkan dan menampilkan sinyal output grafis dari kartu grafis komputer dan menampilkannya di layar. Monitor mirip dengan TV tetapi biasanya menampilkan informasi pada resolusi yang jauh lebih tinggi.

Monitor adalah tampilan komputer visual elektronik yang mencakup layar, sirkuit, dan wadah di mana sirkuit itu tertutup. Monitor komputer lama menggunakan tabung sinar katoda (CRT). Namun, saat ini monitor LCD layar datar sudah banyak digunakan di perangkat seperti laptop, PDA, dan komputer desktop.

3 dari 6 halaman

Jenis-jenis monitor

Monitor tabung

Monitor tabung atau yang juga dikenal dengan cathode-ray tube (CRT) adalah perangkat tampilan analog yang membuat gambar yang terlihat di layar dengan mengarahkan tiga berkas elektron ke jutaan titik fosfor untuk membuatnya menyala. Jenis monitor ini membutuhkan lebih banyak daya dan elektronik untuk beroperasi.

Monitor panel datar

Monitor panel datar adalah monitor yang lebih ringan dan tidak memakan ruang. Mereka mengkonsumsi lebih sedikit daya dibandingkan dengan monitor CRT. Panel datar monitor adalah perangkat yang lebih efektif karena tidak memberikan radiasi berbahaya. Monitor ini biasanya lebih mahal daripada CRT.

Layar monitor panel datar menggunakan dua jenis teknologi, yaitu LCD atau Layar monitor panel datar menggunakan dua jenis teknologi dan GPD atau Gas Plasma Display.

4 dari 6 halaman

Jenis-jenis monitor

Monitor layar sentuh

Monitor layar sentuh juga dikenal sebagai perangkat input. Ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan komputer dengan menggunakan jari atau stylus daripada menggunakan mouse atau keyboard. Ketika pengguna menyentuh layar dengan jari mereka, terjadi peristiwa dan meneruskannya ke pengontrol untuk diproses.

Jenis layar ini mencakup gambar atau kata-kata yang membantu pengguna berinteraksi dengan komputer. Dibutuhkan input dari pengguna dengan menyentuh menu atau ikon yang disajikan di layar.

Monitor LED

Monitor LED adalah monitor komputer layar datar, yang merupakan singkatan dari tampilan light-emitting diode. Saat ini banyak sekali perangkat elektronik, baik perangkat besar maupun kecil seperti layar laptop, handphone, TV, monitor komputer, tablet, dan lainnya, menggunakan display LED.

5 dari 6 halaman

Jenis-jenis monitor

Monitor OLED

Monitor OLED adalah teknologi layar pemancar cahaya datar baru, yang lebih efisien, lebih cerah, lebih tipis, dan memiliki fitur dan kontras refresh rate yang lebih baik dibandingkan dengan layar LCD.

Monitor OLED terdiri dari menemukan serangkaian film tipis organik antara dua konduktor. Tampilan ini tidak memerlukan lampu latar karena merupakan tampilan yang memancarkan. Selain itu, ini memberikan kualitas gambar yang lebih baik dan digunakan di tablet dan smartphone kelas atas.

Monitor DLP

DLP adalah singkatan dari Digital Light Processing. DLP monitor adalah teknologi yang digunakan untuk presentasi dengan memproyeksikan gambar dari monitor ke layar besar. Sebelum mengembangkan DLP, sebagian besar sistem proyeksi komputer menghasilkan gambar yang pudar dan buram karena didasarkan pada teknologi LCD.

Teknologi DLP menggunakan perangkat micromirror digital, yang merupakan cermin kecil yang ditempatkan pada jenis microchip khusus.Ia menawarkan kualitas gambar yang lebih baik yang juga dapat terlihat di ruangan yang terang secara normal.

6 dari 6 halaman

Jenis-jenis monitor

Monitor TFT

Monitor TFT adalah jenis layar panel datar LCD, yang merupakan singkatan dari transistor film tipis. Di monitor TFT , semua piksel dikontrol dengan bantuan satu hingga empat transistor. LCD panel datar berkualitas tinggi menggunakan transistor ini.

Monitor layar plasma

Layar plasma adalah layar tipis, panel datar, dan dapat digantung di dinding seperti televisi LCD dan LED. Ini adalah layar yang lebih terang dibandingkan dengan layar LCD dan lebih tipis dari layar CRT. Ini dapat digunakan untuk mode tampilan input komputer digital atau sinyal video analog, dan kadang-kadang dipasarkan sebagai tampilan 'panel tipis'.

Layar plasma memiliki sudut pandang lebar, rasio kontras tinggi, dan kecepatan refresh tinggi, yang digunakan untuk mengurangi video buram. Selain itu, ia memberikan kualitas gambar yang lebih baik karena mendukung resolusi tinggi hingga 1920 x 1080.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.