Sukses

14 Manfaat Garam Himalaya untuk Kesehatan, Jaga Kesehatan Tulang

Manfaat garam Himalaya untuk kesehatan, bisa jaga kesehatan tulang.

Liputan6.com, Jakarta Himsalt atau yang dikenal luas dengan sebutan garam Himalaya, merupakan garam yang cukup istimewa. Garam ini jauh berbeda dengan garam dapur biasanya. Sebab garam Himalaya merupakan jenis garam dengan usia 250 juta tahun yang ditemukan tepat di bawah kaki pegunungan Himalaya.

Tadinya, jenis garam terkubur di bawah lapisan lava, es, dan salju. Garam Himalaya bahkan disebut-sebut sebagai garam yang paling murni di dunia karena bebas dari polusi udara. Hal ini karena adanya lapisan lava yang terletak di atas garam Himalaya, dan akhirnya melindungi garam Himalaya dari berbagai pencemaran udara yang ada.

Ciri umum dari garam Himalaya terletak pada warna pinknya. Warna pink pada garam Himalaya tersebut bukan hasil penggunaan zat perwarna. Melainkan pertanda akan kaya akan zat besi alami di dalamnya.

Selain kaya akan zat besi, ada beragam manfaat garam Himalaya lainnya yang penting diketahui. Bahkan saking banyaknya manfaat garam Himalaya bagi tubuh, membuat jenis garam ini banyak dicari.

Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, mengenai apa saja manfaat garam Himalaya, Selasa (17/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Manfaat Garam Himalaya

1. Mengobati insomnia

Manfaat garam Himalaya yang pertama bisa mengobati penyakit insomnia. Sebab, garam Himalaya mengandung sodium. Apa hubungan sodium dengan insomnia? Berdasar penelitian yang dilakukan pada 1980 menemukan, ketika tubuh kekurangan sodium hingga dibawah 500 mg per hari, dapat menjadi pemicu insomnia.

Tapi ingat, hal tersebut tidak berarti Anda bisa mengonsumsi sodium dalam jumlah berlebihan. Sebab inti dari tercukupinya sodium agar elektrolit dalam tubuh dapat seimbang.

 

2. Hilangkan selulit

Saat mengalami perubahan berat badan ekstrim, biasanya bisa timbul selulit karena timbunan lemak di bawah kulit, tapi memang hal tersebut merupakan hal normal. Tapi, selulit memang mengganggu penampilan, terutama bagi para kaum hawa.

Meski selulit tidak dapat dihilangkan sepenuhnya, tapi masih mungkin untuk dikurangi. Solusinya dengan garam Himalaya yang dijadikan scrub. Menggosokkan scrub dengan garam Himalaya bisa menyamarkan selulit tersebut.

3 dari 8 halaman

Manfaat Garam Himalaya

3. Mengatasi kram otot

Kram otot bisa terjadi saat tubuh kekurangan elektrolit dan magnesium. Salah satu manfaat garam Himalaya yang sempat disinggung tadi yaitu mampu menjaga kandungan elektrolit. Elektrolit seperti sodium, kalsium dan potasium yang ada pada garam Himalaya mampu mencegah kram otot.

 

4. Menjaga tekanan darah

Sodium dikenal menjadi salah satu penyebab darah tinggi. Itulah mengapa, jika Anda memiliki penyakit darah tinggi, ada baiknya untuk mengganti konsumsi garam biasa menjadi garam Himalaya.

Berdasar keterangan Federal Drug and Administration (FDA), agar kesehatan tubuh terjaga disarankan mengonsumsi sodium tidak lebih dari 2.300 miligram (mg) per hari. Garam dapur sendiri mengandung 2.300 mg sodium per sendok makan, sedangkan garam Himalaya hanya mengandung 420 mg, di mana perbedaan kandungannya sangat jauh.

4 dari 8 halaman

Manfaat Garam Himalaya

5. Kaya iodine alami

Garam Himalaya terbentuk alami dan bebas dari zat kimia buatan. Garam ini mengandung 100% mineral garam dan iodine organik. Iodine sendiri sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid berfungsi dalam mengatur keseimbangan metabolisme dan hormon tubuh. Iodin dalam garam Himalaya juga bisa mencegah stroke, penyakit gondok hingga kretinisme.

 

6. Detoksifikasi

Manfaat garam Himalaya selanjutnya, bisa membantu proses detoksifikasi tubuh. Cara detoksifikasi dengan garam Himalaya paling mudah dengan berendam di air hangat yang ditaburi garam Himalaya. Ketika berendam, tubuh akan menarik mineral penting di dalam garam dan mengeluarkan racun yang bersarang di dalam tubuh.

Lalu, dengan berendam di air hangat juga bisa merangsang sistem saraf parasimpatis hingga membuat tubuh akan semakin rileks.

5 dari 8 halaman

Manfaat Garam Himalaya

7. Menghilangkan jerawat

Jerawat serta komedo bisa dikarenakan sebum berlebihan pada kulit. Cara mengatasinya dengan garam Himalaya yang ternyata ampuh mengatasi masalah ini.

Anda bisa campurkan garam Himalaya dengan essential oil atau madu hingga kekentalan sesuai keinginan. Efek detoksifikasi dalam garam Himalaya akan menghilangkan sel kulit mati dan kelebihan minyak pada wajah.

 

8. Cegah radikal bebas

Manfaat garam Himalaya bisa mencegah radikal bebas dalam tubuh. Apabila radikal bebas dalam tubuh tidak diimbangi antioksidan, bisa menimbulkan penyakit kronis seperti hipertensi hingga jantung.

6 dari 8 halaman

Manfaat Garam Himalaya

9. Menjaga sistem pernapasan

Garam Himalaya juga memiliki manfaat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang ampuh mengurangi kelebihan lendir serta meningkatkan transportasi mukosiliar dalam rangka mengeluarkan patogen yang ada di dalam tubuh.

 

10. Jaga sistem pencernaan

Sistem pencernaan tubuh terdiri dari beragam jenis enzim penting, di mana akan membantu penyerapan makanan. Konsumsi makanan yang mengandung garam Himalaya akan merangsang asam klorida serta enzim tertentu. Sehingga bisa memperbaiki fungsi sistem pencernaan.

7 dari 8 halaman

Manfaat Garam Himalaya

11. Cegah infeksi virus dan bakteri

Manfaat garam Himalaya dikenal dengan efek antibakteri dan anti jamur yang akan melindungi tubuh dari infeksi virus serta bakteri. Maka tidak heran, jika jenis garam ini bisa digunakan untuk mencegah atau mengobati peradangan di mulut seperti sariawan.

 

12. Cegah dehidrasi

Konsumsi air yang diberi sejumput garam Himalaya setelah berolahraga, bisa membantu pemulihan tenaga, menambah energi hingga mencegah dehidrasi. Sebab, di dalam garam Himalaya terdapat kandungan mineral dan elektrolit yang sangat kaya.

8 dari 8 halaman

Manfaat Garam Himalaya

13. Jaga kesehatan tulang

Konsumsi makanan yang mengandung mineral dan magnesium tinggi bisa perkuat kondisi tulang dan menjaga tulang dari berbagai penyakit.

Di dalam garam Himalaya terdapat kandungan mineral dan magnesium yang tinggi. Maka tidak heran jika garam ini mampu menjaga tulang tetap sehat dan kuat.

 

14. Optimalkan penyerapan nutrisi

Manfaat garam Himalaya yang terakhir, yaitu dalam hal meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi dari makanan. Nutrisi dari makanan yang dikonsumsi bisa diserap lebih efektif dengan bantuan garam Himalaya tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini