Sukses

Contoh Alif Lam Syamsiah, Pahami Hukum Bacaannya

Sebagai salah satu bagian dari tajwid, contoh alif lam syamsiah akan banyak ditemukan di Al-Quran.

Liputan6.com, Jakarta Belajar membaca Al-Quran, tidak cukup hanya dengan mengenal huruf-huruf yang tertulis dalam kitab suci umat Islam ini. Setiap Muslim juga harus memahami dan menguasai tajwid serta hukum bacaan dengan baik, salah satunya contoh alif lam syamsiah. 

Sebagai salah satu bagian dari tajwid, contoh alif lam syamsiah akan banyak ditemukan di Al-Quran. Membaca tiap huruf dalam Al-Quran memiliki pahala tersendiri. Oleh karena itu, penting bagi muslim untuk memahami tajwid agar pahala yang diperoleh menjadi sempurna. 

Istilah "syamsiyah" berasal dari kata "syamsun" yang berarti matahari. Huruf Syamsiyah diibaratkan sebagai matahari dalam bacaan Al-Quran. Sementara itu, huruf "lam" diibaratkan sebagai bintang-bintang yang terlihat di siang hari dan tidak terlihat ketika ada matahari. Berikut contoh alif lam syamsiah beserta hukum bacaannya yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (26/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. QS An-Naba

Dalam surat An-Naba ayat 2 terdapat contoh alif lam syamsiah bertemu dengan huruf ن (Nun). Dalam potongan ayat ini Al atau Alif lam (ال) sebelum huruf nun tidak dibaca .

 عَنِ النَّبَاِ الْعَظِيْمِۙ 

'Anin nabail 'adhiim 

2. QS At-Thariq 

Dalam surat At-Thariq ayat 1 terdapat 2 alif lam syamsiah bertemu huruf س (Sin) dan huruf ط (Tha).

 وَالسَّمَاۤءِ وَالطَّارِقِۙ 

Wassamaa i wa thaariq. 

Pada ayat ini alif lam atau Al (ال) sebelum huruf Sin tidak dibaca.

 وَالطَّارِقِۙ 

Wa thaariq 

Alif lam atau Al sebelum huruf Tha tidak dibaca.

3. QS Al-Baqarah

Dalam surat Al-Baqarah ayat 229 terdapat contoh alif lam syamsiah bertemu huruf ظ (Dha). Pada ayat ini alif lam atau Al (ال) sebelum huruf Dha tidak dibaca.

هُمُ الظّٰلِمُوْنَ

Humuddhalimuun

4. QS Ad-Duha

Dalam surat Ad-Duha ayat 1 terdapat alif lam syamsiah bertemu huruf ض (Dhad). Pada potongan ayat ini alif lam syamsiah sebelum huruf dhad tidak dibaca  

 وَالضُّحٰىۙ Latin

Wa dhuhaa 

5. QS Al-Muddatsir

Dalam surat Al-Muddatsir ayat 2, terdapat contoh alif lam syamsiah bertemu huruf (ل), Alif lam stamsiah sebelum huruf lam tidak dibaca.  

 قُمِ اللَّيْلَ إِلَّا قَلِيلًا 

Qumil laila illaa qaliilaa 

6. QS Al-Baqarah

Dalam surat Al-Baqarah ayat 153 terdapat alif lam syamsiah bertemu Huruf ص (Shad). Alif lam syamsiah sebelum huruf Shad tidak dibaca.

 يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلاةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ 

 Yaa Ayyuhal ladziina aamanus ta'iinuu bish shabri wa sholaati innallaaha ma'a shabirin.

3 dari 4 halaman

7. QS Asy-Syam

Dalam surat Asy-Syam ayat 1 terdapat contoh alif lam syamsiah bertemu huruf ش (Syin). Alif lam syamsiah sebelum huruf Syin tidak dibaca.

 وَالشَّمْسِ وَضُحٰىهَاۖ 

Wa syamsi wa dhuhaaha. 

8. QS At-Tin

Dalam surat At-tin ayat 1 terdapat alif lam syamsiah bertemu huruf ز (Za). Alif lam syamsiah sebelum huruf Za tidak dibaca.

وَالزَّيْتُوْنِۙ 

Wazzaituuni 

9. QS Ar-Rum

Dalam surat Ar-Rum ayat 1 terdapat contoh alif lam syamsiah yang bertemu huruf ر (Ra). Alif lam syamsiah sebelum huruf Ra tidak dibaca.

غُلِبَتِ الرُّوْمُۙ 

Ghulibati ruum 

10. QS Al-A’la

Dalam surat Al-A’la ayat 8 terdapat contoh alif lam syamsiah bertemu huruf ذ (Dzal). Alif lam syamsiah sebelum huruf Dzal tidak dibaca.

 فَذَكِّرْ اِنْ نَّفَعَتِ الذِّكْرٰىۗ 

Fadzakkir innafa'ati dzikraa 

11. QS Al-Baqarah

Dalam Al-baqarah ayat 256 terdapat alif lam syamsiah yang bertemu huruf د (Dal). Alif lam syamsiah sebelum huruf Dal tidak dibaca.

 لَا إِكْرَاهَ فِي الدِّين 

Laa ikraaha fid diin 

12. QS An-Nisa

Dalam surat An-Nisa ayat 12, terdapat contoh alif lam syamsiah yang bertemu dengan huruf ث (Tsa). Alif lam syamsiah sebelum huruf Tsa tidak dibaca.

 فِي الثُّلُثِ مِنْ بَعْدِ وَصِيَّةٍ 

Fi tsulutsi min ba'di wa shiyatin

13. QS At-Tin

Dalam suta At-Tin ayat 1 terdapat alif lam syamsiah yang bertemu dengan  huruf ت (Ta). Alif lam syamsiah sebelum huruf Ta tidak dibaca.

وَالتِّيْنِ 

Wat tiini

4 dari 4 halaman

Pengertian Alif Lam Syamsiah dan Hukum Bacaannya

Alif lam syamsiah adalah huruf alif dan lam yang bertemu huruf syamsiah. Sementara syamsiah sendiri memiliki arti matahari, karena huruf syamsiah ini diasumsikan seperti matahari yang mampu meleburkan cahaya.

Dalam kitab Al-Quran, ciri-ciri Hukum Alif Lam Syamsiah terletak pada Tanda Tasydid yang ditempatkan di atas huruf Syamsiah. Tanda Tasydid diberikan karena terdapat aturan pertemuan antara huruf hijaiyah Alif-Lam dan huruf Syamsiah.

Cara membaca contoh alif lam syamsiah adalah dengan memasukkan (mengidghamkan) bunyi "Al" (lam sukun) ke dalam huruf-huruf Syamsiah sehingga bunyi lam sukunnya menghilang dan melebur dengan huruf Syamsiah yang mengikutinya, seolah-olah lam sukun dibuang dan huruf-huruf Syamsiah didobelkan.

Dalam ilmu tajwid, Alif Lam Syamsiah juga sering disebut sebagai Idgham Syamsiah, yang merupakan bagian dari Hukum Alif Lam Ta'rif yang berlaku ketika huruf Alif-Lam (ال) bertemu dengan salah satu dari 14 huruf hijaiyah berikut.

  1. tha (ط)
  2. tsa (ث)
  3. shad (ص)
  4. ra (ر)
  5. ta (ت)
  6. dha (ض)
  7. dzal (ذ)
  8. nun (ن)
  9. dal (د)
  10. za (ز)
  11. sin (س)
  12. zha (ظ)
  13. syin (ش)
  14. lam (ل)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.