Sukses

Latest Artinya Apa? Pahami Cara Penggunaannya dalam Kalimat

Pengertian latest dan aturan penggunaannya, beserta dengan sinonim dan antonimnya.

Liputan6.com, Jakarta Latest artinya dalam bahasa Indonesia dapat diterjemahkan sebagai “terbaru" atau "yang paling baru". Kata ini digunakan untuk menyatakan bahwa sesuatu adalah versi, informasi, atau kejadian yang terjadi baru-baru ini. Misalnya, jika ada berita terbaru, Anda dapat mengatakan "berita terbaru" atau "berita yang paling baru".

Contoh lain latest dalam kalimat bahasa Indonesia, "I read the latest news about politics.” yang memiliki arti, “Saya membaca berita terkini tentang politik." atau "I get the latest information about technology” yang artinya, “Saya mendapatkan informasi terbaru tentang teknologi." Dalam kedua contoh ini, "terkini" atau "terbaru" diartikan sebagai sinonim dari "latest" dalam bahasa Inggris.

Penggunaan kata latest dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia dapat berbeda-beda, tergantung dari bagaimana kata latest digunakan dalam berbagai konteks, seperti berita terkini, tren terbaru, teknologi terbaru, film terbaru, dan sebagainya. Kata Latest ini sering digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang baru-baru ini muncul, ditemukan, atau dirilis.

Untuk dapat lebih mudah memahami arti dan penggunaanya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (23/5/2023). Pengertian latest dan aturan penggunaannya, beserta dengan sinonim dan antonimnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Latest Artinya Apa?

Latest artinya yang terbaru, latest adalah kata sifat dalam bahasa Inggris yang berarti terbaru atau yang paling baru. Kata ini digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang terjadi atau ditemukan baru-baru ini, atau untuk menunjukkan versi terbaru atau informasi terkini tentang suatu hal. 

Kata latest sering digunakan dalam kalimat untuk memberikan informasi tentang sesuatu yang terjadi atau tersedia baru-baru ini. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan kata latest dalam kalimat:

1. "Have you heard the latest news?" (Apakah kamu sudah mendengar berita terbaru?)

Di sini, kata "latest" digunakan untuk merujuk pada berita yang paling baru atau terkini.

2. "She just released her latest album." (Dia baru saja merilis album terbarunya.)

Dalam kalimat ini, "latest" mengacu pada album yang paling baru yang dirilis oleh seseorang.

3. "What are the latest fashion trends?" (Tren fashion terbaru apa?)

Kata "latest" digunakan di sini untuk menggambarkan tren fashion yang sedang terjadi saat ini atau yang paling baru.

4. "I attended the latest conference on artificial intelligence." (Saya menghadiri konferensi terbaru tentang kecerdasan buatan.)

Dalam contoh ini, "latest" mengindikasikan bahwa konferensi yang dihadiri adalah konferensi terbaru yang diselenggarakan tentang kecerdasan buatan.

5. "The company introduced its latest product line." (Perusahaan tersebut memperkenalkan lini produk terbarunya.)

Di sini, "latest" menggambarkan lini produk yang paling baru yang diperkenalkan oleh perusahaan.

Dalam semua contoh tersebut, kata latest memberikan penekanan pada sesuatu yang baru-baru ini terjadi, ditemukan, dirilis, atau tersedia.

3 dari 4 halaman

Aturan Penggunaan Kata Latest

Berikut adalah beberapa aturan yang perlu diperhatikan saat menggunakan kata latest:

1. Latest biasanya digunakan sebelum kata benda tunggal yang tidak dapat dihitung (uncountable noun) atau kata benda jamak yang dapat dihitung (countable plural noun). Contoh: "the latest news" (berita terbaru), "the latest trends" (tren terbaru), "the latest developments" (perkembangan terbaru).

2. Jika digunakan sebelum kata benda tunggal yang dapat dihitung (countable singular noun), biasanya kata benda tersebut harus memiliki determiner seperti "the", "this", atau "his/her". Contoh: "the latest book" (buku terbaru), "this latest invention" (penemuan terbaru ini), "his latest project" (proyek terbaru miliknya).

3. Latest dapat digunakan sebagai kata sifat yang berdiri sendiri, tanpa mengikuti kata benda. Contoh: "I have the latest" (Saya memiliki yang terbaru), "She always wants to be the latest" (Dia selalu ingin menjadi yang terbaru).

4. Perhatikan penggunaan "the latest" untuk menggambarkan hal-hal yang telah disebutkan atau dikenal sebelumnya. Contoh: "I love the latest album by my favorite band" (Saya suka album terbaru dari band favorit saya) - dalam konteks ini, "the latest" merujuk pada album yang telah dibicarakan atau dikenal sebelumnya.

5. Ketika menggunakan latest dalam kalimat tanya atau kalimat tanya tak langsung, gunakan susunan kata yang tepat. Contoh: "What is the latest update on the project?" (Apa pembaruan terbaru tentang proyek itu?), "Could you tell me the latest news about the event?" (Bisakah Anda memberitahu saya berita terbaru tentang acara itu?).

Pastikan untuk memperhatikan konteks dan tata bahasa dalam kalimat yang sedang digunakan agar penggunaan kata latest sesuai dengan aturan yang berlaku.

4 dari 4 halaman

Sinonim Dan Antonim Kata Latest 

Berikut adalah beberapa sinonim dan antonim dari kata latest:

Sinonim dari latest adalah:

  1. Newest - terbaru
  2. Recent - baru-baru ini
  3. Up-to-date - terkini
  4. Current - saat ini
  5. Fresh - segar

Antonim dari latest adalah:

  1. Oldest - tertua
  2. Outdated - usang
  3. Previous - sebelumnya
  4. Old - lama
  5. Former - mantan

Perlu diingat bahwa sinonim dan antonim dapat bervariasi tergantung pada konteks penggunaannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.