Sukses

10 Makanan yang Mengandung Mangan, Ketahui Manfaatnya

Mangan merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Mangan merupakan jenis mineral mikro yang ditemukan dalam sejumlah makanan. Tubuh memerlukan mangan dalam jumlah kecil. Mangan berkontribusi terhadap banyak fungsi tubuh, termasuk metabolisme asam amino, kolesterol, glukosa, dan karbohidrat.

Makanan yang mengandung mangan juga berperan dalam pembentukan tulang, pembekuan darah, dan mengurangi peradangan. Tubuh akan menyimpan mangan di hati, pankreas, tulang, ginjal, dan otak.

Mangan dapat ditemukan terutama dalam biji-bijian, kacang-kacangan, sayur, dan buah. Konsumsi makanan yang mengandung mangan bisa membantu menjaga keseimbangan mineral dalam tubuh.

Berikut makanan yang mengandung mangan dan manfaatnya seperti dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (23/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Makanan yang mengandung mangan

Oat

1 Cup oat yang setara dengan 156 g bisa mengandung 7.7 milligram mangan. Jumlah ini setara dengan 383% kebutuhan harian akan mangan. Selain sangat tinggi mangan, oat juga kaya akan antioksidan dan super-serat, beta-glukan. Kandungan ini dapat membantu mencegah dan mengobati sindrom metabolik dan obesitas.

Kedelai

186 Gram kedelai mengandung 4.7 milligram mangan atau setara dengan 234% kebutuhan harian mangan. Selain mangan, kedelai juga merupakan sumber protein nabati yang sangat baik.

Asupan protein kedelai telah dikaitkan dengan sedikit penurunan kadar kolesterol. Kedelai juga mengandung serat larut dan tidak larut dalam jumlah yang cukup. Produk kedelai seperti susu, tahu, dan tempe memiliki manfaat serupa.

3 dari 9 halaman

Makanan yang mengandung mangan

Bawang putih

136 Gram bawang putih bisa mengandung 2,3 miligram mangan atau setara dengan 114% kebutuhan harian nutrisi ini. Bawang putih dikenal dengan senyawa allicinya yang bermanfaat bagi kesehatan. Bawang putih dapat memerangi penyakit dan mengatur kadar kolesterol serta melindungi jantung.

Cengkeh

1 Sendok makan atau 6 gram cengkeh mengandung 2 miligram mangan atau setara dengan 98% kebutuhan harian mangan. Cengkeh memiliki sifat antijamur, antiseptik, dan antibakteri. Cengkeh juga merupakan sumber asam lemak omega-3 yang tinggi.

4 dari 9 halaman

Makanan yang mengandung mangan

Nasi merah

195 Gram nasi merah mengandung 1,8 miligram yang setara dengan 88% kebutuhan harian mangan. BKonsumsi beras merah dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol jahat. Beras juga mengurangi risiko kanker usus besar, payudara, dan prostat.

Bayam

30 Gram mengandung 0,3 miligram atau setara dengan 13% kebutuhan mangan harian. Bayam mengandung antioksidan yang menghilangkan stres oksidatif dan melawan radikal bebas. Bayam juga mengandung lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang penting untuk kesehatan penglihatan.

5 dari 9 halaman

Makanan yang mengandung mangan

Pisang

225 Gram pisang yang telah dihaluskan mengandung 0,6 miligram mangan yang setara dengan 30% kebutuhan mangan harian. Pisang terkenal sarat dengan kalium, mineral yang membantu menurunkan tekanan darah. Pisang membantu menangkal beberapa penyakit serius seperti serangan jantung. Dan serat makanan dalam pisang meningkatkan kesehatan pencernaan.

Nanas

165 Gram potongan nanas mengandung 1,5 miligram yang setara dengan 76% kebutuhan harian mangan. Nanas juga kaya akan vitamin C, nutrisi yang meningkatkan kekebalan dan memerangi penyakit mematikan seperti kanker. Serat dan air yang tinggi dalam nanas meningkatkan kesehatan saluran pencernaan.

6 dari 9 halaman

Makanan yang mengandung mangan

Jagung

166 Gram jagung mengandung 0,8 miligram yang setara dengan 40% kebutuhan harian. Jagung juga merupakan sumber protein yang baik. Antioksidan penting dalam jagung seperti lutein dan zeaxanthin, baik untuk kesehatan penglihatan.

Kale

67 Gram kale cincang mengandung 0,5 miligram atau setara dengan 26% kebutuhan mangan harian. Kale kaya akan mangan, tetapi khasiatnya yang paling bermanfaat terletak pada kemampuannya melawan peradangan. Kale juga sangat baik untuk detoksifikasi alami untuk mengeluarkan racun pada tubuh.

7 dari 9 halaman

Manfaat mangan untuk kesehatan

Mendukung kesehatan tulang

Jika dikombinasikan bersama kalsium dan vitamin D, mangan bisa membantu mendukung kesehatan tulang. Mangan bisa membantu meningkatkan kepadatan tulang.

Mengurangi gula darah

Bagi penderita diabetes, mangan dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Mengonsumsi suplemen mangan dapat membantu penderita diabetes menghasilkan lebih banyak insulin secara alami, tetapi diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk memastikan efek ini.

8 dari 9 halaman

Manfaat mangan untuk kesehatan

Bantu penyembuhan luka

Bersama vitamin K, mangan membantu pembentukan gumpalan darah. Pembekuan darah yang baik dapat mempercepat penyembuhan sebuah luka.

Punya sifat antioksidan

Mangan membantu membentuk enzim antioksidan yang disebut superoksida dismutase (SOD). Antioksidan ini merupakan salah satu antioksidan paling penting dalam tubuh. SOD secara khusus membantu memerangi efek negatif dari radikal bebas dengan mengubah superoksida - salah satu radikal bebas paling berbahaya - menjadi molekul yang lebih kecil yang tidak akan merusak sel-sel tubuh.

9 dari 9 halaman

Manfaat mangan untuk kesehatan

Tingkatkan metabolisme

Mangan membantu mengaktifkan banyak enzim dalam metabolisme dan memainkan peran dalam berbagai proses kimia dalam tubuh. Mangan membantu meningkatkan pencernaan, pemanfaatan protein dan asam amino, serta metabolisme kolesterol dan karbohidrat.

Mangan membantu tubuh memanfaatkan sejumlah vitamin, seperti kolin, tiamin, dan vitamin C dan E, dan memastikan fungsi hati yang baik.

Dukung kesehatan tiroid

Mangan membantu enzim berfungsi dan bekerja dengan baik di tubuh. Mangan juga berperan dalam produksi tiroksin. Tiroksin adalah hormon vital, penting untuk fungsi normal kelenjar tiroid. Hormon ini membantu mempertahankan nafsu makan, metabolisme, berat badan, dan efisiensi organ secara tepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.