Sukses

Interpretasi Adalah Bentuk Penafsiran Komunikasi, Ketahui Tujuan dan Cara Memahaminya

interpretasi adalah seni mendeskripsikan komunikasi secara tidak langsung, tetapi komunikasi mudah dipahami.

Liputan6.com, Jakarta Interpretasi adalah penjelasan yang memuat makna atau sudut pandang, dalam sudut pandang teoritis dari suatu objek, pemikiran tersebut dihasilkan dari pertimbangan yang cermat dan sangat dipengaruhi oleh latar belakang orang yang membuat penjelasan tersebut.

Oleh karena itu, ini juga dapat dikatakan sebagai penjelasan dari komunikasi lisan, atau dapat dikatakan sebagai tindakan yang mengandung makna dan simbol yang sama dalam suatu dialog. Untuk itu, makna Interpretasi dapat dikatakan sebagai salah satu makna komunikasi dengan kemampuan tafsir yang baik, sehingga komunikasi tersebut mudah dipahami.

Peranan interpretasi dalam kehidupan sangat penting. Interpetasi adalah mampu meminimalisir kesalahpahaman dan kesalahan penafsiran. nterpretasi dapat menjadi bagian dari penyajian atau deskripsi perubahan informasi, untuk menyesuaikan dengan seperangkat simbol tertentu. Interpretasi bisa dilakukan melalui lisan, tulisan, dan gerakan.

Untuk lebih memahami mengenai interpretasi, berikut ini penjelasannya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jum’at (7/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Interpretasi Menurut Para Ahli

Istilah “interpretasi” dapat merujuk pada proses tafsir yang sedang berlangsung atau hasil dari proses itu. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia menjelaskan pengertian interpretasi adalah pandangan teoritis terhadap sesuatu. Kata tidak baku dari interpretasi adalah interprestasi.

Menurut Kaelan (1998), arti dari interpretasi adalah seni mendeskripsikan komunikasi secara tidak langsung, tetapi komunikasi mudah dipahami. Interpretasi sangat erat kaitannya dengan ruang lingkup yang harus dijangkau oleh subjek dan sekaligus diekspresikan kembali sebagai struktur identitas yang ada dalam kehidupan, objektivitas, dan sejarah.

Fungsi interpretasi adalah untuk mendapatkan pemahaman dan pengetahuan yang lebih jelas dan lebih dalam. Misalnya, makna lukisan abstrak bahkan sulit dipahami. Lukisan semacam itu bisa menjadi objek tafsir, sehingga masyarakat awam bisa dengan mudah mengetahui makna yang terkandung dalam lukisan tersebut.

Interpretasi juga dapat diterapkan pada data statistik, seperti data demografis yang dipecah berdasarkan jenis kelamin dan pendapatan sosial rata-rata. Dapat menginterpretasikan data sehingga Anda dapat memahami informasi yang ada di masyarakat.

Sedangkan menurut Freeman Tilde, Interpretasi adalah sebuah kegiatan yang memiliki sifat mendidik disertai maksud untuk mengungkapkan arti dan juga hubungan lewat perantara objek asli beserta pengalaman. Namun, media ini juga bisa digantikan oleh objek ilustrasi yang dapat memberikan informasi komunikasi secara faktual.

Tak jauh berbeda, menurut Hamid (1996) Interpretasi adalah terdiri dari informasi. Interpretasi adalah bukan apa yang anda sampaikan pada kelompok sasaran akan tetapi bagaimana cara anda menyampaikan informasi tersebut kepada kelompok sasaran.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, arti dari penjelasan tersebut tergantung dari sisi mana yang dijelaskan oleh orang tersebut. Oleh karena itu, terdapat beberapa interpretasi untuk objek yang sama, namun hasilnya berbeda. Salah satu faktor penting dalam penafsiran adalah latar belakang penafsir, di antara penafsir harus memiliki dasar pengetahuan dan pengalaman yang matang agar ia dapat memaknai hasil penafsiran tersebut.

3 dari 5 halaman

Tujuan Interpretasi

Ada beberapa tujuan interpretasi yang dapat menjadikan pondasi seseorang menggunakannya. Berikut tujuannya :

1. Meningkatkan Pemahaman

Tujuan interpretasi adalah meningkatkan pemahaman. Kata interpretasi ditafsirkan untuk menjelaskan mengenai suatu objek yang masih belum jelas. Hingga interpretasi membantu dalam meminimalisir ketidaksesuaian arti dan makna sesuatu.

2. Penggunaan Data

Tujuan interpretasi adalah mendorong dalam penggunaan sebuah data. Dalam melakukan interpretasi, analisis dilakukan untuk memberikan penjelasan. Analisis hanya bisa dilakukan bila data bisa ditemukan dan digunakan dengan benar. Interpretasi adalah mampu mendorong sebuah penjelasan logis karena basisnya data.

3. Meminimalisir Salah Tafsir

Tujuan interpretasi adalah bukan hanya menjelaskan, tetapi membantu meminimalisir salah tafsir sesuatu. Hal ini selaras dengan makna interpretasi yang merupakan seni menjelaskan, menggambarkan, dan menjelaskan sesuatu.

4 dari 5 halaman

Tahapan Kata Interpretasi

Ada beberapa tahapan untuk memahami interpretasi yang harus Anda ketahui, berikut tahapannya :

1. Baca semua teks.

2. Memahami tema, latar belakang, alur dan karakter.

3. Topiknya adalah cerita atau alasan utama.

4. Ilustrasi adalah peserta yang terlihat.

5. Pengaturan lokasi acara.

6. Pengaturan waktu.

7. Lingkungan budaya.

8. Tangkap elemen-elemen yang konyol, lucu atau kesal.

9. Tangkap frasa atau frasa sindiran.

5 dari 5 halaman

Contoh Penggunaan Kata Interpretasi

Untuk lebih memahami penggunaan kata interpretasi, berikut beberapa contoh kalimat dengan kata interpetasi.

1. Dalam peralatan optis, warna bisa berarti interpretasi otak terhadap campuran tiga warna primer cahaya (merah, kuning, biru) yang digabungkan dalam komposisi tertentu.

2. Perbedaan pandangan dalam hal pengelolaan jaminan kesehatan tersebut berkaitan dengan interpretasi pemerintah Indonesia yang menempatkan kesehatan sebagai bagian dalam hak asasi dasar manusia.

3. Yang dimaksud dengan asas “kejelasan rumusan” adalah bahwa setiap peraturan perundang-undangan memenuhi persyaratan teknis penyusunan peraturan perundang-undangan, sistematika, dan pilihan kata atau terminologi, serta bahasa hukum yang jelas dan mudah dimengerti, sehingga tidak menimbulkan berbagai macam interpretasi dalam pelaksanaannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.