Sukses

6 Penyebab Ambeien yang Tak Boleh Disepelekan, Ketahui Gejala dan Cara Mengobatinya

Penyebab ambeien karena terjadinya pembekakan pembuluh darah vena yang diakibatkan karena meningkatnya tekanan di rektum bagian bawah.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab ambeien karena terjadinya pembekakan pembuluh darah vena yang diakibatkan karena meningkatnya tekanan di rektum bagian bawah. Ambeien merupakan salah satu penyakit yang ditandai adanya benjolan dalam anus akibat pembuluh darah vena membengkak dan meradang.

Penyakit ini kerap disebut sebagai hemoroid atau lebih terkenal dengan nama wasir. Umumnya, kondisi ini disebabkan karena terlalu lama mengejan saat Buang Air Besar (BAB). Wasir tidak selalu menimbulkan keluhan, tetapi bila keluhan muncul, penderita dapat merasa tidak nyaman dan gatal pada anus, serta muncul perdarahan lewat anus. 

Ada dua jenis ambeien, yaitu hemoroid internal dan eksternal. Pembuluh darah yang membengkak di dalam anus dan tidak terlihat dari luar disebut sebagai hemoroid internal. Sedangkan pembengkakan yang terjadi di luar anus dekat lubang anus, terasa lebih nyeri, serta tampak dari luar disebut hemoroid eksternal.

Bahaya ambeien kerap dianggap remeh oleh penderitanya. Padahal, ambeien yang dibiarkan berlarut-larut bisa semakin membesar dan pecah. Kondisi ini jika tidak segera diatasi bisa membahayakan tubuh dan memicu anemia.

Lantas apa saja penyebab ambeien hingga gejala dan bagaimana cara mengobatinya? Berikut ini penjelasan lengkapnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jum’at (21/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab Ambeien

Beberapa faktor yang meningkatkan tekanan tersebut antara lain mengejan saat BAB, duduk terlalu lama, kelebihan berat badan, hingga kurang asupan berserat. Lebih jelasnya, faktor risiko penyebab ambeien adalah sebagai berikut:

1. Kehamilan

Penyebab ambeien yang pertama adalah kehamilan pada wanita. Ambeien sering kali dialami oleh perempuan hamil. Hal ini karena rahim akan ikut berkembang seiring kehamilan semakin membesar. Tekanan Rahim ini akan menekan pembuluh darah yang ada di usus besar dan memicu munculnya benjolan di daerah anus.

2. Sembelit Kronis

Penyebab ambeien yang selanjutnya adalah terjadi sembelit yang kronis. Fases yang mengeras akibat sembelit kerap membuat Anda mengeluarkan tenaga lebih banyak untuk mengejan. Tekanan lebih tersebut yang dapat memicu pembengkakan pembuluh darah di anus dan menyebabkan ambeien.

3. Duduk Terlalu Lama

Penyebab ambeien yang berikutnya adalah duduk yang terlalu lama. Seseorang yang memiliki kebiasaan duduk terlalu lama bisa meningkatkan risiko mengalami ambeien. Pasalnya, kebiasaan ini bisa menekan dinding pembuluh darah hingga semakin membesar.

4. Faktor Usia

Penyebab ambeien yang lainnya adalah faktor usia. Kondisi tubuh yang semakin menua bisa menyebabkan jaringan pembuluh darah di sekitar rektum dan anus semakin melemah. Sehingga, kondisi ini rentan mengalami pembengkakan. Hal inilah yang kemudian menjadi salah satu penyebab ambeien.

5. Mengangkat Benda Berat

Penyebab ambeien berikutnya ialah sering mengangkat benda berat. Hal ini bisa terjadi karena adanya penumpukan tekanan di bagian rectum yang akan memengaruhi aliran darah dan membuat pembuluh darah menjadi bengkak.

6. Pola Makan yang Sembarangan  

Penyebab ambeien yang selanjutnya adalah pola makan yang sembarangan. Seperti Anda yang suka merokok, sering makan makanan yang pedas dan bersantan, sering minum alkohol hingga minuman bersoda. Selain itu, dengan gaya hidup yang tidak teratur juga dapat memicu terjadinya penyakit ambeien.

3 dari 4 halaman

Gejala Penyakit Ambeien

Seperti yang sudah diketahui, ambeien adalah kondisi yang sangat umum terjadi. Hampir semua kalangan bisa mengalami ambeien, terutama pada usia 50 ke atas. Adapun beberapa gejala ambeien yang kerap dialami penderita di antaranya :

1. Nyeri dan rasa tidak nyaman.

2. Mengalami iritasi pada area rektum.

3. Terjadi pembengkakan di sekitar anus.

4. Terdapat benjolan yang sensitif atau nyeri di dekat anus yang berwarna merah muda atau lebih terang dari area sekitarnya.

5. BAB berdarah berwarna terang.

Munculnya darah segar menetes dari anus saat buang air besar.Gatal pada anus.Muncul benjolan keluar dari anus pasca buang air besar, benjolan dapat masuk sendiri atau harus didorong terlebih dahulu.Pucat, mudah lemas, tidak mudah konsentrasi, bila telah terjadi komplikasi anemia akibat perdarahan yang berlebihan. 

4 dari 4 halaman

Cara Mengobati dan Mencegah Penyakit Ambeien

Penyakit ambeien atau biasa disebut wasir harus segera ditangani agar tidak membengkak dan pecah, atau terpuntir. Berikut ini cara mengobati dan mencegah penyakit ambeien, diantaranya :

1. Menerapkan pola makan yang sehat.

2. Perbanyak aktivitas fisik, terutama berolahraga.

3. Menjaga kebersihan anus.

Mengonsumsi obat-obatan atau menggunakan salep wasir.Menjalani operasi pengangkatan wasir. Jika wasir disebabkan oleh susah BAB, penggunaan obat pelancar BAB mungkin akan diperlukan.Untuk mencegah ambeien atau wasir, konsumsi makanan kaya serat seperti buah dan sayur. Beberapa jenis makanan yang direkomendasikan antara lain apel, anggur, pisang, wortel, brokoli, jagung, gandum, kacang almon, kacang hijau, dan kacang polong. Serta banyak minum air putih, hindari duduk terlalu lama, menunda BAB dan mengejan berlebihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini