Sukses

12 Makanan Pencegah Penyakit Tiroid, Segera Cukupi Nutrisi

Kelenjar tiroid menggunakan yodium untuk memperoduksi dua hormon penting, yaitu tiroksin (T4) dan triiodotironin (T3).

Liputan6.com, Jakarta Penyakit tiroid mencakup berbagai kondisi yang memengaruhi fungsi atau struktur kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid berbentuk menyerupai kupu-kupu yang terletak di bagian depan leher.

Kelenjar tiroid berperan penting dalam regulasi berbagai proses metabolik di seluruh tubuh. Gangguan kelenjar tiroid dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh. Berbagai jenis penyakit tiroid dapat memengaruhi baik fungsi kelenjar tiroid, strukturnya, atau bahkan keduanya.

Kelenjar tiroid terletak di bawah jakun dan mengelilingi trakea, yang merupakan salah satu organ pada sistem pernapasan. Kelenjar tiroid menggunakan yodium untuk memperoduksi dua hormon penting, yaitu tiroksin (T4) dan triiodotironin (T3).

Karena kelenjar tiroid memiliki peran penting bagi sistem metabolisme tubuh, maka penting untuk menjaganya agar risiko terkena penyakit tiroid bisa dihindarkan. Salah satu caranya dengan memenuhi nutrisi dengan makanan sehat. Berikut makanan yang dapat mencegah penyakit tiroid yang telah Liputan6.com rangkum dari kanal Boldsky, Selasa (10/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Makanan Pencegah Penyakit Tiroid

Taoge

Makanan untuk mencegah penyakit tiroid pertama adalah taoge. Taoge dapat menjaga kesehatan tiroid. Manfaat taoge untuk mencegah pentakit tiroid didapat karena memberikan energi berkelanjutan pada tubuh dan mengandung antioksidan, protein, karbohidrat kompleks, vitamin dan mineral. Kamu dapat menambahkan taoge ke dalam sup, salad, dan campuran masakan lainnya.

Brokoli

Kandungan nutrisi di dalam brokoli dapat mengurangi penyebab terganggunya fungsi tiroid.

3 dari 7 halaman

Makanan Pencegah Penyakit Tiroid

Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau yang kaya akan vitamin, protein, mineral, dan asam omega-3. Untuk merasakan manfaat bayam, kamu bisa memasukkan sayuran hijau ini ke dalam menu makan harian untuk menjaga metabolisme tubuh.

Tomat

Tomat kaya akan vitamin C yang harus kamu masukkan ke dalam makanan untuk mencegah penyakit tiroid. Antioksidan dalam tomat dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

4 dari 7 halaman

Makanan Pencegah Penyakit Tiroid

Tahu

Tahu merupakan sumber asam amino, zat besi, kalsium, dan nutrisi mikro lainnya yang berguna untuk menjaga kesehatan tiroid. Tahu merupakan olahan fermentasu kedelai yang dapat menjaga kelenjar tiroid tetap sehat. Untuk mendapatkan manfaat seutuhnya, hindari produk kedelai olahan karena tidak baik untuk kesehatan tiroid.

Telur

Telur merupakan makanan pencegah penyakit tiroid. Telur bukan hanya kaya akan kalsium, tetapi juga sumber zat besi dan yodium yang baik untuk jaga kesehatan tiroid.

5 dari 7 halaman

Makanan Pencegah Penyakit Tiroid

Stroberi

Stroberi merupakan buah yang memiliki jumlah yodium cukup tinggi, sehingga baik untuk membantu tiroid mengelola metabolisme, detoksifikasi, dan meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan. Jadi, sertakan makanan kaya yodium seperti stroberi, kentang, produk susu, dan yoghurt.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang Brazil, kacang macadamia, dan hazelunut memiliki senyawa selenium yang tinggi. Senyawa ini dapat membantu merangsang kelenjar tiroid dan membantu menjaga kelenjar tiroid tetap sehat. Untuk merasakan manfaatnya, kamu bisa mengonsumsi satu atau dua kacang Brazil dan beberapa jenis kacang lainnya.

6 dari 7 halaman

Makanan Pencegah Penyakit Tiroid

Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya akan lemak dan nutrisi sehat yang dapat membantu meningkatkan kadar hormon tiroid. Ini juga dapat membantu menurunkan kolesterol LDL, sehingga membantu kamu mengurangi berat badan dan menjaga kesehatan jantung. Untuk merasakan manfaat minyak zaitun sebagai pencegah penyakit tiroid, pastikan tidak mengonsumsinya lebih dari 10 sendok makan per harinya.

Minyak Kelapa

Asam lemak esensial dalam minyak kelapa dapat dengan cepat diubah menjadi energi dan ini sekaligus dapat mengatur fungsi tiroid.

7 dari 7 halaman

Makanan Pencegah Penyakit Tiroid

Jamur

Kekurangan selenium merupakan salah satu penyebab munculnya gangguan penyakit tiroid. Jamur merupakan sumber makanan yang kaya selenium yang bisa kamu konsumsi untuk mencegah penyakit tiroid.

Madu

Madu dapat meningkatkan kesehatan tiroid karena memiliki efek penyembuhan. Kamu bisa mengonsumsi madu dengan campuran air lemon atau mencampurkannya dengan teh dan jahe.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini