Sukses

Pengertian Perdagangan dalam Ekonomi, Cara Kerja dan Jenisnya

Perdagangan adalah konsep ekonomi dasar.

Liputan6.com, Jakarta Pengertian perdagangan adalah konsep ekonomi dasar. Konsep utama dari perdagangan berasal dari tindakan barter atau tukar menukar barang. Pengertian perdagangan mengacu pada pertukaran barang dan jasa.

Perdagangan juga berarti seperangkat keterampilan kerja. Mempelajari pengertian perdagangan berarti melatih untuk pekerjaan tertentu. Konsep perdagangan membentuk dasar peradaban modern. Pengertian perdagangan membawa pembagian kerja, melek huruf, hingga urbanisasi.

Pengertian perdagangan membantu memahami konsep dasar dari aktivitas ini. Perdagangan dapat terjadi dalam suatu perekonomian. Pengertian perdagangan secara sederhana mengacu pada pembelian dan penjualan barang. Berikut pengertian perdagangan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (3/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengertian perdagangan secara umum

KBBI mendefinisikan pengertian perdagangan sebagai perihal berdagang, urusan berdagang, atau perniagaan. Dagang adalah pekerjaan yang berhubungan dengan menjual dan membeli barang untuk memperoleh keuntungan. Melansir Investopedia, perdagangan adalah aktivitas yang melibatkan pembelian dan penjualan barang dan jasa, dengan kompensasi yang dibayarkan oleh pembeli kepada penjual, atau pertukaran barang atau jasa antar pihak.

Perdagangan secara luas mengacu pada pertukaran barang dan jasa, paling sering dengan imbalan uang. Di pasar keuangan, perdagangan mengacu pada pembelian dan penjualan sekuritas, seperti pembelian saham di bursa efek.

Menurut Undang – Undang No. 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan, pengertian perdagangan adalah tatanan kegiatan yang terkait dengan transaksi Barang dan/atau Jasa di dalam negeri dan melampaui batas wilayah negara dengan tujuan pengalihan hak atas Barang dan/atau Jasa untuk memperoleh imbalan atau kompensasi.

3 dari 6 halaman

Pengertian perdagangan menurut ahli

Marwati Djoened

Pengertian perdagangan adalah kegiatan ekonomi yang mengaitkan antara para produsen dan konsumen. Sebagai kegiatan distribusi, perdagangan menjamin peredaran, penyebaran, dan penyediaan barang melalui mekanisme pasar.

Bambang Utoyo

Perdagangan merupakan proses tukar menukar barang dan jasa dari suatu wilayah dengan wilayah lainya. Kegiatan sosial ini muncul karena adanya perbedaan kebutuhan dan sumber daya yang dimiliki.

Eeng Ahman & Epi Indriani

Perdagangan adalah kegiatan tukar – menukar atau transaksi jual beli antara dua pihak atau lebih.

Bambang Prishardoyo & Shodiqin

Perdagangan adalah salah satu jenis kegiatan perusahaan dikarenakan menggunakan sumber daya/faktor-faktor produksi dalam rangka untuk meningkatkan atau menyediakan pelayanan umum.

4 dari 6 halaman

Cara kerja perdagangan

Melansir Investopedia, perdagangan secara luas mengacu pada transaksi mulai dari kompleksitas pertukaran barang hingga protokol pengaturan kebijakan multinasional untuk impor dan ekspor antar negara.

Pengertian perdagangan melibatkan transfer barang dari satu orang atau entitas ke orang lain, seringkali dengan imbalan uang. Perdagangan berawal dari komunikasi manusia pada zaman prasejarah. Konsep ini sering disebut dengan barter. Perdagangan pada masa ini meliputi bertukar barang dan jasa dari satu sama lain dalam ekonomi hadiah sebelum inovasi mata uang modern.

Perdagangan antara dua pedagang disebut perdagangan bilateral, sedangkan perdagangan yang melibatkan lebih dari dua pedagang disebut perdagangan multilateral. Tempat terjadinya pertukaran barang disebut pasar. Pasar ini bisa di tingkat lokal, tingkat negara bagian, tingkat nasional atau di tingkat internasional atau di semua tingkat tergantung pada permintaan.

5 dari 6 halaman

Jenis perdagangan berdasarkan cakupan wilayah

Melansir Businessfinancearticles, perdagangan terbagi dalam cakupan wilayah. Ini meliputi perdagangan internal dan eksternal.

Perdagangan Internal

Perdagangan internal adalah perdagangan dalam negeri. Ini dilakukan antara wilayah yang berbeda dan lokasi geografis dari negara yang sama. Perdagangan internal dibagi menjadi perdagangan grosir dan eceran.

Perdagangan grosir adalah proses membeli produk berkualitas tinggi dari manufaktur dan kemudian mendistribusikannya ke pengecer sehingga mereka menjualnya ke konsumen. Sementara perdagangan eceran pengecer membeli sejumlah kecil barang dari grosir dan menjualnya ke konsumen akhir. Ini membangun hubungan antara grosir dan konsumen.

Perdagangan eksternal

Pengertian perdagangan eksternal adalah proses penjualan atau pembelian produk dan jasa dari satu negara ke negara lain. Ini juga disebut perdagangan luar negeri. Perdagangan eksternal tidak memiliki batas, siapa pun dari dunia dapat membeli dan menjual apa pun ke wilayah dan negara bagian mana pun di dunia.

6 dari 6 halaman

Jenis perdagangan eksternal

Perdagangan eksternal dibagi lagi menjadi tiga sub-perdagangan. Ini meliputi perdagangan ekspor, impor, dan entrepot.

Perdagangan ekspor

Pengertian perdagangan ekspor adalah barang yang diproduksi di satu negara, dijual ke negara lain. Penjual barang atau penyedia jasa tersebut adalah eksportir. Sementara pembelinya disebut importir. Misalnya, pedagang di Amerika menjual produk apa pun kepada pedagang di Jerman.

Perdagangan impor

Perdagangan impor terjadi ketika seorang pedagang dari satu negara membeli barang apapun dari pedagang dari negara. Misalnya, pedagang yang berada di Inggris membeli produk apa pun dari pedagang di Amerika untuk dijual di wilayahnya.

Perdagangan Entrepot

Perdagangan entrepot terjadi ketika pedagang dari satu negara membeli produk dan barang apapun dari pedagang dari negara lain dan membuat beberapa perubahan dan integrasi bisnis di dalamnya untuk menjual kembali produk ini ke negara lain. Misalnya, pedagang di Amerika membeli suku cadang, mesin, dan bahan mentah dari Jepang dan Rusia, kemudian merestrukturisasinya untuk membuat produk baru dan menjualnya ke negara lain.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.