Sukses

13 Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Bahan Alami, Mudah dan Ampuh

Cara menghilangkan bekas luka cukup mudah dengan menggunakan bahan alami.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan bekas luka mudah untuk diterapkan. Bagi kamu yang memiliki bekas luka menghitam, kamu bisa coba untuk menggunakan beberapa bahan alami untuk menghilangkan bekas luka tersebut. Bekas luka yang menghitam memang membuat seseorang tidak percaya diri. Oleh sebab itu cara menghilangkan bekas luka ini bisa kamu coba terapkan.

Cara menghilangkan bekas luka bisa menggunakan bahan alami. Selain mudah dipraktikkan, bahan alami ini juga mudah untuk ditemukan. Bahan alami memang kerap digunakan dan mempunyai banyak manfaat untuk menghilangkan bekas jerawat ataupun bekas luka sekalipun.

Bekas luka di bagian tubuh memang membuat kulit tidak mulus lagi apalagi jika bekas luka tersebut sudah menghitam. Tak sedikit orang yang berupaya untuk menghilangkan bekas luka tersebut dengan prosedur medis ataupun menggunakan bahan alami. Beberapa rekomendasi cara menghilangkan bekas luka dengan bahan alami ini bisa coba kamu gunakan.

Walaupun tidak langsung pulih dan menghilang, namun apabila digunakan secara rutin, bekas luka tentunya perlahan akan hilang dengan sendirinya. Cara menghilangkan bekas luka ini bisa kamu coba untuk menghilangkan bekas luka di bagian tubuh kamu.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang cara menghilangkan bekas luka yang mudah dilakukan dengan bahan alami, Jumat (13/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Luka

Cara menghilangkan bekas luka bisa menggunakan secara alami atau bahkan melalui prosedur medis. Cara menghilangkan bekas luka tentunya harus secara perlahan, pasalnya sekali menggunakan bahan alami untuk menghilangkan bekas luka, bekas lukanya tentu tidak langsung menghilang. Oleh sebab itu cara menghilangkan bekas luka dengan bahan alami harus dilakukan secara rutin.

1. Kunyit

Cara menghilangkan bekas luka dengan bahan alami yang pertama yakni kamu bisa menggunakan kunyit. Kunyit merupakan salah satu rempah yang dipercaya dan cukup sering digunakan untuk menghilangkan bekas luka yang menghitam. Kunyit mengandung zat anti radang dan zat antiseptik yang sangat bermanfaat untuk menyamarkan bekas luka.

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Kunyit :

- Siapkan kunyit secukupnya

- Tumbuk kunyit hingga halus

- Balurkan pada bekas luka

- Untuk hasil yang maksimal, lakukan hal tersebut secara rutin.

2. Kencur

Cara menghilangkan bekas luka berikutnya yakni kamu bisa menggunakan kencur. Jenis rempah satu ini memang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan mengatasi permasalahan kulit, salah satunya adalah bekas luka pada tubuh yang sudah menghitam.

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Kencur :

- Siapkan 1 genggam beras yang telah direndam selama 7 menit.

- Tambahkan 4 kencur.

- Tumbuk ke dua bahan tesebut sampai halus.

- Tambahkan sedikit air agar menjadi salep.

- Oleskan pada bekas luka.

3. Lidah Buaya

Cara menghilangkan bekas luka berikutnya yakni kamu menggunakan lidah buaya. Lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi bekas luka dan membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit. Selain itu, lidah buaya juga dapat mengurangi pembengkakan, membantu memperbaiki kerusakan kulit, serta meregenerasi kulit. 

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Lidah Buaya :

- Ambil gel lidah buaya yang ada di tengah.

- Oleskan secara merata pada bekas luka.

- Diamkan selama 15 menit.

- Bilas dengan air bersih.

- Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu dapat melakukan cara ini pada saat pagi dan malam hari.

 

3 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Luka

4. Jeruk Nipis

Cara menghilangkan bekas luka berikutnya yakni kamu juga bisa menggunakan jeruk nipis. eruk nipis mengandung banyak anti-oksidan dan vitamin C yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati penyebab bekas luka menghitam. Adanya kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA) dalam jeruk nipis yang mampu mengangkat sel kulit mati, mempercepat proses regenerasi kulit, dan mengembalikan elastisitas kulit.

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Jeruk Nipis :

- Belah buah jeruk menjadi dua bagian.

- Oleskan pada bekas luka di kulit secara merata.

- Diamkan selama 30 menit.

- Bilas dengan air bersih.

5. Bawang Merah

Bawang merah merupakan bahan alami berikutnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka. Bawang merah memiliki sifat antiinflamasi yang terkandung di dalamnya, sehingga mampu menghambat kolagen dalam bekas luka. 

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Bawang Merah :

-Tumbuk halus bawang merah.

- Tempelkan pada bekas luka.

- Adapun cara lainnya yaitu cincang halus bawang, lalu peras airnya dan oleskan pada bekas luka.

6. Mengkudu

Cara menghilangkan bekas luka berikutnya yakni bisa menggunakan buah mengkudu. Buah mengkudu mengandung antioksidan tinggi yang dapat bermanfaat untuk menghilangkan bekas di kulit yang sudah menhitam.

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Mengkudu :

- Siapkan mengkudu secukupnya.

- Tumbuk mengkudu sampai halus.

- Oleskan pada bekas luka di kulit kamu.

 

4 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Luka

7. Daun Mint

Cara menghilangkan bekas luka berikutnya bisa menggunakan daun mint. Selain kerap dijadikan sebagai obat herbal, daun mint juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka. Daun mint memang salah satu jenis daun aromatik yang punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Daun Mint :

- Siapkan 6 lembar daun mint.

- Tumbuk daun mint hingga halus.

- Oleskan pada bekas luka di tubuh kamu.

- Biarkan beberapa saat lalu bilas hingga bersih.

8. Mentimun

Cara menghilangkan bekas luka berikutnya yakni kamu bisa menggunakan mentimun. Mentimun memang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Mentimun kaya akan mineral dan vitamin yang penting dan dapat mengobati iritasi karena bekas luka. 

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Mentimun :

- Iris mentimun tipis-tipis.

- Tempelkan pada bekas luka.

- Diamkan selama 30 menit.

- Basuh dengan air bersih.

9. Madu

Cara menghilangkan bekas luka berikutnya yakni bisa menggunakan madu. Madu memang menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan ataupun kecantikan. Tak heran jika madu juga dapat membantu menghilangkan bekas luka di tubuh. Madu dapat mencerahkan kulit karena kaya akan anti-oksidan dan juga dapat mengangkat kulit mati.

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Madu :

- Ambil 1 sdm madu.

- Oleskan pada bekas luka di kaki.

- Diamkan selama 30 menit.

- Bilas dengan air bersih.

5 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Luka

10. Minyak Zaitun

Cara menghilangkan bekas luka berikutnya yakni bisa menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun memang dipercaya dan kerap digunakan untuk mengatasi bekas jerawat. Rupanya, minyak zaitun bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka di tubuh. Minyak zaitun dapat memudarkan bekas luka karena kandungan zat linoleic acid di dalamnya. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung antioksidan yang disebut polifenol yang bermanfaat untuk melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan.

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Minyak Zaitun :

- Siapkan 1 sdm minyak zaitun dan 1 sdt madu.

- Campur keduanya menjadi satu.

- Oleskan pada bekas luka anda.

11. Teh Hijau

Cara menghilangkan bekas luka beriktunya yakni bisa menggunakan teh hijau. Kandungan Epigallocatechin Gallate (EGCG) atau katekin, yaitu zat yang bersifat antioksidan, antibakteri sekaligus antiinflamasi pada teh hijau terbukti dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit.

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Teh Hijau :

- Gunakan ampas teh hijau.

- Gosokkan pada bekas luka.

- Lakukan rutin setiap hari, maka bekas luka segera menghilang.

 

6 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Luka

12. Air Kelapa

Cara menghilangkan bekas luka berikutnya bisa menggunakan air kelapa. Air kelapa memang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Vitamin C yang terkandung di dalamnya dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka di kulit. Menggunakan air kelapa untuk membasuh bekas luka yang hitam, ternyata cukup manjur sebagai cara menghilangkan bekas luka menghitam.

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Air Kelapa :

- Siapkan air kelapa secukupnya.

- Gunakan air kelapa untuk membasuh bekas luka Anda.

- Biarkan beberapa saat.

- Bilas dengan air bersih.

13. Lemon

Cara meenghilangkan bekas luka dengan bahan alami berikutnya yakni bisa menggunakan lemon.  Hal ini karena lemon kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Tidak hanya itu saja, dalam lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit sehingga bekas luka pada kaki akan memudar seiring dengan waktu. Bekas luka tersebut akan segera memudar karena lemon merupakan alat bleaching yang alami.

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Lemon :

- Siapkan lemon secukupnya.

- Oleskan perasan lemon pada bekas luka.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini