Sukses

25 Makanan Khas Betawi Melegenda, Unik dan Istimewa

Makanan khas Betawi punya ragam cita rasa.

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas Betawi merupakan salah satu kuliner yang kaya cita rasa. Suku Betawi sendiri adalah sebuah suku bangsa di Indonesia yang umumnya bermukim di Batavia dari sejak abad ke-17. Suku Betawi berbaur dengan suku-suku lain yang sudah lebih dulu tinggal seperti Sunda, Melayu, Jawa, Arab, Bali, Bugis, Makassar, Ambon, Tionghoa, dan India.

Tak ayal, makanan khas Betawi punya cita rasa unik dan beragam. Makanan khas Betawi sudah diturunkan dari generasi ke generasi dan menjadi kekayaan budaya setempat. Sejumlah makanan khas Betawi masih bisa ditemukan dengan mudah di Jakarta dan sekitarnya.

Namun, ada juga makanan khas Betawi yang sudah mulai sulit ditemukan seperti selendang mayang dan sayur besan. Jika kamu berada di ibu kota, makanan khas Betawi ini wajib dicicipi.

Berikut 25 makanan khas Betawi dengan cita rasa unik, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(14/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Makanan khas Betawi Melegenda

Soto Betawi

Soto Betawi sudah tak diragukan lagi popularitasnya. Kuah soto Betawi merupakan campuran santan dan susu yang membuat cita rasa soto ini begitu legendaris. Soto betawi berisi jerohan dan seringkali organ-organ lain juga disertakan, seperti mata, terpedo, dan juga hati. Daging sapi juga menjadi bahan campuran dalam soto Betawi.

Soto Tangkar

Selain soto Betawi, ada juga soto Tangkar. Tangkar berasal dari bahasa Betawi yang berarti iga sapi. Makanan khas Betawi ini muncul sejak zaman Belanda. Iga direbus dan dibumbui dengan rempah-rempah seperti kunyit, lada, daun sereh, daun salam dan santan kelapa.

 

3 dari 10 halaman

Makanan khas Betawi Banyak Peminat

Asinan Betawi

Asinan Betawi berisi sawi, kol, tauge, tahu putih, selada, dan taburan kacang tanah goreng. Asinan disiram dengan campuran kuah kacang, cuka dan cabai serta disajikan bersama kerupuk. Makanan unik dan murah di Jakarta ini merupakan kuliner yang sangat terjangkau mulai dari Rp 15 ribu sampai Rp 20 ribu.

Laksa Betawi

Laksa Betawi merupakan makanan khas Betawi dengan pengaruh kuliner Melayu. Laksa Betawi, hampir mirip dengan Laksa Bogor tetapi kuah Laksa Betawi memakai udang rebon. Laksa berisi sejenis mi dengan kuah rempah yang kental.

Kerak telor

Kerak telor merupakan makanan khas Betawi yang begitu legendaris. Terbuat dari telur ayam atau bebek, beras ketan putih, ebi yang disangrai hingga menyerupai abon, lalu ditambah bawang goreng dan diberi bumbu halus seperti kelapa sangrai.

 

4 dari 10 halaman

Makanan khas Betawi; Nasi

Nasi kebuli

Nasi kebuli merupakan hasil pengaruh budaya Arab Timur Tengah dan India Muslim, tepatnya tradisi Arab Yaman. Nasi ini dimasak bersama kaldu daging kambing, susu kambing, dan minyak samin, disajikan dengan daging kambing goreng dan kadang ditaburi dengan irisan kurma atau kismis. Dalam kebudayaan Betawi, nasi kebuli biasanya disajikan dalam perayaan keagamaan Islam, seperti lebaran, kurban, atau maulid.

Nasi uduk

Nasi uduk merupakan makanan khas Betawi yang sampai sekarang masih sering ditemukan. Nasi uduk terbuat dari nasi yang diaron dan dikukus dengan santan, serta dibumbui dengan pala, kayu manis, jahe, daun serai dan merica. Nasi uduk biasa dihidangkan dengan emping goreng, tahu goreng, telur dadar, dan abon kering, tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun serta sambal kacang.

Nasi ulam

Nasi ulam juga termasuk makanan khas Betawi yang dipengaruhi kuliner Melayu. Nasi ulam dimasak bersama bumbu rempah dan campuran daun pegagan atau bisa diganti daun kemangi. Nasi ulam Betawi terdapat dua jenis, nasi ulam berkuah (basah) yang berasal dari Jakarta Utara dan Pusat, serta nasi ulam kering (tidak berkuah) yang ditemukan di Jakarta Selatan.

5 dari 10 halaman

Makanan khas Betawi Berupa Sayur

Gabus Pucung

Gabus Pucung merupakan makanan khas Betawi yang berisi olahan ikan gabus bersama pucung atau kluwak. Gabus pucung memiliki cita rasa gurih dan khas. Kuah pucung yang berwarna hitam pekat menjadikan gabus pucung sebagai makanan unik dan murah di Jakarta.

Sayur Babanci

Sayur Babanci atau Ketupat Babanci merupakan sajian ketupat yang disantap dengan kuah santan yang telah dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, dan rempah-rempah lainnya. Sayur Babanci juga biasanya diberi tambahan potongan daging sapi. Konon, nama babanci diambil dari sifat sayur ini yang tidak jelas kelaminnya alias banci. Tak seperti namanya (sayur), makanan khas Betawi ini bahkan tidak ada sayurnya sama sekali.

Sayur Besan

Sayur Besan merupakan makanan khas Betawi yang sudah cukup langka. Sesuai namanya, sayur ini kerap hadir di acara pernikahan atau besanan. Sayur ini berbahan dasar Terbuk atau Saccharum edule Hasskarl. Terubuk adalah tanaman musiman yang sudah langka di daerah Jakarta.

6 dari 10 halaman

Makanan khas Betawi Populer

Ketoprak

Ketoprak merupakan makanan khas Betawi yang banyak ditemukan di pinggir jalan. Ketoprak berisi tahu, bihun, mentimun, taoge dan bisa juga memakai telur rebus yang dilengkapi dengan saus kacang, kecap manis, dan taburan bawang merah goreng.

Semur Jengkol

Makanan khas Betawi yang tak kalah populer adalah semur jengkol. Semur jengkol juga termasuk makanan yang sudah ada sejak zaman penjajahan. Ada beragam jenis semur jengkol seperti semur jengkol pedas kering, manis kuah, atau pedas kuah.

7 dari 10 halaman

Makanan khas Betawi yang Unik

Ayam Sampyok

Ayam Sampyok merupakan makanan khas Betawi dengan perpaduan kuliner Betawi, Timur Tengah, dan Tionghoa. Olahan ayam ini sekilas menyerupai rendang. Proses pembuatannya pun memerlukan dua kali pembumbuan. Ayam Sampyok dikenal dengan rasa asin dan gurih ala rempah-rempah.

Bubur Ase

Bubur Ase merupakan makanan khas Betawi yang masih cukup mudah ditemukan. Tak seperti bubur nasi biasa, Bubur Ase dilengkapi dengan kuah semur daging khas Betawi. Bubur Ase juga disajikan bersama daging sapi, kentang, tauge, dan beberapa pilihan topping lainnya. Bubur Ase dijual mulai dari harga Rp 15 ribu dan bisa ditemui di tiap sudut kota.

Kue Tete

Kue Tete merupakan makanan khas Betawi yang terbuat dari tepung terigu, tepung beras, dan susu. Kue tete juga biasa disebut dengan kue ape atau serabi Jakarta. Kue tete biasanya berwarna hijau atau putih. Kue tete memiliki bentuk yang pipih melebar dengan bagian tengahnya menonjol. Kue ini biasa dijual di pinggir jalan menggunakan gerobak mulai dari harga Rp 1000.

8 dari 10 halaman

Makanan khas Betawi Manis

Putu Mayang

Putu Mayang merupakan makanan khas Betawi yang cukup populer. Makanan ini terbuat dari tepung kanji atau tepung beras yang dibentuk seperti mi aneka warna. Putu Mayang disajikan bersama santan kelapa dan gula Jawa cair. Kuliner ini biasa ditemukan di pasar atau festival kuliner di Jakarta.

Selendang Mayang

Selendang Mayang adalah jajanan khas Betawi yang kini sulit ditemukan. Selendang mayang terbuat dari bahan dasar tepung beras dan tepung hunkwe. Tak banyak orang yang menjual jajanan yang disajikan dengan santan dan es serut ini, padahal rasanya sangat enak dan bisa melepas dahaga.

Kue Geplak

Kue geplak terbuat dari beras pera yang digiling hingga menjadi tepung dan disangrai. Tepung ini kemudian dicampur dengan kelapa sangrai dan gula pasir cair sampai mengental dan padat. Makanan khas Betawi ini biasanya hadir dalam bentuk balok dan bisa ditemui di toko oleh-oleh atau pasar tradisional.

 

9 dari 10 halaman

Makanan khas Betawi Jajanan

Sengkulun

Sengkulun merupakan kue khas Betawi tang terbuat dari tepung ketan, santan dan gula merah. Kue ini mirip dengan kue keranjang dengan ciri khas permukaan berbintil kasar, tekstur lunak, kenyal, dan lembut.

Dodol Betawi

Dodol Betawi merupakan dodol buatan asli suku Betawi. Dodol ini berwarna hitam kecoklatan dengan variasi rasa rasa yang lebih sedikit daripada dodol dari daerah lain. Rasa dodol betawi hanya terdiri dari ketan putih, ketan hitam dan durian.

Roti Buaya

Roti buaya merupakan makanan khas Betawi yang selalu hadir dalam upacara pernikahan Betawi. Suku Betawi percaya bahwa buaya hanya kawin sekali dengan pasangannya, karena itu roti ini dipercaya melambangkan kesetiaan dalam perkawinan.

10 dari 10 halaman

Makanan khas Betawi Bercitara Manis

Kue Pancong

Kue pancong merupakan kue khas Betawi yang terbuat dari tepung beras, santan kelapa dan kelapa parut kasar. Di daerah lain, kue ini juga dikenal dengan nama gandos dan bandros.

Es Goyang

Sesuai namanya, es goyang dibuat dengan cara menggoyang gerobak agar adonan es membeku dengan rata. Es goyang khas Jakarta terbuat dari santan kelapa, gula pasir, perasa, dan tepung hunkue. Es goyang juga tersedia dalam berbagai varian rasa mulai dari alpukat, durian, coklat, dan banyak lagi.

Kembang goyang

Kembang Goyang merupakan salah satu kue tradisional khas Betawi. Kembang goyang terbuat dari tepung beras yang digoreng dengan cetakan berbentuk bunga. Ketika akan digoreng, cetakan digoyang-goyangkan di atas minyak panas. Tampilan kembang goyang juga menyerupai hiasan kembang goyang yang biasa digunakan oleh pengantin wanita Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.