Sukses

6 Cara Membuat Kepang Rambut Berbagai Model, Modis dan Manis

Kepang rambut ini modis dan membuat tampilan lebih manis.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat kepang rambut menjadi andalan gaya rambut wanita. Megepang rambut merupakan cara mudah untuk membuat tampilan rambut nampak stylish. Ada banyak cara membuat kepang rambut yang bisa dicoba.

Cara membuat kepang rambut adalah pilihan gaya rambut yang tak pernah ketinggalan zaman. Kamu mungkin bosan dengan cara membuat kepang rambut yang biasa-biasa saja. Padahal, cara membuat kepang rambut bisa dikreasikan menjadi gaya yang modis dan membuat tampilan lebih manis.

Cara membuat kepang rambut juga punya sejumlah model dengan beragam bentuk. Kamu bisa mempraktikkan cara membuat kepang rambut sendiri di rumah. Berikut cara membuat kepang rambut dengan berbagai model, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(30/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Kepang klasik

Kepang klasik atau tradisional merupakan cara membuat kepang rambut yang sangat umum dilakukan. Kepang ini juga kerap disebut kepang dasar yang banyak digunakan dalam gaya rambut. Berikut cara membuat kepang rambut klasik:

1. Sisir rambut sampai halus dan tidak kusut.

2. Bagi rambut menjadi tiga bagian yang sama.

3. Ambil bagian kanan dengan tangan kanan dan bagian kiri dengan tangan kiri, dan bagian tengah dibiarkan dulu. Pegang rambut di tangan kanan dan kiri antara telapak dan jari tengah, jari manis, dan kelingking, sementara telunjuk dan ibu jari tetap bebas.

4. Silangkah bagian kiri melewati bagian tengah. Dengan telunjuk dan ibu jari tangan kiri, ambil bagian tengah rambut. Dengan telunjuk dan ibu jari tangan kanan, ambil bagian kiri rambut yang ditahan di telapak tangan kiri. Bagian kiri yang asli sekarang adalah bagian tengah.

5. Lakukan berulang sampai rambut habis terkepang.

6. Ikat ujung rambut dengan karet atau ikat rambut.

3 dari 7 halaman

Kepang Perancis

Kepang Perancis juga sering disebut dengan kelabang tempel. Berikut cara membuat kepang rambut Perancis:wes 2

1. Mulailah dengan mengumpulkan bagian atas rambut seolah-olah kamu hanya mengikatnya untuk tampilan setengah ke atas, setengah ke bawah.

2. Selanjutnya, bagi bagian itu menjadi tiga bagian yang sama.

3. Mulailah dengan mengepang tiga bagian secara teratur.

4. Di sinilah kepangan Prancis dimulai. Sebelum melanjutkan kepangan, ambil satu bagian rambut dari sisi kepala. Gabungkan bagian yang baru saja kamu ambil dengan bagian rambut yang akan dikepang. Lalu kepang satu bagian itu.

5. Dalam contoh, bagian paling kanan dari rambut ditambahkan, dan dipindahkan ke tengah, sedangkan bagian yang sebelumnya di tengah sekarang bergerak ke posisi paling kanan.

6. Kemudian, ulangi pada sisi yang berlawanan. Ide dasarnya adalah bahwa beberapa rambut akan ditambahkan ke satu sisi kepang, dan kemudian bagian itu akan melintang dengan bagian tengah sebelum proses diulangi di sisi yang berlawanan. Untuk kepangan yang lebih tipis, ambil bagian rambut yang lebih kecil. Untuk kepangan yang lebih tebal, ambil bagian yang lebih besar.

7. Lanjutkan menambahkan lebih banyak kepang saat bergerak ke bawah kepala hingga mencapai tengkuk.

4 dari 7 halaman

Kepang Belanda

Kepang Belanda juga dikenal sebagai kepang terbalik. Berikut cara membuat kepang rambut Belanda:

1. Buat belahan di samping, sejajar dengan pelipis kanan atau kiri. Setelah itu, ambil bagian depan rambut dan bagi menjadi tiga bagian seperti membuat kepangan biasa.

2. Kepang rambut dengan menyilangkan bagian kanan ke tengah (silangkan dari bawah), sehingga bagian tengah berada di kanan. Kemudian silangkan bagian kiri ke tengah (silangkan dari bawah), sehingga bagian tengah berubah menjadi kiri. Silangkan terus sampai beberapa baris, kemudian ambil sejumput rambut dan satukan dengan tiga bagian rambut yang dikepang.

3. Sertakan juga rambut bagian belakang dalam setiap silangan. Lakukan terus menerus hingga mencapai bagian bawah rambut. Lalu ikat dengan karet rambut.

4. Regangkan kepang yang sudah kamu buat dari pangkal hingga ujung. Tujuannya adalah membuat kepang tampak lebih bervolume.

5 dari 7 halaman

Kepang fish tail

Kepang fish tail atau ekor ikan memiliki tampilan kepangan kecil yang rapat. Berikut cara membuat kepang rambut fish tail:

1. Belah rambut menjadi dua bagian yang sama tebalnya.

2. Ambil sebagian kecil rambut dari sisi belakang bagian kanan rambut, bawa ke depan, dan letakkan di sisi kiri.

3. Kumpulkan bagian yang dilewati dari bagian kanan rambut ke bagian kiri rambut. Jika itu membantu untuk lebih memegang bagian yang baru saja dipindahkan, kumpulkan di bawah bagian kiri.

4. Sekarang lakukan hal yang sama persis kecuali di sisi yang berlawanan.

5. Lanjutkan melewati bagian rambut bolak-balik dari kanan ke kiri dan sebaliknya sampai mencapai bagian bawah rambut.

 

6 dari 7 halaman

Kepang air terjun

1. Ambil sebagian kecil rambut dan arahkan ke depan wajah. Ambil dari bagian rambut yang terdekat dengan belahan rambut dan wajah. Bagi menjadi tiga bagian sama rata, lalu kepanglah menjadi satu atau dua baris.

2. Ambil sejumput rambut baru dan sertakan ke dalam kepangan seperti membuat kepang Perancis.

3. Ambil bagian yang baru dari bawah. Masukkan bagian rambut yang baru ke dalam kepangan dari bawahnya. Ambil bagian baru yang kedua dari bawah dan belakang kepangan. Lepaskan bagian bawah kepangan yang sekarang dan biarkan tergantung pada sisi kepala.

4. Buatlah satu kepangan baru degan bagian bawah yang baru. Tinggalkan bagian bawah yang lama.

5. Ulangi teknik kepangan hingga panjang yang diinginkan. Lanjutkan dengan memasukkan bagian rambut yang baru dengan teknik yang sama. Kepang terus rambut dengan cara ini sampai ke bagian belakang kepala. Ingat baik-baik, setiap bagian rambut yang diambil dari atas kepangan harus dijalin dengan bagian atas yang sebelumnya. Selain itu, setiap bagian rambut baru yang diambil dari bawah harus dijalin ke dalam kepangan.

6. Ikat ujung kepangan dengan karet rambut. Sisir rambut yang tergantung dari bawah kepangan untuk merapikannya.

7 dari 7 halaman

Kepang mahkota

1. Pisahkan rambut di tengah menjadi dua bagian yang sama.

2. Mulai dengan sisi kiri, ambil segenggam rambut dan pisahkan menjadi tiga bagian.

3. Lakukan kepangan model kepang Belanda.

4. Lanjutkan mengepang rambut dan kencangkan di bagian atas kepala.

5. Di sisi kanan, buat kepang Belanda kedua (ikuti langkah 2 hingga 4 di atas) dan lilitkan di kepala di sisi yang berlawanan, pastikan keduanya bertemu.

6. Sematkan jepit atau pin ujung di sekitar kepang pertama dan jepit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini