Sukses

Distorsi adalah Perubahan Makna atau Karakteristik, Kenali Artinya

Distorsi adalah istilah yang terkait dengan perubahan makna.

Liputan6.com, Jakarta Distorsi adalah istilah yang terkait dengan perubahan makna. Sesuatu yang terdistorsi akan mengalami perubahan dari bentuk aslinya. Kata distorsi adalah istilah yang sering digunakan dalam beragam bidang pengetahuan.

Dalam penyampaian pesan misalnya, distorsi adalah penyebab dari kesalahan persepsi. Dalam bidang lain seperti fisika, distorsi adalah perubahan bentuk asli ke bentuk lain yang tidak dikenali. Pada dasarnya, distorsi adalah proses yang menyebabkan perubahan akan suatu hal.

Distorsi adalah efek yang tidak diinginkan. Tapi, dalam konteks tertentu, distorsi adalah sesuatu yang dilakukan secara sengaja. Berikut pengertian tentang distorsi dan maknanya dalam berbagai bidang, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (5/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Pengertian distorsi secara umum

Menurut KBBI, distorsi adalah pemutarbalikan suatu fakta, aturan, dan sebagainya. Distorsi bisa diartikan sebagai penyimpangan makna. Distorsi adalah perubahan bentuk asli atau karakteristik lain dari sesuatu.

Menurut Kamus Merriam-Webster, distorsi adalah tindakan memutar atau mengubah sesuatu dari keadaan aslinya. Menurut Cambrdige Dictonary, distorsi adalah sebuah perubahan sengaja dari makna atau sesuatu. Distorsi berarti perubahan atau pemutaran berlebihan yang membuat sesuatu tampak berbeda dari sebenarnya.

Distorsi menunjukkan perubahan bentuk asli dari suatu objek, gambar, suara, atau bentuk gelombang. Seseorang bisa mendistorsi gambar, pikiran, atau bahkan ide. Distorsi adalah istilah yang digunakan dalam beragam bahasan. Misalnya dalam komunikasi, audio, fisika, hingga ekonomi.

3 dari 7 halaman

Distorsi dalam komunikasi

Menurut Thomas Klikauer, dalam artikel jurnalnya berjudul Distorted Communication, dalam komunikasi, distorsi adalah kelainan atau anomali linguistik yang menyimpang atau menyimpang dari makna tanda yang sebenarnya. Mendistorsi pesan berarti membuatnya tidak berbentuk.

Distorsi berdampak pada bahasa yang digunakan. Distorsi yang disengaja mengubah persepsi pesan, sehingga memungkinkan kesalahan representasi yang dirancang sebelumnya dan disengaja dari tanda yang dikomunikasikan.

Distorsi adalah kata yang mengacu pada cara-cara di mana hal-hal dapat menjadi membingungkan atau berubah hingga sulit dikenali. Distorsi pesan terjadi setiap kali pesan yang dikirim oleh salah satu komunikator ditafsirkan secara berbeda oleh orang yang menerima pesan tersebut. Contoh distorsi pesan sering terjadi pada pekerjaan ketika seseorang salah menafsirkan instruksi tentang menyelesaikan tugas.

4 dari 7 halaman

Distorsi dalam psikologi

Sebuah distorsi kognitif adalah pola pikir berlebihan atau irasional. Distorsi kognitif adalah pikiran yang menyebabkan individu mempersepsikan realitas secara tidak akurat. Menurut model kognitif Aaron T. Beck pandangan negatif tentang realitas, kadang-kadang disebut skema negatif merupakan faktor dalam gejala disfungsi emosional dan kesejahteraan subjektif yang lebih buruk.

Secara khusus, pola berpikir negatif memperkuat emosi dan pikiran negatif. Selama keadaan sulit, pikiran yang terdistorsi ini dapat berkontribusi pada pandangan negatif secara keseluruhan tentang dunia dan keadaan mental yang depresif atau cemas. Menantang dan mengubah distorsi kognitif adalah elemen kunci dari terapi perilaku kognitif (CBT).

5 dari 7 halaman

Distorsi dalam gelombang panas

Panas dari jalan raya menciptakan distorsi dalam cara benda-benda di kejauhan muncul. Benda-benda ini akan terlihat bergoyang dan menari. Panas menciptakan distorsi bergelombang di udara yang mengguncang citra benda-benda di luarnya.

Distorsi panas disebabkan ketika cahaya dibiaskan melalui udara dengan kepadatan yang berbeda. Udara panas kurang padat daripada udara dingin, sehingga gelombang cahaya dibelokkan secara berbeda di udara panas versus dingin. Hasilnya adalah gelombang panas yang terlihat ketika ada perbedaan suhu yang signifikan antara tanah dan udara di atasnya.

6 dari 7 halaman

Distorsi dalam ekonomi

Dalam ekonomi neoklasik, ada istilah tentang distorsi pasar. Distorsi pasar adalah setiap peristiwa di mana pasar mencapai harga kliring pasar untuk item yang secara substansial berbeda dari harga yang akan dicapai pasar. Ini terjadi saat beroperasi di bawah kondisi persaingan sempurna dan penegakan kontrak hukum dan kepemilikan negara. dari milik pribadi.

Sebuah distorsi adalah setiap keberangkatan dari ideal persaingan sempurna oleh karena itu mengganggu agen ekonomi memaksimalkan kesejahteraan sosial ketika mereka memaksimalkan mereka sendiri. ajak pendapatan-upah proporsional, misalnya, bersifat distorsi.

7 dari 7 halaman

Distorsi dalam musik

Dalam musik, distorsi adalah bentuk pemrosesan sinyal audio yang digunakan untuk mengubah suara instrumen musik listrik yang diperkuat. Ini biasanya dilakukan dengan meningkatkan penguatannya, menghasilkan nada "kabur", "geram", atau "pasir". Distorsi paling sering digunakan dengan gitar listrik, tetapi juga dapat digunakan dengan instrumen listrik lainnya seperti bass listrik, piano listrik, dan organ Hammond.

Beberapa pemain gitar lebih menyukai distorsi. Mereka memasang instrumen mereka ke ampli dan pedal yang memutar dan meregangkan suara sedemikian rupa sehingga pendengar bahkan mungkin tidak mengenali sumbernya sebagai gitar.

Gitaris yang memainkan blues elektrik awalnya memperoleh suara overdrive dengan menaikkan amplifier gitar bertenaga tabung vakum ke volume tinggi, yang menyebabkan sinyal menjadi terdistorsi. Nada menggeram dari gitar listrik terdistorsi adalah bagian penting dari banyak genre, termasuk blues dan banyak genre musik rock.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.