Sukses

Apa yang Dimaksud dengan Globalisasi? Pahami dari Beragam Aspek

Globalisasi memberi dampak luar biasa bagi dunia.

Liputan6.com, Jakarta Apa yang dimaksud dengan globalisasi merupakan proses sosial yang sedang terjadi saat ini. Globalisasi memberi dampak luar biasa bagi dunia. Melalui apa yang dimaksud dengan globalisasi, dunia lebih terhubung dari sebelumnya.

Apa yang dimaksud dengan globalisasi merupakan fenomena sosial, budaya, politik, dan hukum. Apa yang dimaksud dengan globalisasi telah menciptakan istilah "dunia tanpa batas". Dengan globalisasi, kini segala kebutuhan manusia dipenuhi dengan mudah.

Salah satu efek dari apa yang dimaksud dengan globalisasi adalah mendorong dan meningkatkan interaksi antara berbagai wilayah dan populasi di seluruh dunia. Kini, apa yang dimaksud dengan globalisasi meningkatkan interaksi antara berbagai wilayah dan populasi di seluruh dunia?

Berikut penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan globalisasi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(27/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Apa yang dimaksud dengan globalisasi?

Globalisasi adalah proses yang sedang terjadi saat ini. Apa yang dimaksud dengan globalisasi adalah proses sosial di mana terjadi penyebaran unsur seperti teknologi, informasi, dan pekerjaan, secara global. Proses globalisasi melintasi batas-batas negara dan budaya.

Menurut WHO, globalisasi dapat didefinisikan sebagai “peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antar masyarakat dan negara. Secara umum dipahami untuk memasukkan dua elemen yang saling terkait: pembukaan perbatasan internasional untuk arus barang, jasa, keuangan, manusia, dan gagasan yang semakin cepat; dan perubahan lembaga dan kebijakan di tingkat nasional dan internasional yang memfasilitasi atau mendorong arus tersebut.”

Secara singkat, apa yang dimaksud dengan globalisasi berarti percepatan pergerakan dan pertukaran baik itu mmanusia, barang, dan jasa, modal, teknologi atau praktik budaya di dunia.

3 dari 7 halaman

Globalisasi ditinjau dari beragam aspek

Globalisasi menurut ilmu sosial budaya

Melansir Investopedia, secara sosial, apa yang dimaksud dengan globalisasi mengarah pada interaksi yang lebih besar di antara berbagai populasi. Secara budaya, globalisasi merepresentasikan pertukaran ide, nilai, dan ekspresi seni antar budaya. Globalisasi juga merupakan tren menuju perkembangan budaya dunia tunggal.

Globalisasi menurut aspek politis

Secara politis, globalisasi telah mengalihkan perhatian ke organisasi antar pemerintah seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Globalisasi menurut aspek hukum

Secara hukum, globalisasi telah mengubah cara hukum internasional dibuat dan ditegakkan.

4 dari 7 halaman

Globalisasi ditinjau dari beragam aspek

Globalisasi menurut aspek ekonomi

Menurut Committee for Development Policy, (sebuah badan tambahan dari PBB), dari sudut pandang ekonomi, apa yang dimaksud dengan globalisasi adalah meningkatnya saling ketergantungan ekonomi dunia sebagai akibat dari skala pertumbuhan lintas perdagangan, perbatasan komoditas dan jasa, aliran modal internasional dan penyebaran teknologi yang luas dan cepat.

Ini mencerminkan perluasan yang berkelanjutan dan integrasi timbal balik dari batas-batas pasar. Pentingnya informasi yang berkembang pesat dalam semua jenis kegiatan produktif dan pemasaran adalah dua kekuatan pendorong utama untuk globalisasi ekonomi.

Globalisasi menurut aspek geografis

Dalam geografi, globalisasi didefinisikan sebagai serangkaian proses (ekonomi, sosial, budaya, teknologi, kelembagaan) yang berkontribusi pada hubungan antara masyarakat dan individu di seluruh dunia. Ini adalah proses progresif di mana pertukaran dan arus antara berbagai belahan dunia diintensifkan.

 

5 dari 7 halaman

Globalisasi menurut ahli

Anthony Giddens

Menurut Giddens, apa yang dimaksud dengan globalisasi adalah intensifikasi hubungan sosial yang menghubungkan tempat-tempat jauh sehingga peristiwa disuatu tempat dapat dipengaruhi oleh peristiwa yang terjadi di tempat lain sekian kilometer jauhnya dan sebaliknya.

Malcon Waters

Globalisasi adalah proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, yang terjelma didalam kesadaran orang.

Thomas Larsson

Globalisasi adalah proses penyusutan dunia sehingga jarak semakin pendek dan segala hal terasa semakin dekat. Globalisasi mengacu pada semakin mudahnya interaksi antara seseorang disuatu tempat dengan orang lain di belahan dunia yang lain.

Roland Robertson

Globalisasi adalah proses intergrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek kebudayaan lainya.

Tomlinson

Apa yang dimaksud dengan globalisasi adalah suatu penyusutan jarak yang ditempuh dan pengurangan waktu yang diambil dalam menjalankan berbagai aktifitas sehari-hari, baik secara fisik (seperti perjalanan melalui udara) atau secara perwakilan (seperti penghataran informasi dan gambar menggunakan media elektronik), untuk menyebrangi mereka.

 

6 dari 7 halaman

Keuntungan globalisasi

Masuknya budaya baru

Apa yang dimaksud dengan globalisasi membuat lebih mudah dari sebelumnya untuk mengakses budaya asing, termasuk makanan, film, musik, dan seni. Globalisasi membuat pertukaran budaya sangat mudah dilakukan.

Penyebaran teknologi dan inovasi

Banyak negara di seluruh dunia tetap terhubung secara konstan, sehingga pengetahuan dan kemajuan teknologi berjalan dengan cepat. Karena pengetahuan juga berpindah begitu cepat, ini berarti kemajuan ilmiah yang dibuat satu negara dapat diterapkan di negara lain dalam hitungan hari.

Menurunkan biaya

Globalisasi memungkinkan perusahaan menemukan cara berbiaya lebih rendah untuk memproduksi produk mereka. Ini juga meningkatkan persaingan global, yang mendorong harga turun dan menciptakan lebih banyak pilihan bagi konsumen. Biaya yang lebih rendah membantu orang-orang di negara berkembang dan sudah maju hidup lebih baik dengan lebih sedikit uang.

Akses ke pasar baru

Bisnis mendapatkan banyak keuntungan dari globalisasi, termasuk pelanggan baru dan aliran pendapatan yang beragam . Perusahaan yang tertarik dengan manfaat ini mencari cara yang fleksibel dan inovatif untuk mengembangkan bisnis mereka di luar negeri.

Akses ke bakat baru

Selain pasar baru, globalisasi memungkinkan seseorang menemukan bakat khusus baru yang tidak tersedia di pasar mereka saat ini. Misalnya, globalisasi memberi seseorang kesempatan untuk mengeksplorasi bakat teknologi di pasar yang sedang booming.

7 dari 7 halaman

Kelemahan globalisasi

Pertumbuhan ekonomi yang tidak merata

Sementara globalisasi cenderung meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi banyak negara, negara-negara kaya seringkali lebih diuntungkan daripada negara-negara berkembang.

Meningkatkan potensi resesi global

Ketika sistem ekonomi banyak negara menjadi saling bergantung, kemungkinan resesi global meningkat secara dramatis. Ini karena jika ekonomi satu negara mulai bermasalah, ini dapat memicu reaksi berantai yang dapat mempengaruhi banyak negara lain secara bersamaan, menyebabkan krisis keuangan di seluruh dunia.

Mengeksploitasi pasar tenaga kerja yang lebih murah

Apa yang dimaksud dengan globalisasi memungkinkan bisnis untuk meningkatkan lapangan kerja dan peluang ekonomi di negara berkembang, di mana biaya tenaga kerja seringkali lebih murah. Namun, pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan di negara-negara ini mungkin lambat atau stagnan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.