Sukses

15 Macam-Macam Bunga Hias Gantung, Kenali Karakteristik dan Namanya

Rekomendasi macam-macam bunga hias gantung.

Liputan6.com, Jakarta Memutuskan untuk menggeluti hobi menanam bunga hias gantung, wajib tahu macam-macamnya terlebih dahulu. Macam-macam bunga hias gantung yang populer dibudidayakan di Indonesia lebih kurang ada lima belas.

Ada pula macam-macam bunga hias gantung yang cocok ditanam di tempat yang panas. Selain itu, macam-macam bunga hias gantung ada pula yang tumbuhnya merambat. Ada pula yang tumbuh seperti tanaman hias biasa tetapi bunganya menggantung.

Menanam macam-macam bunga hias gantung bukan sesuatu hal yang mudah, harus lebih telaten karena perawatannya lebih sulit dari tanaman hias biasa. Berikut Liputan6.com ulas macam-macam bunga hias gantung dari BRILIO.net, Kamis (14/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Bunga Hias Gantung

1. Bunga Hias Gantung Anggrek

Di Indonesia, anggrek dikatakan oleh para Ilmuwan ada lebih dari lima ribu spesies asli. Dua puluh di antara macam-macam bunga hias gantung yang anggrek sangat cocok dibudidayakan para kolektornya. 

Ada bunga anggrek ketuban, hartinah, jamrud,  tebu, kantung kolopaking, monyet, ki aksara, bintang, cattleya, dedrobium Iriana Jokowi, vanda douglas, papua paphiopedilum, pandan, pensil, jingga, larat, kasut kumis, selop, sendok, dan serat.

Dari lima ribu spesies macam-macam bunga hias gantung yang anggrek, sekitar 986 spesies tersebar di hutan pulau Jawa, 971 spesies berada di Sumatera, 113 spesies tumbuh di Maluku, dan sisanya dapat ditemukan di Sutawesi, Papua, Nusa Tenggara, serta Kalimantan.

2. Bunga Hias Gantung Begonia

Begonia merupakan macam-macam bunga hias gantung dengan habitat asli di daerah tropis. Meskipun tahan cuaca panas, sebaiknya letakkan tanaman hias gantung ini di tempat yang teduh agar kelembapan bunganya bisa terjaga.

Untuk macam-macam bunga hias gantung begonia sendiri, ada beberapa variasi, dari dedaunan begonia hingga pucuk bunga begonia dalam aneka warna dan bentuk yang cocok untuk tanaman gantung. Salah satu yang paling terkenal adalah Begonia Rex dengan bentuk daun yang besar dan didominasi dengan warna hijau dan merah yang menarik.

3. Bunga Hias Gantung Fuchsia

Di Indonesia tanaman Fuchsia dikenal dengan sebutan macam-macam bunga hias gantung yang mirip anting-anting. Sesuai dengan sebutannya, tanaman bunga gantung yang satu ini memang cocok untuk tanaman gantung karena posisinya mirip dengan anting-anting. Macam-macam bunga hias gantung ini bisa tumbuh subur dan mekar sepanjang tahun. Jenis dan warnanya pun sangat beragam dari putih, pink, ungu, dan merah.

4. Bunga Hias Gantung Zygocactus

Zygocactus adalah macam-macam bunga hias gantung yang cocok di tempat panas. Zygocactus merupakan salah satu jenis kaktus yang tumbuh di dahan pepohonan atau di celah batuan lereng gunung.

Macam-macam bunga hias gantung ini cocok ditanam di pot gantung karena bunganya yang indah dan tumbuh menggantung. Meski perawatannya lumayan sulit namun tanaman ini bisa sangat awet karena tahan terhadap panas.

5. Bunga Hias Gantung Sirih Gading

Tanaman sirih gading jadi salah satu macam-macam bunga hias gantung yang tengah naik daun. Tanaman ini gampang dalam perawatannya, baik ditanam dengan media tanam tanah maupun air.

Berkat corak putih di daunnya, macam-macam bunga hias gantung yang sirih gading kerap disebut sebagai sirih Belanda oleh masyarakat Indonesia. Jenis tanaman ini tak berbunga dan hanya tumbuh batang daun yang menjuntai ke bawah. Sirih gading dapat dijadikan tanaman hias untuk memberikan kesan asri dan indah.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Bunga Hias Gantung

6. Bunga Hias Gantung Hoya

Hoya merupakan macam-macam bunga hias gantung yang mempunyai sekitar 200-300 spesies. Tanaman ini adalah tumbuhan tropis yang termasuk dalam keluarga dogbane, apocynaceae. Jika sudah tumbuh subur, daunya akan menjuntai indah, dan memiliki bunga yang berwarna-warni.

Macam-macam bunga hias gantung ini berbentuk seperti pola bintang dengan permukaan semi glossy. Bahkan terkadang hoya kerap dikira sebagai bunga replika jika dilihat sepintas. Biasanya bunganya tumbuh dalam satu rumpun yang nyaris berbentuk bola.

7. Bunga Hias Gantung English Ivy

English ivy adalah macam-macam bunga hias gantung yang masuk dalam keluarga Araliaceae. Daun english ivy menghasilkan warna unik, yakni perpaduan hijau dan putih kekuningan.

Macam-macam bunga hias gantung merambat ini cocok dijadikan sebagai vertikal garden. English ivi juga menyukai area lembab ini, memiliki bunga berdiameter 5 cm dan mekar dari musim panas hingga musim gugur.

8. Bunga Hias Gantung Sansevieria

Sansevieria merupakan macam-macam bunga hias gantung yang masuk dalam jenis variegata. Tanaman ini terdapat beragam ukuran daun yang terdiri dari bentuk daun, panjang dan lebar daun.

Sansevieria dapat beradaptasi di tempat yang penuh dengan cahaya atau minim cahaya. Biasanya perbedaan dari indukan ke anakan akibat mengalami mutasi. Sehingga wajar harga tanaman ini terbilang mahal.

9. Bunga Hias Gantung Calathea

Tanaman hias calathea berasal dari Amerika Selatan ini memiliki daun yang lebar dan cantik. Rupanya ada banyak macam-macam bunga hias gantung calathea dan tiap jenis memiliki keunikan masing-masing yang membuatnya beda dari tanaman lain.

Salah satu yang menarik yaitu macam-macam bunga hias gantung calathea yang berwarna ungu kemerahan di bagian bawahnya. Perpaduan warna ungu, pink, serta hijau pada daun calathea tampak serasi. Macam-macam bunga hias gantung ini biasanya digunakan sebagai hiasan dalam ruangan untuk memberikan warna yang berbeda.

10. Bunga Hias Gantung Monstera

Monstera atau yang dikenal dengan janda bolong merupakan salah satu macam-macam bunga hias gantung variegata yang paling populer. Seperti namanya, tanaman ini memiliki ciri khas pada daunnya yang bolong-bolong.

Tanaman monstera variegata umumnya berdaun perpaduan hijau putih. Semakin unik serta langka warnanya, semakin tinggi juga harga jualnya. Belakangan tanaman ini bisa dibanderol hingga ratusan juta rupiah.

 

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Bunga Hias Gantung

11. Bunga Hias Gantung Pukul Sembilan

Bunga Portulaca juga dikenal dengan sebutan bunga pukul sembilan. Sekilas macam-macam bunga hias gantung ini menyerupai tanaman krokot. Bentuknya pendek, dengan rumput berbunga dan berwarna-warni menjadikan tanaman ini cocok dijadikan tanaman hias gantung di rumah. Tanaman ini dapat hidup dan bisa berbunga cepat tanpa membutuhkan banyak usaha penyiraman.

12. Bunga Hias Gantung Ekor Kucing

Tanaman hias gantung Acalypha memiliki bentuk bunga eksotis yang berbulu dan berbentuk seperti kumpulan ekor kucing berwarna merah. Ekor kucing adalah macam-macam bunga hias gantung yang termasuk kelompok tanaman semak berkayu.

Tanaman ini mempunyai ciri-ciri pertumbuhan yang cepat. Tumbuhan ini bisa merambat panjang ke bawah, disarankan untuk menggantungnya di area yang tinggi. Tanaman hias berbunga tersebut dapat tumbuh secara maksimal di temperatur yang panas dan lembap

13. Bunga Hias Gantung Lantana

Tanaman yang berasal dari benua Amerika ini di habitat asalnya tumbuh liar dan menjalar di dinding, maupun pagar. Macam-macam bunga hias gantung menjalar ini dijadikan tanaman hias gantung karena warna bunganya yang indah dan berbentuk payung. Untuk merawat tanaman ini juga sangat mudah, serta bunga lantana bisa tumbuh dengan cepat sesuai kondisi iklim.

14. Bunga Hias Gantung Rubber Plant

Rubber plant adalah macam-macam bunga hias gantung yang termasuk dari genus Ficus. Rubber plant atau Karet Kebo yang memiliki banyak macam ini, memiliki sebutan nama yang berbeda-beda. Terdapat keunikan dari rubber plant dimana memiliki daun berbentuk lonjong dan meruncing pada bagian pangkal hingga ujung.

15. Bunga Hias Gantung Philodendron

Terdapat beragam variasi philodendron dengan corak dan warna dramatis. Beberapa yang paling populer di antaranya yaitu heartleaf philodendron, lacy tree philodendron, dan red-leaf philodendron.

Macam-macam bunga hias gantung tropis ini juga memiliki kemampuan yang efektif untuk membantu membersihkan udara yang kita hirup. Sehingga philodendron bagus dijadikan dekorasi indoor ataupun outdoor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.