Sukses

5 Manfaat Lilin Aromaterapi dan Risiko Bahayanya, Ketahui Cara Pakai yang Aman

Meski banyak manfaat lilin aromaterapi, ada juga risiko bahaya yang bisa timbul.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang cukup gemar bahkan terobsesi untuk mendapatkan manfaat lilin aromaterapi dalam rangka menghilangkan stres dan mendapatkan ketenangan. Akan tetapi, tidak jarang juga yang menganggap ada bahaya lilin aromaterapi yang mengancam kesehatan.

Manfaat lilin aromaterapi sendiri memang sangat berguna untuk mengeluarkan aroma yang bisa menimbulkan rasa tenang, bahkan sampai dianggap mampu meredakan serta menghilangkan stres.

Sebenarnya, manfaat lilin aromaterapi sendiri berasal dari kandungan aromaterapi dalam lilin tersebut yang akan menguap ketika dibakar. Lalu uap tersebut yang akan mengisi udara pada area sekitarnya. Hingga akhirnya udara yang sudah terisi uap lilin tersebut akan menimbulkan bau yang khas.

Ada berbagai manfaat lilin aromaterapi serta kemungkinan bahayanya yang sangat perlu diketahui. Berikut ini Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber mengenai hal tersebut, Sabtu (9/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Menurunkan Stres

Melansir Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat Kementerian Pertanian Republik Indonesia, manfaat lilin aromaterapi yang pertama dan paling dikenal oleh banyak kalangan adalah mampu membantu menurunkan kadar stres.

Lilin aromaterapi lavender salah satu yang sangat direkomendasikan apabila ingin merelaksasi tubuh. Bahkan kegiatan yoga sering menggunakan lilin aromaterapi ini untuk menciptakan keadaan relaksasi yang lebih dalam.

Biasanya, selain menggunakan minyak lavender, penggunaan campuran minyak esensial lain, seperti cendana, mawar, serta kenanga juga sangat ideal dalam membantu mengurangi stres yang sering timbul.

3 dari 8 halaman

2. Mengatasi Insomnia

Kemudian, manfaat lilin aromaterapi juga berguna untuk mengatasi insomnia. Salah satu yang populer untuk mengatasi insomnia adalah aroma clary sage. Aroma tersebut bisa membantu Anda untuk tidur lebih cepat. Kemudian, penggunaan aroma chamomile juga cukup direkomendasikan karena tidak kalah efektif untuk mengurangi rasa gelisah.

4 dari 8 halaman

3. Bantu Menjaga Konsentrasi

Selain mampu mencegah insomnia, manfaat lilin aromaterapi juga baik dalam menjaga konsentrasi. Salah satu pilihan yang tepat adalah lilin dengan aroma citrus. Aroma tersebut diklaim sukup efektif dalam menjaga konsentrasi.

Selain aroma citrus, penggunaan aroma seperti basil, thyme, serta cypress juga tidak kalah efektif dan sangat direkomendasikan, karena aroma tersebut mampu mendorong refleksi serta menuntun pikiran agar lebih mendalam.

5 dari 8 halaman

4. Atasi Tekanan dan Nyeri Otot

Penggunaan aroma peppermint dipercaya sempurna dalam mengatasi permasalahan pada otot. Pasalnya, aroma tersebut akan sangat membantu untuk mengatasi rasa sakit pada kepala, nyeri otot, bahkan masalah pada pencernaan. Anda juga dapat mempertimbangkan penggunaan lilin dengan aroma jeruk serta kayu manis. Aroma tersebut tidak kalah ampuh untuk meningkatkan energi.

6 dari 8 halaman

5. Atasi Alergi serta Infeksi

Dilansir Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat Kementerian Pertanian Republik Indonesia, manfaat lilin aromaterapi kayu putih dipercaya akan membantu untuk hilangkan alergi serta berbagai infeksi yang dialami oleh seseorang.

Kemudian, lilin dengan aroma tersebut juga sangat mampu untuk mengatasi kelelahan atau pusing akibat bau yang kuat dan menyengat, seperti aroma kapur barus.

7 dari 8 halaman

Bahaya Lilin Aromaterapi untuk Kesehatan

Meski ada beragam manfaat lilin aromaterapi seperti yang sudah disebutkan di atas, tapi ternyata ada risiko bahaya lilin aromaterapi yang bisa mengancam kesehatan. Melansir Klikdokter, bahkan para ahli mengatakan jika penggunaan lilin aromaterapi dapat membahayakan kesehatan serta lingkungan.

Pasalnya, bahan yang digunakan dalam lilin aromaterapi berpotensi untuk menghasilkan racun yang membahayakan tubuh ketika dihirup. Akan tetapi, tentu tidak semua jenis lilin aromaterapi akan menimbulkan potensi tersebut.

Agar terhindar dari bahaya lilin aromaterapi tersebut, ada baiknya Anda lebih kritis dan waspada, serta perlu untuk menelaah lebih lanjut mengenai bahan yang terkandung di dalam lilin yang digunakan untuk membuat lilin aromaterapi tersebut.

Bahkan, untuk menanggulangi bahaya lilin aromaterapi tersebut, di beberapa negara maju seperti Inggris, perusahaan yang memproduksi lilin aromaterapi sudah diminta pemerintah untuk mengurangi emisi yang timbul dari lilin tersebut. Selain itu, pemerintah juga meminta para perusahaan lilin aromaterapi agar selalu memberikan peringatan pada para konsumen setianya mengenai dampak negatif dari produk yang dijual bagi kesehatan.

Mengapa Inggris menerapkan hal tersebut? Pasalnya, cukup banyak penduduk di Inggris yang secara rutin menggunakan lilin aromaterapi dalam rangka mengharumkan tempat tinggal mereka.

Akan tetapi, jika melihat lebih jauh mengenai apa penyebab timbulnya bahaya lilin aromaterapi, hal ini tidak lain karena sebagian besar lilin aromaterapi terbuat dari paraffin wax. Bahan tersebut telah diteliti dan memang bisa mengeluarkan zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan paru.

Bahkan, risiko timbulnya bahaya lilin aromaterapi akan semakin tinggi apabila jenis lilin yang digunakan sumbunya dibuat dari sumbu berinti logam. Sebab, penggunaan bahan tersebut berpotensi melepaskan zat toxin yang sangat berbahaya bagi kesehatan paru.

8 dari 8 halaman

Cara Aman Menggunakan Lilin Aromaterapi

Melansir Klikdokter, supaya manfaat lilin aromaterapi bagi kesehatan mental tetap bisa didapatkan tanpa mengganggu kesehatan tubuh, maka coba untuk memilih lilin aromaterapi yang memang dibuat dari wax alami, seperti kedelai.

Penggunaan lilin aromaterapi alami ini lebih sedikit mengeluarkan jelaga serta zat kimia berbahaya dibanding dengan lilin yang terbuat dari paraffin wax.

Selain itu, pilih juga lilin aromaterapi yang punya sumbu pendek dan tidak menggunakan inti logam untuk mengurangi produksi polusi udara dan jelaga. Jangan lupa untuk mengecek kandungan yang tertera pada labelnya dan pastikan tidak ada zat berbahaya di dalamnya.

Kemudian, Anda juga perlu membatasi waktu penggunaan lilin aromaterapi untuk mengurangi jumlah zat kimia yang ada di dalam ruangan. Semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat meningkatkan kualitas hidup Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini