Sukses

Doa agar Dia Menjadi Jodoh Kita, Lakukan juga Amalan Ini

Doa agar dia menjadi jodoh kita tidak hanya sebatas permintaan untuk menemukan pasangan hidup yang tepat, melainkan juga sebagai usaha untuk mencari kesempurnaan spiritual.

Liputan6.com, Jakarta Doa agar dia menjadi jodoh kita banyak dicari pada kaum single. Jodoh adalah pasangan hidup yang banyak diharapkan untuk menjalani kehidupan bersama dalam ikatan pernikahan. Dalam beberapa agama dan budaya, jodoh dianggap sebagai anugerah atau karunia dari Tuhan yang diberikan sebagai bagian dari rencana-Nya untuk setiap individu.

Doa agar dia menjadi jodoh kita tidak hanya sebatas permintaan untuk menemukan pasangan hidup yang tepat, melainkan juga sebagai usaha untuk mencari kesempurnaan spiritual. Dalam doa, seseorang juga memohon agar Tuhan membimbing mereka dalam memilih pasangan hidup yang tepat, serta memberikan kekuatan untuk mempertahankan hubungan tersebut dengan baik.

Berikut doa agar dia menjadi jodoh kita yang Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (9/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Qs. Al-Furqan Ayat 74

وَالَّذِيْنَ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَّاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Artinya: Dan orang-orang yang berkata, “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.”

Doa agar dia menjadi jodoh kita ini dapat dilantunkan ketika selesai salat wirid, supaya Allah SWT bisa mengijabah keinginan untuk mendapatkan seorang pasangan yang ideal, dan sehidup sesurga.

2. Qs. Al-Anbiya Ayat 89

وَزَكَرِيَّآ اِذْ نَادٰى رَبَّهٗ رَبِّ لَا تَذَرْنِيْ فَرْدًا وَّاَنْتَ خَيْرُ الْوٰرِثِيْنَ ۚ

Artinya: Dan (ingatlah kisah) Zakaria, ketika dia berdoa kepada Tuhannya, “Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan Engkaulah ahli waris yang terbaik.

Doa ini berasal dari kisah nabi Zakaria yang mengalami cobaan berupa belum mempunyai keturunan setelah beberapa puluh tahun. Meskipun begitu, doa itu juga dapat digunakan sebagai salah satu doa minta jodoh bagi orang yang belum dipertemukan jodoh atau pasangan hidupnya.

3. Qs. Al-Qasas Ayat 24

اَمِ اتَّخَذُوْا مِنْ دُوْنِهٖٓ اٰلِهَةً ۗقُلْ هَاتُوْا بُرْهَانَكُمْۚ هٰذَا ذِكْرُ مَنْ مَّعِيَ وَذِكْرُ مَنْ قَبْلِيْۗ بَلْ اَكْثَرُهُمْ لَا يَعْلَمُوْنَۙ الْحَقَّ فَهُمْ مُّعْرِضُوْنَفَسَقٰى لَهُمَا ثُمَّ تَوَلّٰىٓ اِلَى الظِّلِّ فَقَالَ رَبِّ اِنِّيْ لِمَآ اَنْزَلْتَ اِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيْرٌ

Artinya: Maka dia (Musa) memberi minum (ternak) kedua perempuan itu, kemudian dia kembali ke tempat yang teduh lalu berdoa, “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan (makanan) yang Engkau turunkan kepadaku.”

Selain memperoleh kebaikan, ayat ini juga dilantunkan sebagai salah satu doa agar dia menjadi jodoh kita. Kebaikan yang dimaksud pada ayat tersebut memiliki sifat universal, sehingga dapat juga diartikan bahwa kebaikan itu berbentuk seorang pasangan shalih maupun shalihah.

3 dari 4 halaman

4. Doa Minta Jodoh Untuk Perempuan

Berikut doa agar dia menjadi jodoh kita untuk perempuan.

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجًا طَيِّبًا وَيَكُوْنُ صَاحِبًا لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَة

Robbi hablii milladunka zaujan thoyyiban, wayakuuna shoohiban, lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.

Artinya: “Ya Robb, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.”

5. Doa Minta Jodoh Untuk Laki-laki

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجَةً طَيِّبَةً أَخْطُبُهَا وَأَتَزَوَّجُ بِهَا وَتَكُوْنُ صَاحِبَةً لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَةِ

Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuhaa wa atazawwaju biha watakunu shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.

Artinya: "Ya Robb, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.”

Doa agar dia menjadi jodoh kita ini bisa dilantunkan oleh seorang laki-laki ketika selesai salat, dan juga mengaju. 

4 dari 4 halaman

Amalan Mempercepat Datangnya Jodoh

Ada beberapa amalan yang dapat dilakukan supaya jodoh segera datang dengan izin Allah. Tak mengamalkan doa agar dia menjadi jodoh kita saja, ada beberapa amalan klain yang perlu dilakukan untuk mendapatkan jodoh. Sebab  doa tanpa adanya usaha akan menjadi sia-sia, sementara usaha tanpa berdoa akan menjadi sesuatu yang mustahil.

Ketika seseorang memanjatkan doa agar dia menjadi jodoh kita, tentunya seseorang akan memohon kepada Allah SWT untuk diberikan kemudahan dalam menemukan seorang pasangan hidup. Selain itu, ikhtiar perlu selalu dilakukan sebagai bentuk rasa berserah diri sendiri kepada Allah SWT, bahwa jodoh yang diberikan Allah, merupakan jodoh yang terbaik. Berikut adalah beberapa amalan yang dapat dilakukan agar jodoh segera datang.

1. Mengerjakan salat Tahajud di Sepertiga Malam

Mengerjakan salat tahajud merupakan salah satu salat sunnah yang biasa dikerjakan oleh Rasulullah SAW. Tak hanya itu saja, salat ini juga menjadi salah satu amalan baik yang dapat dikerjakan. Sebab, waktunya yang dikerjakan di sepertiga malam itu adalah momen berharga yang penuh berkah, dan sangat tepat untuk berdoa.

Sebagaimana yang telah tertulis dalam Qs. As-Sajdah Ayat 16-17, berikut. 

تَتَجَافٰى جُنُوْبُهُمْ عَنِ الْمَضَاجِعِ يَدْعُوْنَ رَبَّهُمْ خَوْفًا وَّطَمَعًاۖ وَّمِمَّا رَزَقْنٰهُمْ يُنْفِقُوْنَ

لَا تَعْلَمُ نَفْسٌ مَّآ اُخْفِيَ لَهُمْ مِّنْ قُرَّةِ اَعْيُنٍۚ جَزَاۤءًۢ بِمَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

Artinya: Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, mereka berdoa kepada Tuhannya dengan rasa takut dan penuh harap, dan mereka menginfakkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka. Maka tidak seorang pun mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka yaitu (bermacam-macam nikmat) yang menyenangkan hati sebagai balasan terhadap apa yang mereka kerjakan.

2. Melakukan salat Hajat

Sama halnya dengan salat tahajud, salat hajat juga merupakan salah satu salat sunnah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. salat sunnah ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai sebuah hajat atau keinginan yang ingin segera tercapai.

Dengan salah satunya yakni berdoa meminta jodoh. Jika salat hajat dilakukan dengan sungguh-sungguh, dan tulus, maka percayalah bahwa Allah akan mengabulkan permintaanmu. Waktu pelaksanaan salat ini bisa dilakukan pada sepertiga malam. 

3. Menjaga Wudhu dan Memelihara Salat Wajib Lima Waktu

Terdapat beberapa manfaat dalam berwudhu, salah satunya yaitu menjadikan wajah tampak lebih bersih, dan enak untuk dipandang, sebab tidak terlihat kusam. Selain itu, wudhu juga membuat seseorang terbebas dari segala hadas baik kecil maupun besar. Menjaga wudhu menjadi tindakan menjaga diri untuk tidak melakukan segala aktivitas atau kegiatan yang dapat berpotensi ke arah negatif, hingga akhirnya bisa menjerumuskan diri kepada dosa.

Tak hanya menjaga wudhu saja, memelihara salat wajib lima waktu juga perlu dilakukan. Salat lima waktu merupakan salah satu kewajiban paling utama yang perlu dilakukan bagi setiap muslim, baik dilakukan secara sendirian atau berjamaah. Melaksanakan salat wajib akan membuat mendekatkan diri kepada Allah SWT. dengan begitu segala yang diinginkan akan lebih mudah terkabul

4. Puasa Sunnah

Amalan keempat yang untuk mendekatkan diri sendiri kepada Allah SWT adalah dengan lewat pelaksanaan puasa sunnah. Dengan melakukan puasa sunnah, maka akan mengurangi sifat-sifat jelek atau buruk yang ada di dalam diri sendiri. Puasa juga dipercaya dapat memberikan kemudahan dalam segala urusan, salah satunya dipertemukan dengan seseorang yang melabuhkan cintanya karena Allah SWT.

5. Berserah Diri, Bertawakal, dan Muhasabah Diri

Amalan selanjutnya yang bisa mempercepat datangnya jodoh yaitu dengan cara berserah diri, bertawakal, dan tidak lupa muhasabah diri. Permasalahan mengenai hidup, mati, rezeki, jodoh merupakan sesuatu diluar kuasa manusia. Berserah diri merupakan wujud kerendahan hati sebagai makhluk hidup.

Meskipun ada pepatah yang mengatakan bahwa “jodoh tidak akan kemana”, bukan berarti tidak perlu melakukan usaha apa pun. Memperbaiki kualitas diri dengan cara bermuhasabah perlu terus dilakukan, sebab Jodoh merupakan cerminan dari diri. Seperti yang telah tertulis didalam surat An-nur ayat 26,

اَلْخَبِيْثٰتُ لِلْخَبِيْثِيْنَ وَالْخَبِيْثُوْنَ لِلْخَبِيْثٰتِۚ وَالطَّيِّبٰتُ لِلطَّيِّبِيْنَ وَالطَّيِّبُوْنَ لِلطَّيِّبٰتِۚ اُولٰۤىِٕكَ مُبَرَّءُوْنَ مِمَّا يَقُوْلُوْنَۗ لَهُمْ مَّغْفِرَةٌ وَّرِزْقٌ كَرِيْمٌ ࣖ

Artinya: Perempuan-perempuan yang keji untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji untuk perempuan-perempuan yang keji (pula), sedangkan perempuan-perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik untuk perempuan-perempuan yang baik (pula). Mereka itu bersih dari apa yang dituduhkan orang. Mereka memperoleh ampunan dan rezeki yang mulia (surga).

6. Menjaga Silaturahmi

Menjaga silaturahmi merupakan salah satu amalan yang dapat dilakukan lakukan kepada siapa saja. Dengan seringkali menjaga silaturahmi, maka akan dapat memanjangkan rasa kasih sayang kepada siapa saja. Bahkan pasangan da

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.