Sukses

Peduli Pendidikan, 8 Artis Ini Dirikan Sekolah Gratis untuk Anak Kurang Mampu

Kepedulian para artis terhadap anak-anak kurang mampu ini beri inspirasi.

Liputan6.com, Jakarta Di Indonesia, setiap 2 Mei selalu diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas. Sosok Ki Hadjar Dewantara pun tak bisa dilepaskan sebagai salah satu tokoh pendidikan Indonesia di era kolonialisme.

Seiring berjalannya waktu, tak sedikit pula masyarakat yang masih memperjuangkan pendidikan di Indonesia. Begitu pula yang dilakukan oleh beberapa artis Tanah Air.

Pasalnya, meski para artis ini memiliki popularitas tinggi, namun mereka tetap memperdulikan pendidikan. Bukan hanya untuk diri sendiri, namun para artis ini juga memperdulikan pendidikan bagi anak-anak kurang mampu. Para artis ini diketahui memilih untuk mendirikan yayasan hingga sekolah gratis.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa artis yang memilih mendirikan sekolah gratis bagi anak-anak kurang mampu, Selasa (2/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Yuni Shara

Kakak Krisdayanti, Yuni Shara diketahui memiliki sekolah yang sengaja dibuat untuk anak-anak kurang mampu. Melalui media sosial, Yuni Shara juga sempat membagikan info jika sekolah yang didirikan mulai dari PAUD, TK hingga penitipan anak.

Alasan Yuni Shara sendiri ingin agar anak-anak kurang mampu bisa tetap mengenyam pendidikan dengan baik. Sekolah yang didirikan Yuni Shara sendiri diketahui hanya mematok SPP sebesar Rp 3.500 hingga dibayar dengan sayur ataupun buah. Sekolah gratis yang didirikan Yuni Shara ini diketahui berada di Batu, Malang, Jawa Timur.

3 dari 9 halaman

2. Cinta Laura

Cinta Laura memang diketahui memiliki jiwa sosial yang begitu tinggi. Bahkan dirinya juga peduli dengan pendidikan. Cinta diketahui telah mendirikan sekolah gratis serta Yayasan Soekarseno. Sekolah gratis yang didirirkan oleh Cinta Laura ini diketahui berada di kaki Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat. Tak hanya itu saja, aktris sekaligus penyanyi ini juga turut serta membangun sekolah yang telah lama terbengkalai hingga bisa difungsikan kembali.

4 dari 9 halaman

3. Zaskia Adya Mecca

Usai menikah, Zaskia Adya Mecca memang milih untuk mengurangi kegiatannya di dunia hiburan. Namun, dirinya tetap aktif melakukan berbagai kegiatan lain yang bermanfaat. Salah satunya ialah dengan membangun sebuah sekolah gratis serta pesantren kilat. Istri dari Hanung Bramantyo ini diketahui mendirikan Taman Pendidikan Alquran Online.

5 dari 9 halaman

4. Ruben Onsu

Ruben Onsu memilih untuk membangun sekolah saat merayakan ulang tahun pernikahannya dengan Sarwendah yang ke-6. Sekolah tersebut pun berfokus pada anak-anak yang belum bisa membaca dan menulis. Sekolah dengan nama Tempat Belajar Bunda Sarwendah ini diketahui terletak di Desa Cicareuh, Kabupaten Sukabumi.

6 dari 9 halaman

5. Erix Soekamti

Erix Soekamti diketahui juga memiliki jiwa sosial yang cukup tinggi. Dirinya bahkan mendirikan sekolah gratis dengan nama DOES University. Sekolah yang didirakan oleh pentolan grup band Endank Soekamti ini diketahui berfokus pada bidang animasi, compositor hingga 3D Modeller yang tentunya sangat bermanfaat saat di dunia kerja.

7 dari 9 halaman

6. Wali Band

Grup band Wali diketahui telah cukup lama memiliki sekolah gratis bagi anak-anak kurang mampu. Sekolah gratis yang berdiri di kawasan Cirendeu, Jakarta Selatan ini diberi nama Salami School. Tak hanya membangun sekolah gratis saja, akan tetapi grup band dengan 4 personil ini juga membangun pengobatan gratis di gedung yang sama.

8 dari 9 halaman

7. Nadine Chandrawinata

Aktris sekaligus model, Nadine Chandrawinata mendirikan sekolah alam bagi anak-anak kurang mampu. Membuktikan kecintaannya terhadap alam, Nadine sengaja mendirikan sekolah alam. Hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk untuk mengajak masyarakat khususnya anak-anak bisa lebih peduli terhadap lingkungan.

9 dari 9 halaman

8. Dik Doang

Dikenal luas sebagai presenter dan penyanyi, Dik Doang juga begitu peduli terhadap anak-anak. Dirinya bahkan membangun sebuah sekolah dengan nama Sekolah Alam Kandank Jurank Doank yang berada di Jurangmangu, Tangerang Selatan. Dengan mengembangkan inovasi, sekolah berkonsep alam milik Dik Doang ini pun banyak dilirik masyarakat.

Dirinya juga sengaja membangun sekolah bagi anak-anak kurang mampu. Dik Doank sendiri memilih membangun sekolah alam, agar anak-anak bisa lebih menyatu dengan alam hingga peduli terhadap lingkungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.