Sukses

Wanita Ini Rekam Suara Dengkuran Kekasih di Layanan Musik Digital, Berujung Cuan

Ngorok ternyata bisa menghasilkan cuan.

Liputan6.com, Jakarta Mendengkur atau ngorok memang menjadi kebiasaan yang tak disukai sebagian besar orang. Terlebih jika keadaan mendengkur disaksikan bahkan didengarkan oleh orang lain. Sebagian besar orang akan terganggu oleh suara dengkuran. Seperti kesaksian wanita yang sangat merasa terganggu oleh suara dengkuran kekasihnya saat tidur. 

Namun alih–alih larut dalam ketidaknyamanan dengkuran kekasihnya, Ana Malfair iseng merekam video yang berisi suara dengkuran Luis. Hingga suatu ketika, Malfair terbesit ide untuk mengunggah suara dengkuran sang kekasih ke layanan musik digital (Spotify). 

Menariknya, dalam akun miliknya terdapat beberapa suara dengkuran yang didengarkan oleh ribuan orang. Semuanya bermula dari Malfair yang selalu mengeluh kepada kekasihnya bahwa dengkurannya membuatnya terjaga di malam hari. Malfair juga kerap berdebat akan suara ngorok Luis yang tiada akhir. 

"Dia akan selalu menyangkalnya, jadi tentu saja saya melakukan hal yang jelas," Malfair, yang tinggal di Mexico City, menjelaskan kepada Jam Press.

Siapa sangka, berangkat dari ketidaknyamanan, Ana Malfair bisa mendapatkan pundi-pundi dari suara dengkuran kekasih. Berikut Liputan6.com merangkum kisahnya melansir dari New York Post, Kamis (27/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Suara Mendengkur Didengar 16.800 Pengguna Layanan Musik Digital

Ana Malfair yang berusia 26 tahun itu mengumpulkan bukti rekaman suara mendengkur sang kekasih secara bertahap. Pasalnya, ada momen dimana ia harus memilih suara dengkuran yang cocok untuk diunggah di layanan musik digital tersebut. Dia memutuskan untuk terus merekam, mengumpulkan suara selama hampir satu tahun.

“Saya mendapat bukti melalui rekaman [suara] karena sebuah video akan sangat menyeramkan. Ketika saya [memutar] audio, dia pikir itu lucu, jadi saya terus merekamnya setiap kali saya mendapat kesempatan,” katanya.

Dia akhirnya memutuskan untuk meminta beberapa temannya yang merupakan musisi untuk membuat lagu dari rekaman tersebut.

Malfair mengunggah lagu-lagu itu ke Spotify tahun lalu, dan lagu-lagu itu melejit dengan cepat. Unggahan suara mendengkur itu mendapatkan daya tarik di antara para penggemar yang ingin mendengarkan dengkuran lembut yang manis.

Akun Spotify Ana Malfair berjudul Snoring Machine "Mesin Mendengkur", yang punya lebih dari 16.800 pendengar bulanan.

3 dari 3 halaman

Suara Dengkuran Jadi Single Musik

Ada tiga judul suara dengkuran Spotify Ana Malfair. Single paling populer adalah lagu klasik "Light snoring" yang berdurasi satu menit.

"Sejujurnya ini dimulai sebagai sesuatu yang lucu, seperti dia bilang dia tidak mendengkur, dan sekarang semua orang bisa mendengarnya!" kata Malfair.

TikTok telah dapat memonetisasi salurannya, mengklaim dia menghasilkan sekitar $32 atau setara Rp 500 ribu.

“Saya mendapatkan pembaruan setiap bulan, jadi saya senang melihat pertumbuhannya!” dia memberi tahu Jam Press tentang kesibukan sampingannya.

Dia membagikan detail saluran Spotify-nya ke TikTok dalam sebuah klip yang telah ditonton 9 juta kali bulan ini. Dia dengan cerdik memberi judul pada video tersebut, “Semua orang bisa menjadi seniman.” Malfair merupakan salah satu orang yang merekam kebiasaan tidur pasangannya yang aneh. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.