Sukses

'Sophie Navitalks' dari Sophie Navita, Talkshow Produktif yang Lahir karena Pandemi

SOPHIE NAVITalks adalah tempat yang sekarang menjadi aktualisasi diri Sophie Navita selama kurang lebih tiga tahun ini

Liputan6.com, Jakarta Apa jadinya, ketika sudah 'mapan' di dunia entertainment puluhan tahun, lalu mencoba menepi dan tetap mempertahankan eksistensi? Adalah Sophie Navita, yang kini sudah merasakan sekaligus membuktikannya.

Setelah tujuh tahun memutuskan pindah bersama keluarganya dari ibu kota ke Pulau Dewata, Sophie Navita mencoba untuk tetap survive, mempertahankan titel artisnya dengan tidak meninggalkan aktivasi dunia seni peran.

SOPHIE NAVITalks adalah tempat yang sekarang menjadi aktualisasi diri Sophie Navita selama kurang lebih tiga tahun ini. Melalui akun Instagram @sophienavita dan channel YouTube Sophie Navita TV, terlahir talk show yang kini sudah berisi hampir 100 video dari season 1 dan 2.

Pencapaian ini tentu tak mudah. Siapa sangka awal mulanya juga dibuat secara spontan merespons keadaan. Sebelum eksis di YouTube, Sophie Navita justru mengawalinya via Instagram melalui fitur Instagram Live Videos yang kini lebih dikenal dengan istilah IG Live.

"Season 1 sudah ada 94 video, lalu Season 2 sudah jalan 14 artis yang tiap artis terbagi dalam 4-5 video," ujar Sophie Navita.

Lalu bagaimana awal mula Sophie NaviTalks terwujud?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

SOPHIE NAVITalks: Pandemi, WFH, dan IG Live

Ide melahirkan SOPHIE NAVITalks sebenarnya sudah ada di benak Sophie Navita sejak dulu. Baginya yang sudah kenyang merambah dunia TV presenter, TV host, dan master of ceremony (MC) sejak era 2000-an, sudah sepantasnya punya talk show sendiri. Namun ide itu selalu hilang berlalu begitu saja.

Hingga saat pandemi mulai menyerang Bali, ide brilian itu justru datang dari sang suami, Pongki Barata. Padahal menurut Sophie Navita, sebelumnya harapan untuk membuat talk show sendiri sudah pupus. Penyebabnya karena semenjak pindah ke Bali, Sophie Navita memang mendedikasikan banyak waktunya untuk mengurus anak dan rumah tangganya.

"Jadi SOPHIE NAVITalks yang kasih nama adalah Pongki Barata. Kita mulai tahun 2020 dengan sangat sederhana yaitu lewat IG Live," kata Sophie Navita beberapa waktu lalu.

"Karena mungkin aku udah terlalu sibuk ya, ngurusin rumah tangga. Ya masak, ya mendampingi anak yang homeschool, ya mencoba menjadi istri yang baik," tambahnya.

SOPHIE NAVITalks versi awal tercetus ketika masyarakat Bali mulai menerapkan lockdown. Dari situasi itu, justru Pongki yang meyakinkan istrinya jika memulai talk show adalah sesuatu yang cukup menjanjikan, karena kala itu semua orang melakukan work from home (WFH), hiburan utama orang-orang tentu saja hanya internet dan media sosial.

"Pada saat itu berjalan sekitar 50-an episode yang versi IG Live. Tujuan utamanya ya menghibur dan menemani teman-teman pada saat lockdown. Kita belanja alat dikit-dikit biar tetap bagus hasil audionya dll. Lalu saya mulai mencari bintang tamu satu per satu," papar Sophie Navita.

SOPHIE NAVITalks episode pertama yang masih dilakukan melalui IG Live itu dimulai dengan mengajak Pongki Barata dan dua anak laki-lakinya. Mereka membahas tentang keluarga, homeschooling, hingga seputar makanan dan kesehatan.

3 dari 5 halaman

SOPHIE NAVITalks merambah YouTube

SOPHIE NAVITalks versi IG Live bertahan sekira setahunan dan sempat istirahat pada 2022, karena kebijakan WFH sudah tak banyak diterapkan pada masyarakat. Sejak itulah, SOPHIE NAVITalks diputuskan untuk dipindahkan ke YouTube dengan format yang lebih serius.

"Menurutku saat itu atensi di sosmed juga udah nggak terlalu efektif lagi, jadi kita pause dulu. Lalu 2022 akhir Pongki bilang, 'Ya sudah, sekarang waktunya kita bikin edisi SOPHIE NAVITalks tapi yang YouTube'. Jadi ada gambar bergerak namun sudah tidak live lagi. Sudah rekaman kayak bikin talk show di TV, sesuai bayangan ketika dulu aku ingin punya talk show sendiri," kata Sophie Navita.

Lewat YouTube, SOPHIE NAVITalks New Season akhirnya mulai berjalan dengan format tanpa live lagi seperti di Instagram. Lokasi, properti, hingga audionya sudah digarap lebih serius.

Bintang tamunya yang diundang pun juga tak main-main. Ada Dewi Lestari yang menjadi pembuka Season 2, lalu dilanjutkan oleh Melissa Karim, Tika Panggabean, Donna Agnesia, Feby Febiola, Tantowi Yahya, Becky Tumewu, Fatur Java Jive, Ariyo Wahab, Soleh Solihun, hingga mewawancarai suami sendiri, Pongki Barata.

Tapi, apa sih sebenarnya tujuan Sophie Navita bikin SOPHIE NAVITalks?

4 dari 5 halaman

SOPHIE NAVITalks berbagi harapan, ide, dan semangat

Berjalan dua sesi dengan puluhan episode tentu membuat Sophie Navita makin semangat dan tertantang membuat SOPHIE NAVITalks bisa lebih baik dan tumbuh besar lagi. Harapan Sophie Navita sederhana, yaitu ingin membagikan sisi-sisi lain orang, terutama publik figur, yang kemungkinan besar belum pernah terekspos di tempat lain.

Konten-konten yang diramu SOPHIE NAVITalks sebisa mungkin bisa menjadi tontonan yang timeless. Kapanpun SOPHIE NAVITalks didengarkan, disimak, bisa selalu menghadirkan satu bentuk harapan, satu bentuk ide, dan satu bentuk semangat.

"Sederhana aja. Aku hanya ingin membagikan sisi lain yang mungkin orang lain tidak lihat dari teman-teman saya, para narasumber ini. Sisi lain dalam arti mereka sebagai manusia, bagaimana cara mereka memutuskan, membuat keputusan, mengambil suatu tindakan, berpikir tentang suatu hal saat menghadapi masalah," kata Sophie Navita.

"Intinya adalah how a person function. Itu aku senang sekali ketika bisa menangkap momen-momen itu, ketika aku ngobrol dengan orang, dan mereka menceritakan isi hatinya kepada saya, dengan maksud adalah SOPHIE NAVITalks ini bisa ditonton kapanpun juga. Katakanlah sekarang kamu bukan penggemar SOPHIE NAVITalks, gak papa. One day ketika kamu membutuhkannya, aku yakin suatu hari kamu akan menemukan sebuah episode yang katakanlah itu sudah direkam dua atau tiga tahun lalu, tapi tetap akan relevan dengan orang yang membutuhkannya saat itu," pungkas Sophie Navita.

Tapi, selain SOPHIE NAVITalks, ternyata Sophie Navita masih sibuk ini itu lainnya. Simak deh, ceritanya.

5 dari 5 halaman

Ibu rumah tangga tapi produktif

Sophie Navita dan Pongki Barata menetap di Bali sejak 2016. Mereka juga memutuskan untuk menyekolahkan dua anak laki-lakinya di sana secara homeschooling.

Meski sudah tak merambah dunia pertelevisian lagi, Sophie Navita tetap aktif di dunia presenter sebagai master of ceremony (MC). Namun utamanya tetap menjadi ibu rumah tangga penuh waktu bagi keluarga.

Sejak 2019, Sophie Navita dan Pongki Barata juga mengelola coffee shop bernama Pepita and Sons di Canggu, Bali. Sebelumnya, Sophie Navita juga sudah produktif menulis beberapa e-books dan dua buku self development, yaitu 'Hati Yang Gembira Adalah Obat' tahun 2016 dan 'TRUTH: Temukan Rasa Utuhmu, Temukan Hidup' tahun 2019. Buku ketiganya masih dalam proses pengerjaan.

Selain itu, Sophie Navita juga tetap menjaga musikalitasnya dengan tetap produktif bernyanyi dan mengeluarkan karya-karya lagu. Sophie Navita sempat punya dua album, beberapa single, dan duet dengan suaminya. Terbaru, tahun 2023 ini Sophie Navita mengeluarkan sebuah single rohani dalam rangka merayakan paskah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini