Sukses

Amalan yang Pahalanya Terus Mengalir Sampai Kiamat, Muslim Wajib Tahu

Amalan yang pahalanya terus mengalir sampai kiamat bisa kamu lihat dari hadis.

Liputan6.com, Jakarta Amalan yang pahalanya terus mengalir sampai kiamat tentunya harus dikenali setiap muslim. Pasalnya, hal ini akan sangat membantu seorang umat Islam dalam perhitungan amal nantinya di akhirat. Memang ada sebagaian amalan yang pahalanya terus mengalir setelah kamu lakukan.

Dalam Islam, sebagian jenis amal ibadah berhenti pahalanya ketika amalan tersebut selesai dilakukan. Sementara itu, ada pula beberapa jenis amal ibadah lainnya yang tidak berhenti pahalanya ketika amal ibadah tersebut selesai dilakukan. Malaikat terus mencatat pahala kebaikan untuk orang yang mengamalkan jenis ibadah ini.

Amalan yang pahalanya terus mengalir sampai kiamat bisa kamu lihat dari hadis. Ada dua hadis yang menjelaskan tentang hal ini. Salah satu hadis menyebutkan ada tujuh orang yang pahalanya terus mengalir hingga alam kubur, dan hadis lainnya menyebutkan ada tiga amalan yang pahalanya tidak akan putus-putus sampai hari kiamat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (13/3/2023) tentang amalan yang pahalanya terus mengalir sampai kiamat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3 Amalan yang Pahalanya Terus Mengalir Sampai Kiamat

Amalan yang pahalanya terus mengalir sampai kiamat ada tiga, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak yang saleh. Amalan yang pahalanya terus mengalir sampai kiamat ini terdapat dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Imam at-Tirmidzi, Imam Abu Dawud, Imam an-Nasa’i, dan Imam Ibnu Hibban yang bersumber dari Abu Hurairah ra.

Berikut bunyi hadis tentang amalan yang pahalanya terus mengalir sampai kiamat, yang artinya:

“Ketika seorang manusia meninggal dunia, maka amalannya terputus kecuali tiga hal, yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mau mendoakannya.”

Jadi, ketika kamu memiliki harta, gunakanlah harta tersebut agar pahalanya terus mengalir dengan sedekah jariyah. Ketika kamu mempunyai ilmu maka sebarkanlah agar ilmu itu bermanfaat. Sebab, pahala ilmu bermanfaat akan terus mengalir meski orangnya sudah tiada. Terakhir, bila ia memiliki anak, maka didiklah anaknya menjadi orang yang saleh dan salehah agar ketika meninggal dunia ia dapat mendoakan kamu. 

3 dari 3 halaman

7 Orang yang Pahalanya Terus Mengalir Sampai Hari Kiamat

Selain amalan yang pahalanya terus mengalir sampai kiamat, ada juga orang-orang yang pahalanya tidak putus-putus hingga kiamat. Orang-orang ini tentunya melaksanakan berbagai amalan yang pahalanya terus mengalir sampai kiamat, sehingga dapat masuk ke dalam kategori ini.

Nabi Muhammad SAW menyebutkan tujuh orang yang pahalanya terus mengalir sampai hari kiamat. Orang-orang ini yaitu seorang muslim yang melakukan kebaikan yang manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh dirinya, namun kebaikan ini dapat dirasakan manfaatnya secara berkelanjutan dan tidak terbatas.

Mengutip laman NU, hadis riwayat Al-Bazzar, Abu Nu‘aim, dan Al-Baihaqi menjelaskan perihal tujuh orang yang amalannya pahalanya terus mengalir hingga kiamat. Berikut bunyi hadis tentang amalan yang pahalanya terus mengalir sampai kiamat, yang artinya:

“Hadits sahabat Anas bin Malik ra, Rasulullah saw bersabda, ‘Ada tujuh jenis amal yang pahalanya mengalir terus kepada seseorang di alam kuburnya: (1) orang yang mengajarkan ilmu, (2) orang yang mengalirkan (mengeruk atau meluaskan) sungai, (3) orang yang menggali sumur, (4) orang yang  menanam pohon kurma, (5) orang yang membangun masjid, (6) orang yang mewariskan mushaf, (7) orang yang meninggalkan anak keturunan yang memintakan ampunan baginya sepeninggal kematiannya.

Jadi, orang yang pahalanya akan terus menglair sampai kiamat yaitu orang-orang yang melaksanakan amalan yang memiliki manfaat untuk orang banyak dan manfaat tersebut tetap bisa dinikmati walaupun dia sudah meninggal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.