Sukses

Mengapa Juz Amma Anak Dimulai dari Surat An-Nas? Simak Penjelasannya

Meski juz amma dalam mushaf Al-Qur'an lengkap dimulai dari surat An-Naba, namun pada juz amma anak, biasanya dimulai dari surat An-Nas.

Liputan6.com, Jakarta Juz Amma adalah adalah salah satu bagian dari Al-Qur'an, khususnya juz 30 atau juz terakhir.  Disebut dengan Juz Amma karena surat pertama pada juz ini dimulai dengan "amma yatasa'alu," yang merupakan bagian dari ayat pertama surat an-Naba'.

Selain surat An-Naba, juz amma anak berisi surat-surat pendek, di antaranya Surat An-Nas, Surat Al-Ikhlas, Surat Al-falaq, dan sebagainya. Karena berisi surat-surat pendek, makan tidak mengherankan juz ama anak sering deiperkenalkan kepada anak-anak sejak dini yang sedang belajar membaca Al-Qur'an.

Maka tidak mengherankan jika anak-anak yang sudah tamat Iqro Jilid 6, mereka langsung memulai membaca Al-Qur'an mulai dari Juz Amma anak. Hal ini merupakan upaya pembelajaran yang memudahkan.

Meski dari segi urutan dalam Mushaf Al-Qur'an surat pertama dalam juz 30 adalah surat An-Naba, namun pada Juz Amma anak, surat pertama dimulai dari surat An-Nas, surat yang lebih pendek dari surat An-Naba. Tentu saja, memulai dari surat yang pendek, agar dalam belajar membaca Al-Qur'an bisa lebih mudah. Selain itu, ketika menghafal Al-Qur'an, biasanya disarankan memulainya dengan juz 30.

Untuk lebih memahami juz amma anak, berikut penjelasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (11/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa itu juz amma?

Juz Amma merupakan juz terakhir dalam kitab suci Alquran. Seperti diketahui, kitab suci umat Islam terdiri dari 30 juz. Setiap juz memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Dinamakan Juz Amma karena juz ke-30 pada Alquran ini dimulai dari surah An Naba’, di mana surah ini dimulai dengan kata ‘amma’. Dan juz ini diakhiri dengan surah An Nas.

Umumnya surah yang berada dalam Juz Amma lebih pendek dari surah-surah yang ada di juz lain. Surah-surah tersebut pun banyak tergolong surah Makkiyah.

Hanya ada beberapa surah saja yang diturunkan di Kota Madinah atau surah Madaniyah. Di antaranya surah Al Bayyinah, Az Zalzalah, dan surah An Nasr.

Secara keseluruhan, Juz Amma terdiri dari 37 surah. Surah An Naziat merupakan surah dengan jumlah ayat terbanyak dalam juz ini. Dengan jumlah sebanyak 46 ayat. Menyusul surah Abasa dengan jumlah sebanyak 42 ayat.

Pada bagian akhir Juz Amma, terdapat sejumlah surah pendek yang kerap kita dengar saat salat. Karena jumlah ayatnya yang sedikit, maka surah surah ini mudah dihafal.

Surah terpendek dalam Juz Amma, sekaligus juga yang paling pendek dalam Alquran, yaitu surah Al Kausar yang terdiri dari 3 ayat. Pada acara Khatmil Quran, juz ke 30 ini dibaca sebagai penanda berakhirnya acara tersebut.

3 dari 4 halaman

Alasan Juz Amma Anak Dimulai dari An-Nas

Meski juz amma dalam mushaf Al-Qur'an lengkap dimulai dari surat An-Naba, namun pada juz amma anak, biasanya dimulai dari surat An-Nas. Padahal surat An-Nas merupakan surat terakhir dalam mushaf Al-Qur'an.

Selain berisi surat-surat yang ada di juz 30 dalam Al-Qur'an, dalam Juz Amma Anak juga terdapat surat lain dari juz 1. Surat tersebut tidak lain adalah Surat Al-Fatihah.

Urutan yang dibalik dari urutan yang sebenarnya dalam mushaf Al-qur'an memiliki tujuan tertentu. Urutan surat dalam Juz Amma Anak dimulai dari Surat An-Nas tidak lain untuk memudahkan otak untuk menghafal karena dimulai dari surat-surat yang dengan jumlah ayat yang sedikit dan pendek.

Oleh karena itulah, alih-alih dimulai dari surat An-Naba sesuai urutan dalam mushaf Al-Quran, Juz Amma Anak dibuat urutannya terbalik, yakni dimulai dari surat An-nas, tujuannya agar memudahkan anak untuk belajar membaca Al-Qur'an dan menghafal Al-Qur'an.

4 dari 4 halaman

Urutan Surat dalam Juz Amma Anak

Berikut adalah daftar surah yang terdapat pada Juz Amma Anak, yang dimulai dari Surat An-Nas sampai dengan surat An-Naba.

1. Surah Al Fatihah

2. Surah An Nas

3. Surah Al Falaq

4. Surah Al Ikhlas

5. Surah Al Lahab

6. Surah An Nashr

7. Surah Al Kafirun

8. Surah Al Kautsar

9. Surah Al Ma’un

10. Surah Al Quraisy

11. Surah Al Fiil

12. Surah Al Humazah

13. Surah Al ‘Ashr

14. Surah At Takatsur

15. Surah Al Qari’ah

16. Surah Al ‘Adiyat

17. Surah Al Zalzalah

18. Surah Al Bayyinah

19. Surah Al Qadr

20. Surah Al ‘Alaq

21. Surah At Tin

22. Surah Al Insyirah

23. Surah Ad Dhuha

24. Surah Al Lail

25. Surah Asy Syams

26. Surah Al Balad

27. Surah Al Fajr

28. Surah Al Gasyiyah

29. Surah Al A’la

30. Surah At Thariq

31. Surah Al Buruj

32. Surah Al Insyiqaq

33. Surah Al Muthafifin

34. Surah AL Intifar

35. Surah At Takwir

36. Surah Abasa

37. Surah An Nazi’at

38. Surah An Naba

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.