Sukses

4 Doa Menghilangkan Rasa Sakit, Dilengkapi Arti dan Cara Membacanya

Membaca doa menghilangkan rasa sakit bahkan juga telah dipraktikkan Rasulullah SAW.

Liputan6.com, Jakarta Allah tidak menurunkan penyakit dan rasa sakit kecuali Dia menyediakan pula penawarnya. Kalimat tersebut diambil dari sebuah hadits riwayat Imam Bukhari, bahwasanya Rasulullah SAW pernah bersabda,

“Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia juga menurunkan penawarnya.” (HR Bukhari).

Dari hadits tersebut dapat dipahami ketika kita sedang sakit atau merasakan sakit, kita bisa meminta kepada Allah SWT untuk mengangkat penyakit dan rasa sakit tersebut, yakni dengan membaca doa menghilangkan rasa sakit.

Tentu saja, membaca doa menghilangkan rasa sakit menjadi langkah awalnya. Ikhtiar dengan menempuh langkah medis atau pengobatan tetap harus dilakukan.

Membaca doa menghilangkan rasa sakit bahkan juga telah dipraktikkan Rasulullah SAW. Adapun doa menghilangkan rasa sakit yang dibaca Nabi Muhammad SAW berbeda-beda, tergantung bagian tubuh yang merasakan sakit.

Lalu bagaimana bacaan doa menghilangkan rasa sakit? Berikut penjelasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (8/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nabi Muhammad Membaca Doa Menghilangkan Rasa Sakit untuk Diri Sendiri dan Orang Lain

Seperti yang telah sedikit dibahas sebelumnya, membaca doa menghilangkan rasa sakit adalah sebuah praktik yang didasarkan oleh tuntunan sunnah Nabi Muhammad SAW. Dalam sebuah riwayat, nabi Muhammad SAW disebutkan sering membaca doa menghilangkan rasa sakit ketika ada sebagian tubuhnya yang merasakan sakit.

Adapun doa yang dibaca Nabi Muhammad SAW berbeda-beda, tergantung bagian tubuh mana yang sedang merasakan. selain membaca doa untuk diri sendiri, Nabi Muhammad SAW juga membaca doa untuk orang lain juga.

“Letakkan tanganmu pada tempat yang sakit dan bacalah Bismillah tiga kali, lalu bacalah “A’uudzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru” (Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan)” (HR. Muslim).

Dengan kata lain, membaca doa menghilangkan rasa sakit, selain bisa diterapkan pada diri sendiri yang tengah merasakan sakit, maupun dibaca untuk menyembuhkan orang lain yang merasakan sakit.

3 dari 4 halaman

Bacaan Doa Menghilangkan Rasa Sakit

Penting untuk diketahui, bacaan doa menghilangkan rasa sakit berbeda-beda tergantung jenis rasa sakitnya dan bagian tubuh yang sedang merasakan sakit. Bacaan doa dengan kondisi yang ringan dan yang berat bacaannya berbeda. Doa menghilangkan rasa sakit gigi pun juga berbeda.

Berikut adalah bacaan doa menghilangkan rasa sakit berdasarkan jenis penyakit dan bagian mana yang sakit:

1. Doa Menghilangkan Rasa Sakit Nyeri

Ketika kita sedang merasakan nyeri di bagian tubuh tertentu, kita bisa membaca doa menghilangkan rasa sakit untuk meringankan rasa sakitnya. Adapun bacaan doa menghilangkan rasa sakit nyeri adalah sebagai berikut:

A'udzubillahi wa qudrotihi min syarri ma ajidu wa uhadzir.

Artinya; "Aku berlindung kepada Allah dengan kemuliaan dan kekuasaan-Nya dari segala keburukan yang kudapatkan dan kukhawatirkan."

2. Doa Menghilangkan Rasa Sakit Ringan

Berdasarkan tingkat keparahannya, rasa sakit ada yang ringan dan berat. Ketika tubuh dilanda sakit ringan, kita bisa membaca doa menghilangkan rasa sakit untuk meringankan rasa sakitnya. Doa ini tercantum dalam hadis riwayat Imam Ibnu Sunni dari Abu Abbas RA, dari Rasulullah Muhammad SAW.

Bismillahil kabiri, a'udzu billahil 'azhimi min syarri kulli 'irqin na'arin wa min syarri harrin nari.

Artinya; "Dengan nama Allah Yang Maha Besar. Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Agung dari luka yang mengeluarkan darah dan dari keburukan panas neraka."

3. Doa untuk Menghilangkan Rasa Sakit Gigi

Bagi yang pernah sakit gigi, tentu sangat memahami betapa sakitnya. Bahkan ketika sakit gigi, bagian tubuh lain seperti merasakan sakit juga. Bahkan ketika sakit gigi, kita juga sering kesulitan untuk mengontrol emosi.

Dengan membaca doa menghilangkan rasa sakit gigi, Insya Allah, rasa sakit gigi tersebut bisa membaik. Ketika membaca doa menghilangkan rasa sakit gigi, letakkan tangan pada tempat yang sakit dan bacalah Bismillah sebanyak tiga kali lalu baca doa menghilangkan rasa sakit gigi berikut ini.

"A’uudzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru"

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan." (HR. Muslim).

Selain bacaan doa menghilangkan ras asakit gigi tersebut, kita juga membaca doa menghilangkan rasa sakit berikut ini.

"Allahuma adzib ‘anhu su-a ma yajidu wa fuhsyahu bi da;wati nabiyyikal mubarakil makini indaka"

Artinya; "Ya Allah, lenyapkanlah darinya keburukan apa yang ia rasakan beserta kekejiannya dengan doa Nabi-Mu yang penuh berkah di sisi-Mu."

4 dari 4 halaman

Doa Menjenguk Orang Sakit

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, doang menghilangkan rasa sakit tidak hanya bisa kita baca untuk menghilangkan rasa sakit untuk diri sendiri. Doa menghilangkan rasa sakit juga bisa dibaca untuk meringankan rasa sakit yang ada pada orang lain.

Oleh karena itu, ketika kita menjenguk orang yang sedang sakit, dianjurkan untuk membaca doa. Doa menghilangkan rasa sakit untuk orang lain ini, didasarkan pada Nabi Muhammad SAW, di mana beliau akan menjenguk dan membacakan doa kepada sahabatnya yang sedang sakit.

Berikut salah satu doa untuk orang sakit yang dibaca Nabi, sebagaimana diriwayatkan dalam Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA:

Allahumma rabban nasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syafi. La syafiya illa anta syifa’an la yughadiru saqaman.

Artinya; "Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri."

Selain itu, terdapat pula doa menghilangkan rasa sakit lain yang dibaca Rasulullah SAW ketika sedang meruqyah salah seorang sahabat. Ruqyah adalah sebuah proses penyembuhan melalui ayat-ayat Al-Qur'an. Doa menghilangkan rasa sakit yang dibaca Nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut.

Imsahil ba’sa rabban nasi. Bi yadikas syifa’u. La kasyifa lahu illa anta.

Artinya, "Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau."

Penting untuk diperhatikan, bahwa ketika membaca doa menghilangkan rasa sakit, kita harus membacanya dengan tulus dan meminta kesembuhan kepada Allah SWT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.