Sukses

6 Fungsi Tersembunyi Lubang di Benda yang Sering Digunakan, Punya Peranan Penting

Fungsi lubang pada benda yang familiar dan sering digunakan.

Liputan6.com, Jakarta Setiap barang diciptakan pasti memiliki fungsi, baik fungsi secara umum ataupun fungsi secara khusus. Mulai dari fitur yang besar sampai fitur kecil pasti punya fungsi yang bisa dimanfaatkan.

Fungsi barang yang secara umum pasti sudah banyak diketahui orang. Namun untuk fungsi secara khusus, tak diketahui banyak orang karena biasanya fungsi khusus ini adalah fungsi dari fitur kecil pada barang. 

Salah satu fitur barang yang ditemukan di beberapa barang adalah lubang. Bukan tanpa alasan, fitur lubang pada sebuah barang ini pastinya dibuat karena punya fungsi ketika barang tersebut dipakai.

Melihat sebuah fitur kecil pada barang pasti bikin bertanya-tanya. Penjelasan mengenai fungsi tersembunyi lubang di sebuah barang yang sering digunakan tentunya pun dapat menjawab rasa penasaran.

Berikut Liputan6.com merangkum dari Brightside tentang fungssi tersembunyi lubang di beberapa barang, Selasa (7/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Cukup familiar namun banyak tak diketahui orang, lubang di samping sepatu ini berfungsi sebagai ventilasi masuknya udara agar kaki tidak lembab.

3 dari 7 halaman

2. Kecil dan jarang diperhatikan, lubang di pelek sepeda ini berfungsi sebagai jalur air keluar agar tidak penuh di dalam. Terletak pada sudut 90 ° atau 180 ° dari katup, lubang ini berukuran 2,5 mm.

4 dari 7 halaman

3. Sering melihat lubang kecil di wastafel ini? Rupanya lubang ini memiliki dua fungsi yakni yang pertama untuk mencegah luapan dan yang kedua membantu udara keluar.

5 dari 7 halaman

4. Lubang kecil di stik lolipop punya dua fungsi yakni pertama agar sirup permen tidak tumpah saat dituangkan ke stik ketika dibuat. Kedua berfungsi sebagai keamanan, jika seseorang menelan stik tanpa sengaja memungkinkan udara tetap masuk.

6 dari 7 halaman

5. Terlihat seperti hiasan, lubang besar di wadah susu ini berfungsi untuk mencegah susu meledak seiring dengan bertambah usia susu. Pasalnya semakin lama, susu menghasilkan gas yang dapat meningkatkan tekanan.

7 dari 7 halaman

6. Terdapat di beberapa jenis panci, lubang di ujung gagang panci ini berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan pengaduk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.