Sukses

Madu Berwarna Ungu Ini Ditemukan Tak Sengaja di Carolina, Disebut Dalam Al-Qur’an

Peternak madu kaget ada madu berwarna ungu.

Liputan6.com, Jakarta Madu sudah dipercaya selama ribuan tahun akan manfaatnya. Mengingat cairan yang dihasilkan oleh lebah madu ini termaktub dalam Al-Qur’an secara khusus. Fungsinya tak lain sebagai obat penyembuh bagi manusia. Siapa sangka, warna madu tak selalu cokelat keemasan. Ada madu berwarna ungu yang mengejutkan para ilmuwan hingga masyarakat. 

Melansir dari Honeybee Suite, seorang peternak lebah madu asal Carolina Utara, Amerika Serikat kaget mendapati madu berwarna ungu. Pria bernama Michael Morrissey itu kemudian mengunggah foto ekstrak madu ungu di jagat maya. Mulanya banyak yang mengira wujudnya mirip selai anggur. Namun itu benar-benar madu ungu.

Fenomena madu berwarna ungu ini baru-baru saja ramai dibicarakan setelah sebelumnya ta banyak orang tahu. Terlepas dari itu, ternyata fenomena madu berwarna-warni ini sudah lama dituliskan dalam Al-Qur’an dalam surat An-Nahl ayat 68 dan 69:

"Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.

Lantas apa yang menyebabkan madu asal Carolina Utara itu berwarna ungu dan bagaimanakah rasanya ? Berikut Liputan6.com mengulasnya melansir dari berbagai sumber, Rabu (1/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Madu Ungu Ditemukan Secara Tak Sengaja

Michael yang tinggal di Carolina Utara mulanya memanen kotak sarang lebah ke ke Matt di Rumah Madu Hawfield di Mebane, Carolina Utara. Matt melakukan ekstraksi untuk peternak lebah lokal, dan saat mengerjakan pesanan Michael, dia menemukan beberapa bingkai madu ungu. 

Dia meluangkan waktu untuk memisahkan bingkai itu, memotretnya, dan mengekstrak madu secara terpisah. Bahkan ia terkejut melihat madu berwarna ungu yang tak pernah ia temui sebelumnya. Kemudian Michael menulis bahwa dia memang punya madu ungu dan dia punya foto untuk membuktikannya.

“Kami mengekstraksi sekitar 2 liter madu ungu tua dari satu sarang minggu lalu, di sini di bagian pedesaan Durham, NC. Ini memiliki warna sirup blackberry dan memiliki rasa berry yang enak, sedikit asam,” tulis Michael.

Madu ungu akan terlihat jelas berwarna ungu saat disinari lampu senter. Saat saya mendekatkan toples ke matahari, kelihatannya seperti anggur merah tua, tetapi saat saya meletakkannya di depan LED intensitas tinggi, warnanya ungu menakutkan.

Michael mencoba memotret serbuk sari yang memungkinkan menjadi penyebab madu ungu.  Namun ia tidak menemukan cukup untuk mendapatkan identifikasi serbuk sari. Sayang sekali karena dia masih sangat ingin tahu dari mana barang ini berasal.

3 dari 3 halaman

Penyebab Madu Ungu Menurut Ilmuwan

Madu yang tak biasa ini menimbulkan pertanyaan dari banyak orang. Para ilmuwan menduga madu ungu ini bisa tercipta berkat nektar yang dimakan lebah madu. Kendati demikian, masih ada perbedaan akan teori madu bisa berwarna ungu.

Melansir dari India Times, beberapa teori menyatakan bahwa rona ungu adalah hasil dari lebah yang mengonsumsi tanaman nektar atau kayu asam yang kaya aluminium. Sementara yang lain menyatakan bahwa perubahan warna mungkin bersumber dari kudzu atau bunga leatherwood selatan. 

Peternak lebah mengatakan bahwa madu rasanya seperti buah dan manis. Rasa madu ungu juga disebutkan mirip seperti anggur atau buah beri. Mereka juga mengungkapkan bahwa biasanya semakin gelap warna madu, semakin kuat rasanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.