Sukses

Asmaul Husna Artinya Apa? Ini Makna Penting Dan Dalil-Dalilnya

Pengertian Asmaul Husna, dalil-dalil tentang Asmaul Husna, beserta dengan makna pentingnya.

Liputan6.com, Jakarta Asmaul Husna artinya adalah nama-nama Allah yang paling indah. Kata Asmaul sendiri memiliki arti jamak untuk nama, sedangkan Husna artinya indah atau paling indah. Memahami Asmaul Husna artinya sifat-sifat Allah yang tercantum di dalam Asmaul Husna dan membangkitkan rasa hormat umat muslim terhadap Allah SWT.

Terdapat 99 nama dalam Asmaul Husna, yang masing-masing nama dalam Asmaul Husna artinya sangat dalam dan juga indah. Dengan mengulang-ulang Asmaul Husna dalam doa mereka, umat muslim memohon perlindungan, kesehatan yang baik, kenyamanan, kekayaan, kesuksesan, dan hal baik lainnya.

Melafalkan dan mempelajari sifat-sifat Allah yang diterangkan dalam Asmaul Husna, dapat bermanfaat bagi umat muslim secara spiritual dalam berbagai cara. Itulah mengapa kita harus menanamkan makna dalam Asmaul Husna dalam diri kita dan mengamalkannya dalam ibadah sehari-hari, guna mendapat manfaatnya.

Lebih lengkapnya berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (28/2/2023). Pengertian Asmaul Husna, dalil-dalil tentang Asmaul Husna, beserta dengan makna pentingnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Asmaul Husna Artinya

Semua nama lain yang menggambarkan Allah dalam Al-Qur'an dikenal sebagai Asmaul Husna, hal ini sesuai dengan wahyu: 

Surat Al-Hasyr Ayat 24

هُوَ ٱللَّهُ ٱلْخَٰلِقُ ٱلْبَارِئُ ٱلْمُصَوِّرُ ۖ لَهُ ٱلْأَسْمَآءُ ٱلْحُسْنَىٰ ۚ يُسَبِّحُ لَهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۖ وَهُوَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْحَكِيمُ

Artinya: Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Asmaaul Husna. Bertasbih kepada-Nya apa yang di langit dan bumi. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Ungkapan Asmaul Husna, terdiri dari kata asma, jamak untuk "nama", dan husna, yang berarti indah atau terindah, berarti "nama-nama Allah yang paling indah". Nama-nama yang merupakan sifat Allah dapat ditemukan dalam Al-Qur'an dan sunnah.

Abu Bakar Ibnul Arabi membuat daftar alasan mengapa sifat-sifat Allah ini diturunkan kepada kita sebagai berikut:

Asmaul Husna membangkitkan rasa hormat para hamba terhadap Allah, berkonotasi dengan keagungan dan transendensi Allah. Nama-nama ini, ketika digunakan dalam dzikir, mengingat Allah dan dalam doa, mengarah pada penerimaan doa dan menghasilkan akumulasi perbuatan baik. Nama-nama ini mengisi hati dengan ketenangan pikiran dan ketenangan, serta kesadaran akan rahmat dan karunia Allah, yang meneguhkan harapan.

Karena nilai ilmu tergantung pada nilai orang yang memiliki ilmu dan yang paling mulia dari mereka yang berilmu adalah Allah, maka orang yang mengetahui Asma  ul Husna  memiliki kehormatan dan keutamaan yang lebih besar.

Karena  Asmaul Husna  terdiri dari kata sifat seperti wajib, jaiz dan mumtani (yang benar untuk Allah, yang bisa atau tidak bisa benar untuk Allah dan yang tidak pernah bisa dikaitkan dengan Allah), Asma ul Husna memberi kita informasi yang cukup dan benar tentang Allah. .

Tidaklah mungkin untuk menggambarkan nama-nama Allah atau membaginya menjadi beberapa bagian, seperti lingkaran yang telah dihubungkan bersama, semuanya terhubung dan terkait satu sama lain.

3 dari 5 halaman

Dalil-Dalil Asmaul Husna

Allah berfirman dalam Al-Qur'an:

Surat Al-A’raf Ayat 180

وَلِلَّهِ ٱلْأَسْمَآءُ ٱلْحُسْنَىٰ فَٱدْعُوهُ بِهَا ۖ وَذَرُوا۟ ٱلَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِىٓ أَسْمَٰٓئِهِۦ ۚ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

Artinya: Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.

Surat Thaha Ayat 8

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ لَهُ ٱلْأَسْمَآءُ ٱلْحُسْنَىٰ

Artinya: Dialah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang baik),

Surat Al-Hasyr Ayat 24

هُوَ ٱللَّهُ ٱلْخَٰلِقُ ٱلْبَارِئُ ٱلْمُصَوِّرُ ۖ لَهُ ٱلْأَسْمَآءُ ٱلْحُسْنَىٰ ۚ يُسَبِّحُ لَهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۖ وَهُوَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْحَكِيمُ

Artinya: Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Asmaaul Husna. Bertasbih kepada-Nya apa yang di langit dan bumi. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Nabi Muhammad saw bersabda, “Allah memiliki sembilan puluh sembilan nama, yaitu seratus kurang satu, dan siapa pun yang mengetahuinya akan masuk surga.” (Sahih Bukhari 50:894)

Abu Huraira melaporkan Rasulullah saw mengatakan: Ada sembilan puluh sembilan nama Allah; dia yang melakukan mereka ke memori akan masuk ke Firdaus. Sesungguhnya Allah itu Ganjil (Dia adalah satu, dan itu adalah bilangan ganjil) dan Dia menyukai bilangan ganjil.” (Sahih Muslim Buku-48 Hadits-5)

4 dari 5 halaman

Pentingnya Mempelajari Asmaul Husna

Pertama dan terutama, bagi mereka yang beriman dan ingin menyembah Allah, kebutuhan untuk menggambarkan Dia dengan nama-nama tertentu sangatlah penting. Tidak mungkin menyembah sesuatu yang tidak diketahui. Pengetahuan tentang Asmaul Husna penting karena memungkinkan hamba untuk mengenal Allah dan menjelaskan bidang hubungan antara Allah dan dunia.

Pengetahuan yang benar tentang Allah akan membebaskan seseorang dari segala kekhawatiran dan takhayul, serta dari asumsi yang tidak berdasar. Seseorang yang mendasarkan pengetahuannya tentang Allah pada informasi yang memancar langsung dari Sang Pencipta alih-alih asumsi mereka sendiri akan dapat mencapai kejernihan mental dan spiritual. 

Seseorang akan merasa perlu untuk menjalin hubungan dan menjalin hubungan dengan-Nya di dalam hati mereka dan bukan hanya dengan pikiran mereka. Peran  Asmaul Husna  sangat besar dalam hal ini. Telah diamati bahwa dalam doa-doa yang telah disampaikan melalui Nabi Muhammad SAW, Asma ul Husna sering disebutkan. 

Jiwa manusia mencari kesempurnaan. Ketika ia mempelajari kesempurnaan sesuatu, ia ditarik ke sana dan mengalami kegembiraan yang sejajar dengan tingkat kesempurnaan yang ditemukan. Sama seperti mengetahui Allah dimungkinkan dengan mempelajari nama dan sifat-sifat-Nya, mencintai-Nya hanya mungkin dengan mengetahui bahwa semua kesempurnaan terletak pada-Nya.

Singkatnya, mempelajari Asmaul Husna akan memberikan pengetahuan tentang Allah. Ilmu Allah adalah benih cinta kepada Allah. Ketika sebuah benih jatuh ke hati, ia bertunas, tumbuh menjadi pohon keinginan dan cinta. Buah dari pohon ini muncul dan matang di hati, jiwa, tangan, kaki, mata dan telinga - baik dalam keberadaan fisik maupun spiritual kita. 

Buah ini adalah kebajikan yang tulus, seperti penghormatan kepada Sang Pencipta, rahmat bagi ciptaan, pembebasan dari kebiasaan buruk, perolehan kebiasaan baik dan menahan segala jenis kesulitan di jalan Allah.

Menurut sebuah hadits yang diriwayatkan dalam Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad mengatakan hal berikut tentang Asmaul Husna : "Allah memiliki 99 nama. Barangsiapa menghafal dan memeluk (ihsa) sifat-sifat ini akan masuk surga. "

Makna dunia ditekankan, dengan pandangan bahwa kata ini bermakna lebih dari sekedar arti kamus “menghitung, menghafal dan memahami”. Dalam konteks ini, kata  ihsa  mengandung arti "Memahami keyakinan Islam kepada Yang Ilahi dengan berpedoman pada bukti dari ayat-ayat suci, menganut keyakinan tersebut dan mencapai tingkat kesempurnaan spiritual yang sesuai dengan keyakinan tersebut."

Sembilan puluh tiga dari nama-nama yang disebutkan dalam hadits juga ada dalam Al-Qur'an, sedangkan arti dari enam nama lainnya telah dikaitkan dengan Allah dengan kata-kata yang berbeda. Daftar [nama] ini menjadi populer di dunia Islam, dan dibaca sebagai doa dan permohonan; Asma  ul Husna  juga menjadi subjek kaligrafi Islam.

Dalam salah satu doanya kepada Allah Nabi Muhammad, ketika menyebutkan tingkat penampilan dan pengetahuan nama-nama Allah, disebutkan "... atau nama-nama Anda yang Anda serahkan pada ilmu yang tidak diketahui dan pilih sendiri ," demikian menginformasikan kepada kami bahwa ada nama-nama lain milik Allah yang tidak diketahui atau tidak tampak oleh kita.

99 nama Asmaul Husna, jika dicermati dengan cinta dan hormat, suka dan duka, bisa menjadi ketidakmampuannya untuk dipahami hanya dalam hal cinta dan berkah . Juga tidak tepat untuk menggambarkan Pencipta Yang Mahakuasa, Yang merupakan bagian dari mekanisme besar yang terlihat baik dalam alam hidup maupun mati dan Yang berada dalam keadaan aksi dan reaksi yang konstan, dalam hal ketakutan atau kesedihan.

5 dari 5 halaman

Asmaul Husna dalam Al Quran

Asmaul Husna, nama-nama Allah yang paling indah, disebutkan dalam Al-Qur'an dalam Surat Al -A'raf, ayat 180, Surat Al-Isra, ayat 110; Surat At-Taha, ayat 8 dan Surat Al-Hashr, ayat 22-24. Al-Qur'an menyuruh kita untuk berdoa kepada Allah dengan menggunakan nama-nama terindah-Nya dalam Surat Al-A'raf, ayat 180 dan Surat Al-Isra, ayat 110.

Ayat tentang Nama-nama yang paling indah adalah milik Allah ini memperingatkan kita bahwa melampirkan makna yang tidak sesuai dengan Sang Pencipta dan membandingkan hal-hal lain dengan Allah atau memberikan atribut yang menggambarkan Dia atau nama-Nya kepada sesuatu selain Dia terlihat sebagai "melewati jalan yang salah sehubungan dengan Asma ul  Husna"

Nama-nama Allah mengarah pada penemuan memahami keberadaan-Nya. Artinya, hanya nama-nama yang disebutkan dalam ayat-ayat Alquran dan hadits yang dapat digunakan untuk Allah. Seseorang tidak dapat secara acak memberikan nama kepada-Nya. Allah telah memberikan diri-Nya nama-Nya sendiri. 

Nama selain yang ditemukan dalam ayat-ayat Al-Qur'an tidak dapat dikaitkan dengan Allah. Misalnya, dapat dikatakan bahwa Allah itu  Al-Alim  (Maha Mengetahui); namun, seseorang tidak dapat mengatakan bahwa Allah itu "Bijaksana" atau "Berilmu", karena ini tidak muncul di antara 99 nama.

Beberapa sifat Allah yang ditemukan dalam Al-Qur'an adalah nama-nama yang terdiri dari satu kata, sedangkan yang lain merupakan gabungan dari nama-nama. Nama satu kata berjumlah 99 jumlahnya. Nama-nama ini dibagi menjadi tiga:  Jalal, Jamal dan Kamal. Sifat-sifat Allah yang termasuk dalam nama Jalal diketahui oleh kita melalui Keagungan-Nya yang tak terbatas dan ketuhanan yang tampak melalui ciptaan-Nya di seluruh alam semesta. 

Atribut Jamal, di sisi lain, menjadi jelas dengan berkahnya yang berlimpah, yang kami tanggapi dengan rasa syukur. Nama Kamal mengungkapkan karya seni yang telah diciptakan dengan kesempurnaan dan kebijaksanaan dan mengundang orang untuk merenungkannya.

Allah telah menyembunyikan Ismi Azam (yang terbesar dari semua nama-Nya) di dalam nama-nama-Nya. Hikmah di balik ini adalah untuk menjaga keinginan hamba-Nya untuk  Asma ul Husna  dan mengizinkan doa dilakukan dengan menggunakan semua nama-Nya.

Ulama Islam berbeda pendapat tentang nama Allah yang mana Ismi Azam dari Asma ul Husna. Pendapat sebagian besar ulama adalah bahwa jika ada nama yang memiliki atribut sebagai "nama yang paling agung" maka itu pastilah "Allah", karena ruang lingkup maknanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.