Sukses

17 Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat dengan Bahan Alami, Napas Jadi Lancar

Hidung tersumbat bisa disebabkan oleh lendir atau pembuluh darah yang meradang di sinus Anda.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan hidung tersumbat dengan bahan alami penting untuk diketahui. Hidung tersumbat bisa disebabkan oleh lendir atau pembuluh darah yang meradang di sinus Anda. Kondisi ini sering terjadi kepada siapapun, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Hidung tersumbat bila dibiarkan akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Hidung tersumbat ini terjadi karena pembuluh darah yang meradang di sinus. Hal ini bisa mengakibatkan pilek, flu, alergi, atau infeksi sinus lainnya.

Bagi anda yang sedang mengalami kondisi ini, dengan mengetahui cara menghilangkan hidung tersumbat bisa sangat membantu. Selain menggunakan obat, cara menghilangkan hidup tersumbat dapat dengan bahan alami.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara menghilangkan hidung tersumbat dengan bahan alami yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (24/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat dengan Bahan Alami

1. Menghirup uap

Cara menghilangkan hidung tersumbat yang pertama adalah dengan menggunakan menghirup uap hangat. Kehangatan dan kelembaban dapat menenangkan selaput di dalam hidung, sehingga memberikan kelegaan sementara. Selain itu, dengan melakukan uap hangat juga memungkinkan lendir mengalir lebih baik dan dapat membantu membunuh virus penyebab hidung tersumbat.

2. Minum teh panas

Cara menghilangkan hidung tersumbat yang selanjutnya adalah minum teh panas. Dengan uap yang dihasilkan dari teh panas dapat mengencerkan lendir dan membantu mengeluarkannya dari hidung anda. Untuk bantuan yang lebih cepat, tuangkan air mendidih ke dalam mangkuk besar. Tutupi kepala Anda dengan handuk, condongkan tubuh ke atas mangkuk, dan hirup uapnya. Anda bisa melakukan ini tiga sampai empat kali sehari.

3. Sup ayam

Kaldu panas dapat membantu melonggarkan lendir. Selain itu, sup ayam juga bisa menjadi solusi terbaik. Hal ini akan membantu Anda merasa tidak terlalu pengap, sehingga bisa lega sementara.

3 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat dengan Bahan Alami

4. Permen

Peppermint dan bahan aktif utamanya mentol adalah dekongestan alami dan bahkan dapat mengencerkan kotoran di dada Anda.  Anda juga bisa minum teh peppermint. Untuk mendapatkannya anda bisa beli dari toko, atau buat sendiri. Caranya untuk membuat sendiri adalah seduh 1 sendok teh peppermint kering dalam secangkir air mendidih selama 10 menit. Minum secangkir hingga lima kali sehari.

5. Minyak kayu putih                      

Minyak kayu putih berasal dari daun pohon kayu putih. Minyak kayu putih dipercaya dapat menyembuhkan hidung tersumbat dari jaman dahulu. Komponen tertentu dalam minyak kayu putih mungkin memiliki sifat penyembuhan dan bertindak sebagai:

a. Agen antibakteri

b. Anti-inflamasi

c. Pereda nyeri

d. Obat penenang

Menghirup kayu putih dalam uap atau melalui diffuser dapat membantu mengurangi gejala hidung. Untuk menggunakannya, tambahkan beberapa tetes minyak ke semangkuk air panas atau ikuti petunjuk pada diffuser.

6. Jahe

Cara menghilangkan hidung tersumbat yang selanjutnya adalah memanfaatkan jahe. Pasalnya jahe terkenal memiliki sifat menghangatkan dan antibakteri. Hal ini menjadikan konsumsi jahe mampu melegakan hidung tersumbat dengan efektif. Anda bisa mengonsumsi jahe dengan tambahan madu dan lemon. Jahe ampuh hilangkan racun berlebihan dalam tubuh.

4 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat dengan Bahan Alami

7. Minum coklat panas

Cara menghilangkan hidung tersumbat yang selanjutnya adalah minum coklat panas. Coklat memiliki kandungan antioksidan yang mampu merelaksasi pada hidung. Sebuah studi di Inggris pernah meneliti kaitan antara batuk dan teobromina, salah satu senyawa yang ditemukan dalam kakao. Dibandingkan dengan kodein, teobromina ditemukan lebih efektif dalam menekan batuk. 

8. Cuka apel

Cara menghilangkan hidung tersumbat yang selanjutnya adalah memanfaatkan cuka apel. Banyak ahli gizi berpendapat bahwa cuka sari apel bagus untuk mencegah batuk dan pilek karena ampuh encerkan lendir. Namun saat menggunakannya, anda perlu memperhatikan porsinya.  Jangan berlebihan dan jangan kurang.

9. Garam

Cara menghilangkan hidung tersumbat yang selanjutnya adalah memanfaatkan garam. Bisa dibilang garam termasuk obat alami pilek yang sudah didukung oleh sejumlah penelitian medis. Berkumur dengan air garam bisa membantu melegakan hidung tersumbat. Hal ini disebabkan karena air garam ampuh mencairkan lendir di hidung dan tenggorokan. Caranya, anda hanya perlu melarutkan setengah sendok garam dalam satu gelas air hangat. Kemudian kumur-kumur air garam beberapa detik dan lakukan beberapa kali.

5 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat dengan Bahan Alami

10. Hidrasi

Minum cukup air membantu mengurangi hidung tersumbat. Mempertahankan tingkat hidrasi yang optimal dapat membantu mengencerkan lendir di saluran hidung. Cara mengatasi hidung tersumbat ini bisa mendorong cairan keluar dari hidung dan mengurangi tekanan di sinus. Lebih sedikit tekanan berarti lebih sedikit peradangan dan iritasi.

11. Mandi air hangat

Uap dari air hangat membantu mengencerkan lendir di hidung dan mengurangi peradangan. Mandi air hangat dapat membantu pernapasan kembali normal, setidaknya untuk sementara waktu. Cara menghilangkan hidung tersumbat ini intinya sama dengan menghirup uap.

12. Bawang putih

Cara menghilangkan hidung tersumbat selanjutnya adalah memanfaatkan bawang putih. Bawang putih termasuk bumbu dapur yang ampuh untuk meredakan hidung tersumbat, sehingga sangat cocok sebagai salah satu cara menyembuhkan pilek. Cara menghilangkan hidung tersumbat dengan bawang putih adalah pertama kupas empat sampai lima siung bawang putih. Hancurkan perlahan, lalu tumis, serta tambahkan ke hidangan favorit untuk bisa dikonsumsi.

13. Madu

Cara menghilangkan hidung tersumbat selanjutnya adalah dengan mengonsumsi madu. Menurut penelitian terbaru, madu bisa lebih baik daripada metode konvensional seperti dalam mengobati batuk, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan. Selain itu, madu kaya nutrisi dan tidak diketahui memiliki efek samping, sehingga sangat cocok menjadi salah satu cara menyembuhkan pilek.

6 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat dengan Bahan Alami

14. Obat tradisional

Beberapa ramuan tradisional yang dapat meredakan hidung tersumbat dan menghilangkan dahak atau lendir yang mengental antara lain bawang bombay, jaggery atau gula asal India, kunyit, dan lada hitam. Berikut cara membuatnya:

Bahan

a. 1 sdm – bawang bombay, cincang

b. 1 sdm – jaggery

c. 1/4 sdt – Kunyit

d. Sejumput - Lada hitam

Cara membuatnya:

Pertama, rebus seluruh bahan secara bersamaan selama kurang lebih tiga menit. Setelah mendidih, tuangkan ramuan ke dalam gelas. Tunggu sampai menjadi hangat lalu minumlah.

15. Humidifier

Beberapa orang menemukan bahwa menambahkan kelembapan elektrik udara dari pelembap kabut dingin atau hangat dapat memberikan kelegaan pada hidung tersumbat. Hal ini sangat efektif untuk menghilangkan hidung tersumbat.

16. Makan sesuatu yang pedas

Capsaicin adalah senyawa kimia yang ditemukan dalam cabai. Senyawa ini memiliki efek pengenceran pada lendir yang dapat mengeluarkannya dari hidung. Makanan yang mengandung capsaicin dapat membantu menghilangkan hidung tersumbat.

17. Oleskan minyak esensial di dada

Cara menghilangkan hidung tersumbat lainnya adalah dengan mengoleskan minyak esensial di dada. Minyak atsiri dapat membantu memperbaiki gejala pilek seperti hidung tersumbat dan meningkatkan kualitas tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.