Sukses

8 Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita, Perhatikan Asupan Kalori

Cara mengecilkan perut buncit pada wanita memang tidak mudah. Perlu kerja keras dan ketekunan.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengecilkan perut buncit pada wanita memang tidak mudah. Perlu kerja keras dan ketekunan. Sebab cara mengecilkan perut buncit pada wanita ini merupakan kombinasi dari mengatur pola makan dan latihan.

Memiliki perut buncit memang sangat merepotkan. Perut buncit sering menjadi penyebab pakaian-pakaian lama kita jadi tidak cukup lagi atau menjadi tidak elok saat dikenakan. Di samping itu, perut buncit menjadi pertanda adanya timbunan lemak di bagian itu.

Meski demikian, bagi beberapa wanita yang baru saja melahirkan, perut buncit adalah kondisi yang tidak bisa terhindarkan. Hal itu kadang menimbulkan masalah, mulai dari pakaian lama yang tidak bisa dikenakan lagi hingga memengaruhi kepercayaan diri.

Meski demikian, bukan berarti perut buncit tidak bisa diatasi. Setidaknya ada beberapa cara mengecilkan perut buncit pada wanita. berikut ini adalah cara mengecilkan perut buncit pada wanita, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (23/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Defisit Kalori

Cara mengecilkan perut buncit pada wanita yang tidak bisa dilewatkan dan diabaikan adalah defisit kalori. Defisit kalori adalah kondisi di mana kalori yang dimakan lebih sedikit dari kalori yang dibakar. Wanita dewasa membutuhkan sekitar 2.100 kalori per hari.

Mengacu pada kebutuhan kalori wanita dewasa secara umum tersebut, untuk berada pada kondisi defisit kalori, pastikan asupan kalori kurang dari 2.100 kalori, dan tidak boleh lebih sama sekali. Untuk dapat di kondisi defisit kalori, cobalah untuk menghindari makanan tinggi kalori, dan konsumsi makanan rendah kalori namun mengenyangkan seperti makanan berserat.

2. Makan dengan Pelan

Cara mengecilkan perut buncit pada wanita adalah dengan makan pelan-pelan. Makan pelan-pelan dapat membuat seseorang makan lebih sedikit. Selain itu, makan pelan-pelan membuat kita mengunyah makanan lebih banyak. Dengan lebih banyak mengunyah makanan dikaitkan dengan penurunan asupan makanan, peningkatan rasa kenyang, dan ukuran porsi yang lebih kecil meningkatkan kemungkinan lemak di perut berkurang yang artinya perut buncit hilang pelan-pelan.

3 dari 5 halaman

3. Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Cara mengecilkan perut buncit pada wanita adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi protein. Protein memiliki efek kuat pada nafsu makan. Dalam sebuah studi, ini dapat meningkatkan perasaan kenyang, mengurangi rasa lapar dan membantu makan lebih sedikit kalori.

Hal yang sama diungkap dalam penelitian berjudul A high-protein diet induces sustained reductions in appetite, ad libitum caloric intake, and body weight despite compensatory changes in diurnal plasma leptin and ghrelin concentrations oleh David S Weigle, dkk.

Pada studi tersebut ditemukan peningkatan asupan protein dari 15% menjadi 30% kalori membantu peserta makan 441 kalori lebih sedikit per hari dan kehilangan 11 pon selama 12 minggu, rata-rata, tanpa sengaja membatasi makanan apa pun.

4. Hindari Minuman Karbonasi

Cara mengecilkan perut buncit pada wanita adalah dengan menghindari minuman karbonasi. Minuman berkarbonasi juga merupakan salah satu pemicu perut membuncit. Sebab, minuman berkarbonasi banyak mengandung gas yang dapat terperangkap di dalam perut sehingga menyebabkan buncit.

4 dari 5 halaman

5. Perbanyak Minum Air Putih

Cara mengecilkan perut buncit pada wanita adalah dengan banyak minum air putih. Air putih dapat membantu mengecilkan perut buncit dengan cara meningkatkan sistem metabolisme. Minum air putih sebelum makan juga dapat mencegah kita makan terlalu banyak.

Menariknya lagi, air memiliki 0 (nol) kalori. Dengan kata lain, sebanyak apa pun Anda minum air putih, asupan kalori tidak akan berlebih.

6. Kurangi Konsumsi Gula

Cara mengecilkan perut buncit pada wanita adalah dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis. Gula yang ditambahkan dalam minuman dan makanan masih menjadi satu-satunya hal terburuk dalam diet seperti pengurangan lemak perut.

Dalam beberapa penelitian yang sudah pernah dilakukan, terungkap minuman manis seperti soda telah dikaitkan dengan peningkatan risiko banyak penyakit.

Cobalah cara mengecilkan perut wanita tanpa olahraga dengan mengonsumsi minuman sehat seperti air putih, kopi sedikit gula, dan teh hijau. Begitu pula bisa ganti dengan mengonsumsi buah yang kaya kandungan air.

5 dari 5 halaman

7. Perbanyak Aktivitas Fisik dan Olahraga

Olahraga dan aktivitas fisik merupakan salah satu cara mengecilkan perut buncit pada wanita. Sebab, olahraga dan aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan pembakaran kalori. Agar lebih efektif, pilihlah olahraga kardio seperti mendayung, lari, serta bersepeda selama rata-rata 30 menit dalam sekali waktu.

Cara mengecilkan perut buncit pada wanita yang berikutnya yaitu dengan melakukan olahraga dengan didominasi oleh posisi berdiri. Hal ini dianggap cukup efektif dan menyehatkan bagi tubuh dibandingkan dengan melakukan olahraga sambil duduk. Sebab, saat duduk, tubuh cenderung menahan beban pada satu titik tertentu di tengah-tengah tubuh. Sebaliknya, dengan berdiri justru membuat banyak otot di dalam tubuh dapat bekerja dengan maksimal untuk menahan tubuh.

Setelah dengan defisit kalori dan pembakaran kalori melalui olahraga dan aktivitas fisik, maka tidak ada penumpukan sisa kalori yang sebagian besar akan disimpan di sekitar perut. Sebaliknya, aktivitas fisik dan olahraga yang dikombinasikan dengan defisit kalori akan mendorong tubuh untuk menggunakan cadangan lemak yang disimpan dalam tubuh sebagai sumber energi.

8. Tidur yang Cukup

Cara mengecilkan perut buncit pada wanita adalah dengan tidur yang cukup. Tidur dengan durasi yang cukup dan kualitas yang baik adalah cara mengecilkan perut buncit pada wanita tanpa olahraga. Dalam sebuah studi tahun 2016, para peneliti di King's College London menemukan hubungan antara kurang tidur dan mengonsumsi kalori ekstra.

Dalam penelitian berjudul Short sleep duration is associated with reduced leptin, elevated ghrelin, and increased body mass index oleh Shahrad Taheri, dkk diungkap kurang tidur dapat mengganggu hormon pengatur nafsu makan leptin dan ghrelin. Hormon lain, kortisol, meningkat saat stres.

Secara khusus, mereka menemukan orang yang tidak cukup tidur makan rata-rata 385 kkal lebih banyak per hari daripada orang yang cukup tidur. Cara mengecilkan perut buncit pada wanita tanpa olahraga ini, lakukan dengan memenuhi waktu tidur yang direkomendasikan para ahli, yakni 8 jam perhari bagi orang dewasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.