Sukses

26 Cara Cepat Mengecilkan Perut Buncit, Susut dalam 8 Minggu

Berikut adalah sejumlah cara cepat mengecilkan perut yang dapat membuat perut buncit menyusut hanya dalam waktu 8 minggu.

Liputan6.com, Jakarta Cara cepat mengecilkan perut buncit ini melibatkan kombinasi antara latihan dan menerapkan diet yang tepat. Artinya, untuk dapat mengecilkan perut yang buncit, kita harus menjaga pola makan yang dilengkapi dengan latihan otot perut.

Anda yang ingin memiliki perut yang lebih rata tentu menyadari bahwa cara cepat mengecilkan perut yang akan dibahas di sini bukanlah cara instan. Namun jika Anda melakukan langkah-langkahnya secara rutin dan konsisten, cara cepat mengecilkan perut yang akan dibahas ini akan sangat efektif.

Ada beberapa strategi yang ada dalam cara cepat mengecilkan perut di sini. Yakni dengan menurunkan berat badan dan meningkatkan pertumbuhan otot. Ketika keduanya dikombinasikan dengan diet yang tepat, serta gaya hidup sehat, selain mengecilkan perut, juga akan kesehatan secara keseluruhan.

Berikut adalah cara cepat mengecilkan perut seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (6/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara Cepat Mengecilkan Perut Buncit

1. Kurangi Kalori

Cara cepat mengecilkan perut tentu saja adalah mengurangi asupan kalori. Namun penting untuk tidak mengurangi kalori secara berlebihan. Ini karena tubuh tetap membutuhkan kalori untuk bisa tetap aktif. Makan terlalu sedikit kalori dapat menyebabkan penurunan tingkat metabolisme Anda.

2. Konsumsi Banyak Serat

Selain mengurangi konsumsi kalori, penting juga untuk mengonsumsi banyak serat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan lebih banyak serat larut dapat mengurangi jumlah lemak visceral, sejenis lemak yang banyak di sekitar perut. Makanan yang mengandung banyak serat antara lain adalah Sumber buah-buahan, gandum, barley, kacang-kacangan, dan sayuran tertentu, seperti brokoli dan wortel.

3. Tingkatkan Asupan Probiotik

Cara cepat mengecilkan perut adalah dengan meningkatkan asupan probiotik. Probiotik adalah jenis bakteri baik yang bermanfaat dalam melancarkan pencernaan dan mengontrol berat badan. Asupan probiotik secara teratur dapat mengurangi risiko kenaikan berat badan untuk membantu Anda mencapai dan mempertahankan berat badan.

Beberapa jenis probiotik juga telah terbukti sangat efektif dalam membantu mengurangi lemak, yakni Lactobacillus fermentum, Lactobacillus amylovorus, dan Lactobacillus gasseri.

4. Latihan Cardio

Melakukan cardio atau latihan aerobik, adalah cara terbaik untuk membakar kalori dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa latihan cardio sangat efektif untuk memperkuat bagian tengah tubuh Anda dan mengurangi lemak perut. Contoh latihan cardio antara lain adalah lari, jalan cepat, bersepeda, dan mendayung.

3 dari 7 halaman

Cara Cepat Mengecilkan Perut Buncit

5. Perbanyak Asupan Protein

Cara cepat mengecilkan perut adalah menambah asupan protein. Mendapatkan asupan protein yang cukup dapat meningkatkan metabolisme untuk sementara, mengurangi nafsu makan, dan membantu mempertahankan massa tubuh tanpa lemak. Penelitian menunjukkan bahwa peningkatan asupan protein dapat membantu mengurangi lemak visceral, terutama jika dikombinasikan dengan diet rendah kalori.

6. Makan Makanan Kaya Lemak Tak Jenuh

Asam lemak tak jenuh adalah jenis lemak sehat yang ditemukan dalam berbagai makanan. Menariknya, penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi asam lemak tak jenuh dapat dikaitkan dengan penurunan berat badan. Diet asam lemak tak jenuh juga telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko kenaikan berat badan dan penurunan lemak perut pada anak-anak dan orang dewasa. Makanan tinggi asam lemak tak jenuh tunggal termasuk minyak zaitun, alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian

7. Batasi Asupan Karbohidrat

Cara cepat mengecilkan perut berikunta adalah dengan membatasi asupan karbohidrat. Membatasi asupan karbohidrat telah terbukti memiliki manfaat kesehatan yang nyata, terutama untuk menurunkan berat badan. Lebih khusus lagi, penelitian menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat dapat membantu mengurangi lemak visceral dan lemak perut pada beberapa orang.

8. Latihan Ketahanan

Kehilangan massa otot adalah efek samping yang umum dari diet. Kehilangan massa otot dapat mengurangi tingkat metabolisme Anda, atau jumlah kalori yang Anda bakar setiap hari. Melakukan latihan ketahanan secara teratur dapat mempertahankan massa otot dan membantu mempertahankan atau meningkatkan metabolisme. Selain itu, latihan ketahanan bahkan mungkin efektif untuk mengurangi total lemak tubuh dan lemak visceral.

4 dari 7 halaman

Cara Cepat Mengecilkan Perut Buncit

9. Lakukan Latihan Sambil Berdiri

Latihan sambil berdiri dianggap lebih efektif dalam menambah massa otot. Dengan berdiri, Anda mengaktifkan lebih banyak otot untuk menjaga keseimbangan dan menahan berat badan Anda. Karenanya, Anda akan menghabiskan lebih banyak energi untuk berolahraga. Sebuah studi 2013 membandingkan efek latihan berdiri dan duduk menunjukkan bahwa beberapa latihan berdiri meningkatkan aktivasi otot sebesar 7-25%, dibandingkan dengan duduk. Studi lain menunjukkan bahwa berdiri dapat meningkatkan pernapasan Anda dan sedikit meningkatkan detak jantung Anda dibandingkan dengan duduk.

10. Biasakan Jalan Kaki

Kombinasi diet dan olahraga mungkin merupakan cara cepat mengecilkan perut yang sangat efektif. Namun ternyata, Anda bahkan tidak perlu olahraga untuk dapat mengecilkan perut. Jalan cepat dan teratur telah terbukti efektif mengurangi total lemak tubuh dan lemak yang terletak di sekitar bagian tengah individu yang sudah hidup dengan obesitas.

Faktanya, satu penelitian menunjukkan bahwa jalan kaki hingga 12.000 langkah per hari, ditambah jalan cepat 3 hari per minggu, mereka mengurangi lemak visceral dan lingkar pinggul pada seseorang yang mengalami obesitas setelah 8 minggu.

11. Hindari Minuman Manis

Menghindari minuman manis juga menjadi salah satu cara cepat mengecilkan perut. Minuman manis biasanya tinggi kalori, dan kita bisa menghabiskan lebih banyak minuman seperti ini. Dengan kata lain, akan ada banyak kalori yang akan masuk ke tubuh kita.

Selain itu, minuman manis umumnya juga sarat dengan fruktosa, yang telah dikaitkan langsung dengan penambahan berat badan dan peningkatan lemak perut.

12. Minum Banyak Air

Cara cepat mengecilkan perut adalah dengan minum banyak air. Ini karena air dapat membantu mendukung manajemen berat badan dan mencegah kembung. Minum air dalam jumlah yang banyak dapat meningkaykan metabolisme. Selain itu, minum air sebelum makan dapat membuat Anda merasa lebih kenyang, sehingga Anda dapat makan lebih sedikit kalori. Minum banyak air juga dapat mencegah sembelit.

5 dari 7 halaman

Cara Cepat Mengecilkan Perut Buncit

13. Kurangi Asupan Sodium

Cara cepat mengecilkan perut adalah mengurangi asupan sodium. Sodium yang ada pada garam memiliki sifat mengikat air dalam tubuh yang akan membuat tubuh tampak lebih besar. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan bersodium tinggi akan berpengaruh pada bertambahnya lingkar perut. Untuk melangsingkan perut, salah satu hal yang perlu dilakukan adalah mengurangi asupan sodium.

14. Batasi Konsumsi Makanan Olahan

Makanan olahan seperti kue, makanan cepat saji, dan pasta memang nikmat, tapi makanan olahan dapat menyebabkan naiknya berat badan yang kemudian berdampak pada perut yang membesar. Makanan yang telah melalui banyak proses pengolahan telah kehilangan sebagian besar nutrisi alami yang dimilikinya.  Kemudian yang tersisa hanya gula dan karbohidrat nya saja.Makanan olahan dengan kandungan gula dan karbohidrat tinggi dapat mendorong keinginan makan semakin tinggi.

15. Hindari Konsumsi Alkohol

Mengurahi konsumsi alkohol atau berhenti mengonsumsi alkohol juga merupakan cara cepat mengecilkan perut. Berbagai jenis alkohol seperti bir, wine, dan whiskey memiliki jumlah kalori yang tinggi namun rendah nutrisi. Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan selain dapat memberatkan fungsi ginjal juga dapat menyebabkan obesitas.

16. Tidur Cukup dan Teratur

Orang dewasa setidaknya membutuhkan 8 jam waktu tidur. Jam tidur yang kurang dan tidak teratur dapat mengganggu hormon yang ada di dalam tubuh, termasuk hormon pengatur nafsu makan Ghrelin. Jam tidur teratur juga dapat memperbaiki sistem metabolisme tubuh dan dapat memaksimalkan pembakaran lemak di tubuh termasuk di perut.

17. Makan Secara Perlahan

Otak manusia memerlukan waktu untuk memproses informasi dari sistem pencernaan bahwa ia sudah cukup makan atau kenyang. Orang yang mengunyah makan dengan cepat cenderung mengkonsumsi makanan lebih banyak daripada yang mengunyah secara lambat. Mengunyah makanan secara perlahan dapat menurunkan jumlah asupan makanan yang dikonsumsi.

6 dari 7 halaman

Cara Cepat Mengecilkan Perut Buncit

18. Berenang

Benang juga menjadi olahraga favorit untuk mengecilkan perut. Saat melakukan aktivitas berenang, semua otot tubuh bergerak. Hal inilah yang membantu mendorong terjadinya pembakaran lemak di seluruh bagian tubuh. Selain mengecilkan perut, rutin berenang dapat membantu memperbaiki postur tubuh menjadi lebih baik.

19. Plank

Plank juga menjadi jenis olahraga yang banyak dipilih untuk mengecilkan perut. Meski bukan jenis olahraga yang memerlukan banyak gerakan, plank terbukti mampu membuat perut, paha dan lengan mengecil dan kencang.

20. Puasa Intermiten

Sebagai salah satu cara cepat mengecilkan perut buncit, kamu dapat mencoba puasa intermiten. Puasa intermiten adalah pola makan yang berputar antara periode makan dan periode puasa. Puasa intermiten bisa membantumu untuk membakar lemak yang menumpuk dalam tubuhmu.

21. Hindari Stres

Cara cepat mengecilkan perut buncit secara alami yang aman dan sehat selanjutnya adalah dengan menghindari stres. Pasalnya, stres dapat meningkatkan nafsu makan seseorang dan mendorong penyimpanan lemak perut. Hal ini disebabkan karena pelepasan hormon stres kortisol mempengaruhi nafsu makan seseorang yang kemudian mendorong orang tersebut untuk makan lebih banyak.

7 dari 7 halaman

Cara Cepat Mengecilkan Perut Buncit

22. Mengonsumsi Cuka Sari Apel

Cuka sari apel diketahui memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu, meminum cuka sari apel secara rutin juga dapat membantumu untuk mengurangi lemak perut yang menumpuk, membuat perut buncitmu menjadi mengecil. Cara mengecilkan perut buncit menggunakan cuka sari apel adalah dengan mengkonsumsi sebanyak 2 sendok makan (15–30 ml) cuka sari apel per hari. Pastikan untuk mengencerkan cuka sari apel tersebut terlebih dahulu dengan air. Bila tidak, cuka tersebut dapat mengikis lapisan enamel pada gigi.

23. Olahraga Lunges

Cara cepat mengecilkan perut juga paha bisa dilakukan dengan posisi kaki terbuka selebar bahu dengan posisi kaki menghadap ke depan. Kemudian langkahkan kaki kiri dan kanan secara bergantian ke depan (jarak yang tidak panjang) sambil menurunkan badan sampai lutut membentuk sudut 90 derajat. Tahan posisi selama beberapa detik dan lakukan antara kaki kanan dan kiri secara bergantian.

24. Traditional Squat

Beberapa cara cepat mengecilkan perut dan paha juga bisa dilakukan dengan melakukan traditional squat:

Langkah pertama yang dilakukan, adalah berdiri tegak, lalu osisi kaki terbuka selebar bahu. Rentangkan kedua tangan ke depan, kemudian kencangkan perut dan tarik napas dalam dalam. Selanjutnya, tekuk lutut dan dan dorong bokong ke belakang, gerakan ini seperti gerakan mau duduk. Lakukan gerakan ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

25. Plie Squat

Selain itu, cara cepat mengecilkan perut dan paha juga bisa dilakukan dengan plie squat. Tahapan dalam melakukan plie squat adalah sebagai berikut. Posisi berdiri lalu buka kaki selebar bahu (pastikan jari-jari kaki menghadap keluar). Selanjutnya angkat kedua tangan dan luruskan ke depan. Jongkok dengan perlahan sampai posisi lutut membentuk sudut 90 derajat, dan tahan selama beberapa detik kemudian berdiri kembali.

26. Lompat Tali

Cara cepat mengecilkan perut dan paha dengan melakukan aktivitas fisik berikutnya juga bisa dengan melakukan lompat tali. Cara ini merupakan cara yang sangat sederhana untuk dilakukan, serta secara efektif dapat mengurangi berat badan termasuk mengecilkan paha. Gerakan lompat secara berkelanjutan ini, juga dapat membakar lemak yang ada di bagian paha. Lakukan lompat tali ini selama 20 menit dalam sehari. Dengan melakukan olahraga rutin ini secara alami, maka manfaat baiknya dapat kamu nikmati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.