Sukses

Apa yang Menjadi Penyebab Hancurnya Daulah Abbasiyah Adalah? Ini Jawabannya

Sejarah Daulah Abbasiyah dan hal yang menjadi penyebab hancurnya Daulah Abbasiyah.

Liputan6.com, Jakarta Pertanyaan tentang apa yang menjadi penyebab hancurnya Daulah Abbasiyah adalah hal yang sering muncul saat kita mempelajari tentang sejarah Daulah Abbasiyah. Tercatat dalam sejarah, nyatanya kemunduran dan kehancuran Daulah Abbasiyah bukanlah serangkaian peristiwa yang tiba-tiba terjadi, terdapat banyak faktor yang menyebabkan hal ini dapat terjadi. 

Salah satu hal yang menjadi penyebab hancurnya Daulah Abbasiyah adalah munculnya banyak Kekhalifahan lainnya, di mana Khalifah tertentu menjadi sangat kuat, dan memperoleh lebih banyak kontrol serta pengaruh atas kekuasaan. Selain itu banyak faktor eksternal dan internal lainnya yang menjadi penyebab hancurnya Daulah Abbasiyah saat itu. 

Mempelajari apa yang menjadi penyebab hancurnya Daulah Abbasiyah adalah hal yang menarik untuk ditelusuri, dan untuk mempelajarinya diperlukan pemahaman akan sejarah awal berdirinya Daulah Abbasiyah, hingga akhirnya sampai pada tahap keruntuhan Daulah Abbasiyah terjadi.

Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang sejarah dan hal yang menjadi penyebab hancurnya Daulah Abbasiyah, Kamis (23/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dinasti Daulah Abbasiyah

Dinasti Abbasiyah adalah garis keturunan yang berkuasa dari Kekhalifahan Abbasiyah, sebuah negara Islam Abad Pertengahan yang memerintah Afrika Utara dan Timur Tengah dari 750 M hingga 1258 M. Untuk keperluan artikel ini, istilah Dinasti Abbasiyah dan Kekhalifahan Abbasiyah akan digunakan secara sinonim, karena sejarah mereka tidak dapat dipisahkan.

Kekhalifahan Abbasiyah adalah kekhalifahan Muslim ketiga setelah Kekhalifahan Rashidun dan Kekhalifahan Umayyah. Itu juga merupakan dinasti Muslim kedua setelah Dinasti Umayyah, karena penguasa selama dinasti ini hanya milik keluarga Abbasiyah. Bani Abbasiyah naik tahta pada tahun 750 M setelah jatuhnya Dinasti Umayyah. 

Mereka memerintah hampir seluruh dunia Muslim baik secara langsung atau tidak langsung selama lebih dari 500 tahun hingga 1258 M. Pada 1258, bangsa Mongol menduduki Baghdad dan membunuh khalifah Abbasiyah terakhir Mu'tasim yang  membawa kejatuhan  Kekhalifahan Abbasiyah.

Meskipun Abbasiyah tetap menjadi khalifah selama lebih dari 500 tahun, penurunan bertahap kekaisaran mereka dimulai hampir sejak awal. Namun kehancuran Daulah Abbasiyah sendiri disebabkan oleh banyak faktor yang terus menumpuk hingga akhirnya kehancuran dinasti tidak dapat dihindari.

Garis Waktu Daulah Abbasiyah

Garis waktu berikut memberikan perkembangan singkat dari peristiwa sejarah mengenai Dinasti Daulah Abbasiyah :

- 632 M : Kematian Nabi Muhammad SAW

- 750 M : Dinasti Umayyah dikalahkan Abbasiyah, menandai dimulainya Daulah Abbasiyah.

- 751 M : Abbasiyah muncul sebagai pemenang dalam Pertempuran Talas melawan Tiongkok.

- 775 M : Awal Zaman Keemasan Abbasiyah.

- 861 M : Akhir Zaman Keemasan Abbasiyah.

- 1258 M : Pengepungan Baghdad, menandai berakhirnya Kekhalifahan Abbasiyah.

 
3 dari 5 halaman

Kebangkitan Dinasti Abbasiyah

Bangkitnya Dinasti Abbasiyah berarti berakhirnya Kekhalifahan Umayyah (661-750), sebuah negara kuat yang terbentuk setelah kematian Nabi Muhammad SAW. Yang penting, dinasti penguasa Kekhalifahan Umayyah tidak terkait dengan garis keturunan Nabi Muhammad SAW, pendiri agama Islam. 

Selain itu, banyak penguasa Bani Umayyah yang menindas dan tidak memberikan hak yang sama kepada orang Muslim non-Arab di negara mereka. Kristen, Yahudi, dan praktik lainnya juga ditundukkan. Konten sosial yang diseduh oleh kebijakan Umayyah membuka pintu bagi pergolakan politik.

Keluarga Abbasiyah, keturunan Muhammad yang terkenal, siap mempertaruhkan klaim mereka. Menggalang dukungan dari Arab dan non-Arab, Abbasiyah memimpin kampanye yang dikenal sebagai Revolusi Abbasiyah. Bani Umayyah dikalahkan dalam pertempuran, dan kepemimpinannya mulai melarikan diri. 

Meskipun demikian, Abbasiyah memburu dan membunuh mereka, menodai makam penguasa Umayyah yang dibenci, dan mendapatkan dukungan untuk gerakan mereka. Abu al-'Abbas as-Saffah memimpin keluarganya menuju kemenangan pada tahun 1750; pada tahun yang sama, dia dinyatakan sebagai khalifah dari kekhalifahan baru.

Siap untuk memperkuat haknya untuk memerintah, As-Saffah mengarahkan pasukannya untuk meraih kemenangan dalam Pertempuran Talas pada 1751 melawan Dinasti Tang Tiongkok. Menang, As-Saffah mengokohkan kekuatan Dinasti Abbasiyah dan mengembalikan rampasan perang dari musuh China-nya, termasuk metode dan teknologi pembuatan kertas.

Dinasti Abbasiyah segera mulai memperluas kekuasaannya, bermaksud untuk mendapatkan dukungan dari setiap warga negara di dalam kerajaannya yang tersebar luas dan dari kekuatan luar negeri. Segera, bendera hitam Dinasti Abbasiyah berkibar di atas kedutaan dan prosesi politik di Afrika Timur dan Cina dan di atas tentara Islam yang menyerang Kekaisaran Bizantium di barat.

4 dari 5 halaman

Hal yang Menjadi Penyebab Hancurnya Daulah Abbasiyah Adalah

1. Perbedaan dengan Syiah

Abbasiyah dan Syiah bersama-sama selama gerakan Hashemite yang mengakhiri Kekhalifahan  Umayyah. Namun perbedaan antara kedua partai tersebut dimulai beberapa tahun setelah munculnya Kekhalifahan Abbasiyah. Syiah mengharapkan untuk menjadi penguasa setelah jatuhnya Bani Umayyah tetapi sebaliknya, Abbasiyah sendiri mengambil tahta. Itu mengakibatkan konflik Sunni-Syiah lainnya . 

Ini mendorong Syiah untuk mengorganisir beberapa pemberontakan  (terutama pemberontakan Alid tahun 762-763 dan 786) melawan Abbasiyah yang mengakibatkan melemahnya kekhalifahan. Fatimiyah (Syiah Ismaili) merebut Afrika Utara dan Hijaz dan Dinasti Buyid menguasai wilayah Persia, Irak, dan Oman pada abad ke-10 . 

Abad. Di sisi lain, organisasi teror Syiah Qaramitah dan Assassins (dipimpin oleh Hasan bin Sabah) juga menimbulkan masalah di berbagai belahan dunia Islam. Syiah juga mendukung Hulagu Khan selama invasi suksesnya ke Baghdad. Semua pemberontakan dan konspirasi ini melemahkan kekhalifahan secara menyedihkan.

2. Perang Sipil

Abad ke -9 dilanda dua perang saudara di Kekhalifahan Abbasiyah. Perang saudara Abbasiyah pertama (811-819), yang dikenal sebagai Fitnah Keempat atau Perang Saudara Muslim Keempat, terjadi antara dua bersaudara Amin dan Mamun. Kekhalifahan Abbasiyah mencapai puncaknya pada era Harun al-Rashid, tetapi perang saudara antara kedua putranya melemahkan kekhalifahan. 

Mamun tetap menang tetapi perang saudara mengendurkan cengkeraman kekhalifahan di beberapa daerah. Salah satu yang menonjol adalah munculnya dinasti Tahirid di Khurasan. Dinasti otonom ini dianggap sebagai dinasti Iran independen pertama setelah Kekaisaran Sassanid. Perang saudara Abbasiyah kedua (dikenal sebagai Fitna Kelima) terjadi pada 865-866. 

Perang ini terjadi selama periode yang dikenal sebagai Anarki di Samarra (861-870). Selama kerusuhan ini, 4 khalifah saling menggantikan setelah masa pemerintahan mereka yang singkat. Kedua perang saudara ini menolak otoritas kekhalifahan secara menyedihkan. Kecenderungan pemberontakan dan dinasti otonom meningkat dan menghancurkan kekhalifahan secara ekonomi juga.

3. Pemberontakan Abad ke-9

Ketidakstabilan internal yang disebabkan oleh perang saudara mengakibatkan munculnya dua pemberontakan besar. Yang terbesar adalah pemberontakan oleh Khawarij , kelompok anarkis. Pemberontakan ini berlanjut selama 30 tahun (866-896) di hampir seluruh wilayah Irak modern. Selain itu, Pemberontakan Zanj (869-883) juga menghancurkan sebagian besar kekhalifahan dan memulai kemunduran Kekhalifahan Abbasiyah.

5 dari 5 halaman

Hal yang Menjadi Penyebab Hancurnya Daulah Abbasiyah Adalah

4. Dinasti Otonom

Bani Umayyah dengan ketat mempertahankan aturan sentral di seluruh kekhalifahan. Tetapi berbagai wilayah kekhalifahan mulai hancur selama Kekhalifahan Abbasiyah. Akibatnya, beberapa dinasti otonom dan semi-otonom muncul di daerah-daerah yang jauh dari pusat selama Kekhalifahan Abbasiyah. 

Negara otonom pertama adalah Emirat Cordoba di mana Bani Umayyah menjadi penguasa berdaulat pada tahun 756 M. Belakangan, beberapa penguasa lain di berbagai bagian kekhalifahan berpisah dari Abbasiyah, dan beberapa dinasti terbentuk di abad-abad berikutnya. 

Meskipun sebagian besar dinasti menerima suzerainty dari Abbasiyah, mereka tetap independen dalam urusan mereka. Kehilangan kendali pusat atas sebagian besar wilayah kekaisaran terbukti menjadi alasan penting kemunduran dan kejatuhan Kekhalifahan Abbasiyah.

5. Peran Jenderal Turki

Orang-orang dari Persia dan Khurasan adalah pendukung awal Dinasti Abbasiyah. Namun segera perbedaan terjadi antara dinasti yang berkuasa dan pendukungnya karena perbedaan agama dan politik. Itu memaksa Abbasiyah untuk menghilangkan pengaruh Persia. Berbeda dengan Dinasti Umayyah, Abbasiyah tidak disambut baik oleh banyak orang Arab dan mereka mempercayai orang Turki yang baru memeluk Islam sebagai pendukung mereka.

Awalnya, pasukan Turki membantu Abbasiyah untuk mendapatkan kembali kendali atas beberapa wilayah (terutama Irak) dari dinasti lain. Tapi kemudian Turki menjadi pembuat raja yang menggoyahkan kekhalifahan secara internal. Mereka mendirikan negara otonom mereka di beberapa bagian kekhalifahan di mana kekuasaan Abbasiyah sangat minim. Bangkitnya orang Turki di panggung politik juga terbukti menjadi alasan penting jatuhnya Kekhalifahan Abbasiyah.

6. Invasi Mongol

Pada awal abad ke-13 , suku-suku Mongol bersatu dan bangkit di bawah kepemimpinan Jenghis Khan. Belakangan, mereka mulai menginvasi dan merebut wilayah di sekitar Mongolia. Segera, mereka menduduki Cina, Asia Tengah, dan Eropa Timur. Bangsa Mongol memulai invasi mereka melawan Abbasiyah pada tahun 1236 tetapi sebagian besar invasi mereka gagal melawan militer Kekhalifahan yang kuat.

Invasi terakhir bangsa Mongol dimulai pada 1257 ketika beberapa kerajaan Kristen juga membantu bangsa Mongol. Setelah merebut daerah terdekat dari berbagai faksi, bangsa Mongol mencapai Bagdad pada tahun 1258. Khalifah Abbasiyah terakhir terlalu takut untuk berperang melawan penjajah dan dia menyerah kepada bangsa Mongol setelah pengepungan yang berhasil. Kemudian, khalifah Mu'tashim dibunuh dan bangsa Mongol menjarah dan menghancurkan seluruh kota Baghdad yang menandai berakhirnya Kekhalifahan Abbasiyah. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.