Sukses

Viral Kisah Nenek yang Hidup Sebatang Kara, Pilu Rumahnya Selalu Kebanjiran

Kisah pilu seorang nenek yang hidup sendiri, keadaan rumahnya begitu memprihatinkan karena selalu kebanjiran.

Liputan6.com, Jakarta Impian masa tua paling indah adalah bisa menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah. Berbincang dengan anak, dan bermain bersama cucu. Namun, tidak semua mimpi itu bisa diwujudkan oleh setiap orang. Seperti yang dirasakan oleh seorang nenek tua yang diunggah oleh laman TikTok @yanimodeungu77.

Dalam akun tersebut, memperlihatkan seorang nenek yang sudah lanjut usia hidup sebatang kara di sebuah rumah. Rumah yang terlihat dalam video pun terlihat sudah tua dengan dinding kayu yang rapuh. Pada keterangan dalam video, rumah nenek tersebut berada tepat di pinggir sungai.

Oleh karena berdiri di pinggir sungai, rumah yang tampak reyot itu pun kerap terendam banjir saat sungainya meluap. Belum diketahui lokasi rumah itu berada, namun banyak warganet yang prihatin dengan nasib pilu sang nenek di masa tuanya.

"Lansia sebatang kara, yang selalu kebanjiran karena rumah beliau persis pinggir sungai," tulis pemilik akun TikTok @yanimodeungu77 dalam video unggahan, seperti dirangkum Liputan6.com pada Rabu (22/2/2023)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kondisi rumah memprihatinkan

Video yang berdurasi 19 detik itu pun langsung viral di kalangan warganet. Banyak yang ikut terharu dengan kondisi hidup nenek tersebut. Tidak hanya kebanjiran, rumah yang ia tinggali pun begitu memprihatinkan kondisinya. Dinding kayu tua yang beralas tanah menjadi bagian dari hidup seorang lansia.

Belum diketahui lokasi rumah dalam video tersebut. Hanya disebutkan kalau tempat tinggalnya berdiri di dekat sungai. Dijelaskan juga kalau nenek itu hidup sebatang kara. Dalam rumah kecil itu, tak terlihat ada sanak saudara yang menemaninya. Ia juga tampak pasrah dengan kondisi rumahnya yang terendam banjir.

3 dari 4 halaman

Dapat bantuan tetangga

Kondisi nenek tersebut membuat prihatin warga sekitar. Rumahnya yang terendam banjir itu juga tampak sudah bolong-bolong di beberapa bagian. Hal itu lah yang membuat air mudah masuk. Atapnya juga tampak bocor, terlihat ada terpal yang dipasang pada bagian atap.

Beruntung para tetangga masih berbaik hati memberikan bantuan makanan kepada sang nenek. Para tetangga secara bergantian memberikan makanan setiap hari untuk nenek tua tersebut. Dalam video, nenek itu terlihat begitu bahagia saat menerima makanan dan uang dari pemilik akun.

"Beruntung nenek punya tetangga baik yang selalu gantian kasih makanan," tulis keterangan dalam video.

4 dari 4 halaman

Komentar warganet

Kondisi yang memilukan itu bikin warganet ikut prihatin. Video yang kini sudah ditonton hingga 3,2 juta kali itu menuai berbagai komentar warganet. Banyak yang khawatir dengan kondisi nenek tua itu yang berjalan tanpa alas kaki dalam rendaman banjir. Tak sedikit pula yang penasaran di mana keluarga dan perhatian pemerintah.

"Pada dimana sih perangkat desanya," tulis akun @momkeisya3.

"Anak-anaknya dmna? kluarganya dmna?" tulis akun @noey200589.

"Bedah rumah nih harus kesini bantu neneknya," tulis akun @kmunnyk73.

"YaAllah nenek:(( sehat selalu ya. semoga dilimpahkan rejekinya," tulis akun @cehaeri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.