Sukses

97 Contoh Kata Teknis dalam Berbagai Bidang, Lengkap Artinya

Kumpulan contoh kata teknis.

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang dimaksud dengan kata teknis? Kata teknis adalah kata kerja yang umum digunakan dalam berbagai bidang atau profesi. Keberadaan contoh kata teknis dalam bahasa Indonesia, mudah dijumpai dalam teks prosedur.

Dalam buku berjudul TOP ONE Ulangan Harian SMA/MA IPA Kelas XI oleh Tim Super Tentor, kata teknis adalah kata yang menunjukkan kekhasan suatu kata terhadap topik teks prosedur yang dibahas.

Kata teknis umumnya digunakan dalam bidang kedokteran, biologi, kehutanan, pendidikan, teknologi, hingga bisnis. Peranan dari keberadaan contoh kata teknis dalam kehidupan, memudahkan dalam komunikasi, lebih ringkas dan tidak ambigu. Simak penjelasannya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang contoh kata teknis dalam berbagai bidang dan artinya, Sabtu (25/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Contoh Kata Teknis dan Artinya

1. Contoh Kata Teknis dalam Bidang Biologi

- Akinet adalah contoh kata teknis dalam bidang biologi yang artinya sel berdinding tebal pada Cyanobacteria.

- Ametabola adalah contoh kata teknis dalam bidang biologi yang artinya erkembangan insekta berupa pertambahan ukuran saja tanpa perubahan bangun-bangun.

- Amfibi adalah contoh kata teknis dalam bidang biologi yang artinya binatang yang dapat hidup di dua alam, adalah contoh kata teknis dalam bidang biologi yang artinya darat dan air.

- Amebosit adalah contoh kata teknis dalam bidang biologi yang artinya sel-sel seperti Amoeba pada babak mesoglea porifera yang befungsi mengedarkan makanan dan oksigen ke sel-sel tubuh lainnya.

- Amonifikasi adalah contoh kata teknis dalam bidang biologi yang artinya penguraian nitrogen menjadi amonia.

- Gamet adalah contoh kata teknis dalam bidang biologi yang artinya sel kelamin pada reproduksi seksual

- Gametangium adalah contoh kata teknis dalam bidang biologi yang artinya sel reproduksi seksual tumbuhan yang menghasilkan gamet.

- Gametofit adalah contoh kata teknis dalam bidang biologi yang artinya generasi tumbuhan yang menghasilkan gamet (fase seksual).

- Gametofit beseksual adalah contoh kata teknis dalam bidang biologi yang artinya gametofit yang mempunyai anteridium dan arkegonium.

- Gametofit uniseksual adalah contoh kata teknis dalam bidang biologi yang artinya gametofit yang mempunyai anteridium atau arkegonium saja.

- Gastrodermis adalah contoh kata teknis dalam bidang biologi yang artinya sel-sel yang melapisi gastrosol pada Coelenterata.

- Gastrosol adalah contoh kata teknis dalam bidang biologi yang artinya rongga tubuh Coelenterata yang berfungsi untuk pencernaan.

- Gemma cup adalah contoh kata teknis dalam bidang biologi yang artinya struktur berupa mangkuk kecil yang mengandung himpunan lumut kecil pada lumut hati, berfungsi untuk reproduksi aseksual.

- Gemmule adalah contoh kata teknis dalam bidang biologi yang artinya tunas internal yang dihasilkan menjelang musim dingin di dalam tubuh porifera yang hidup di air tawar.

2. Contoh Kata Teknis dalam Bidang Kesehatan

- Resep adalah contoh kata teknis dalam bidang kesehatan yang artinya Catatan dari dokter untuk apoteker mengenai obat pasien.

- Vaksin adalah contoh kata teknis dalam bidang kesehatan yang artinya Zat yang sengaja dibuat untuk merangsang pembentukan kekebalan tubuh dari penyakit tertentu.

- Amputasi adalah contoh kata teknis dalam bidang kesehatan yang artinya Hilang atau putusnya bagian tubuh, seperti jari, lengan, atau tungkai.

- Koma adalah contoh kata teknis dalam bidang kesehatan yang artinya Tingkatan paling dalam ketika seseorang tidak sadarkan diri.

- Pingsan adalah contoh kata teknis dalam bidang kesehatan yang artinya Hilangnya kesadaran sementara yang terjadi secara tiba-tiba.

- Cowboy adalah contoh kata teknis dalam bidang kesehatan yang artinya Istilah yang dipakai untuk mengatakan atau memanggil para ahli bedah untuk menyarankan mereka untuk melakukan tindak operasi terlebih dahulu dan berpikir kemudian.

- Flea adalah contoh kata teknis dalam bidang kesehatan yang artinya Sebutan mengejek yang diberikan beberapa dokter kepada ahli penyakit dalam, orang yang berspesialisasi dalam pengobatan internal.

- Fooba adalah contoh kata teknis dalam bidang kesehatan yang artinya Istilah untuk menggambarkan kondisi pasien, untuk menyarankan kepada dokter ortopedi untuk memperbaiki tulang pasien.

- Gomer adalah contoh kata teknis dalam bidang kesehatan yang artinya Untuk pasien yang bermasalah, misalnya pasien-pasien yang sudah tua yang sering dirawat di rumah sakit dengan sejumlah kondisi kesehatan yang rumit.

- Horrendoma adalah contoh kata teknis dalam bidang kesehatan yang artinya Merujuk pada kondisi medis yang sangat mengerikan atau tidak biasa.

- Cheech adalah contoh kata teknis dalam bidang kesehatan yang artinya Untuk merujuk pada setiap tes yang dapat dibayangkan untuk menyelesaikan suatu kondisi medis yang membingungkan.

- Aborsi adalah contoh kata teknis dalam bidang kesehatan yang artinya Tindakan mengakhiri kehamilan.

3. Contoh Kata Teknis dalam Bidang Teknologi

- Subscribe adalah contoh kata teknis dalam bidang teknologi yang artinya Opsi yang ditawarkan oleh vendor produk atau penyedia layanan yang memungkinkan pelanggan bisa mendapatkan akses ke produk atau layanan.

- Follow adalah contoh kata teknis dalam bidang teknologi yang artinya Mengikuti media sosial seseorang yang digunakan untuk mengetahui kabar seseorang, postingan atau kiriman seseorang yang dikirim di media sosial.

- Komputer adalah contoh kata teknis dalam bidang teknologi yang artinya Alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.

- Bandwidth adalah contoh kata teknis dalam bidang teknologi yang artinya Jumlah konsumsi transfer data yang dihitung dalam satuan waktu bit per second (bps).

- Chat adalah contoh kata teknis dalam bidang teknologi yang artinya Segala bentuk komunikasi yang menggunakan Internet.

- SMS adalah contoh kata teknis dalam bidang teknologi yang artinya Sebuah layanan yang dilaksanakan dengan sebuah telepon genggam untuk mengirim atau menerima pesan-pesan pendek.

- Surat elektronik adalah contoh kata teknis dalam bidang teknologi yang artinya Sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet).

- Monitor adalah contoh kata teknis dalam bidang teknologi yang artinya Salah satu perangkat keras sebagai output data secara grafis.

- Unduh (download) adalah contoh kata teknis dalam bidang teknologi yang artinya Suatu proses transmisi sebuah file atau data dari sebuah sistem komputer ke sistem komputer yang lainnya.

- Unggah (upload) adalah contoh kata teknis dalam bidang teknologi yang artinya Istilah yang digunakan untuk menggambarkan proses transfer berkas pemindahan data elektronik antara dua komputer atau sistem serupa lainnya.

- Browser adalah contoh kata teknis dalam bidang teknologi yang artinya Perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi dari Internet.

- Booting adalah contoh kata teknis dalam bidang teknologi yang artinya Istilah yang dipakai untuk menyebutkan proses loading awal saat kita menghidupkan komputer.

- Ebook adalah contoh kata teknis dalam bidang teknologi yang artinya Buku dalam versi digital.

3 dari 3 halaman

Contoh Kata Teknis dan Artinya

4. Contoh Kata Teknis dalam Bidang Kehutanan

- Adaptasi adalah contoh kata teknis dalam bidang kehutanan yang artinya Cara bagaimana organisme mengatasi tekanan lingkungan sekitarnya untuk bertahan hidup.

- Abrasi adalah contoh kata teknis dalam bidang kehutanan yang artinya Suatu proses pengikisan pantai yang diakibatkan oleh tenaga gelombang laut dan arus laut atau pasang surut arus laut yang bersifat merusak.

- Erosi adalah contoh kata teknis dalam bidang kehutanan yang artinya Proses alami pengikisan tanah lapisan atas oleh air, angin atau es.

- Reboisasi adalah contoh kata teknis dalam bidang kehutanan yang artinya Penanaman kembali hutan yang telah ditebang (tandus, gundul).

- Limbah adalah contoh kata teknis dalam bidang kehutanan yang artinya Buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga).

- Bencana alam adalah contoh kata teknis dalam bidang kehutanan yang artinya Bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam.

- Erupsi adalah contoh kata teknis dalam bidang kehutanan yang artinya Suatu aktivitas gunung vulkanik aktif yang mengeluarkan gas dan lava dari lubang vulkanik.

- Agraris adalah contoh kata teknis dalam bidang kehutanan yang artinya Suatu keadaan dimana profesi penduduk suatu negara sebagian besar bertani.

- Agrikultur adalah contoh kata teknis dalam bidang kehutanan yang artinya Suatu upaya untuk memproduksi atau membuat makanan, pangan, serat dan hasil lainnya dalam bidang pertanian yang memerlukan tenaga manusia, yang di dalamnya pun termasuk berbagai jenis tanaman tertentu serta pertambahan pada berbagai hewan lokal.

- Tsunami adalah contoh kata teknis dalam bidang kehutanan yang artinya Gelombang air besar yang diakibatkan oleh gangguan di dasar laut, seperti gempa bumi.

- Ekosistem adalah contoh kata teknis dalam bidang kehutanan yang artinya Sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

- Banjir adalah contoh kata teknis dalam bidang kehutanan yang artinya Kejadian alam di mana suatu daerah atau daratan yang biasanya kering menjadi terendam air.

- Terasering adalah contoh kata teknis dalam bidang kehutanan yang artinya Suatu teknik bercocok tanam dengan sistem bertingkat (berteras- teras) sebagai upaya pencegahan erosi tanah.

- Suaka margasatwa adalah contoh kata teknis dalam bidang kehutanan yang artinya Kawasan suaka alam yang memiliki ciri khas berupa keunikan dan atau keanekaragaman jenis satwa yang untuk kelangsungan hidupnya dapat dilakukan pembinaan terhadap habitatnya.

- Penghijauan adalah contoh kata teknis dalam bidang kehutanan yang artinya Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk melestarikan alam yaitu dengan penanaman pohon yang dilakukan di kawasan tertentu selain hutan.

- Pencemaran adalah contoh kata teknis dalam bidang kehutanan yang artinya Masuk atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan.

5. Contoh Kata Teknis dalam Bidang Bisnis

- Manajer Investasi adalah contoh kata teknis dalam bidang bisnis yang artinya Pihak atau perusahaan yang akan mengelola dana investor melalui portofolio efek.

- Portofolio adalah contoh kata teknis dalam bidang bisnis yang artinya Abungan instrumen investasi yang dimiliki oleh investor (baik itu perorangan maupun institusi).

- Emiten adalah contoh kata teknis dalam bidang bisnis yang artinya Pihak yang memperoleh dana dari pasar modal dengan menerbitkan dan menjual efek kepada masyarakat umum.

- Diversifikasi adalah contoh kata teknis dalam bidang bisnis yang artinya Istilah investasi yang digunakan untuk alokasi dana ke dalam beberapa jenis instrumen.

- Return adalah contoh kata teknis dalam bidang bisnis yang artinya Istilah dari hasil yang kamu peroleh dari investasi.

- Capital Gain adalah contoh kata teknis dalam bidang bisnis yang artinya Istilah investasi yang menggambarkan hasil dari investasi yang sudah kamu lakukan.

- Likuiditas adalah contoh kata teknis dalam bidang bisnis yang artinya Istilah investasi yang digunakan untuk menggambarkan seberapa mudah investasi dapat dicairkan atau dijadikan uang tunai kembali.

- Initial Public Offering (IPO) adalah contoh kata teknis dalam bidang bisnis yang artinya Istilah yang digunakan untuk menggambarkan saat pertama perusahaan melepas sahamnya ke bursa saham.

- Volatilitas adalah contoh kata teknis dalam bidang bisnis yang artinya Istilah untuk fluktuasi harga instrumen investasi yang bisa menjadi patokan bagi para calon investor.

- Indeks adalah contoh kata teknis dalam bidang bisnis yang artinya Angka yang menunjukkan harga rata-rata dari beberapa perusahaan yang terdaftar di dalam satu indeks.

- Dividen adalah contoh kata teknis dalam bidang bisnis yang artinya Keuntungan (laba) yang didapatkan oleh perusahaan, lalu dibagikan kepada pemegang saham.

- Deposit adalah contoh kata teknis dalam bidang bisnis yang artinya Istilah investasi yang menggambarkan penyimpanan uang ke rekening saham.

- Lot adalah contoh kata teknis dalam bidang bisnis yang artinya Satuan resmi yang telah ditetapkan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam transaksi jual beli saham.

6. Contoh Kata Teknis dalam Bidang Pendidikan

- Standar Kompetensi Lulusan adalah contoh kata teknis dalam bidang pendidikan  yang artinya kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

- Standar Isi adalah contoh kata teknis dalam bidang pendidikan  yang artinya kriteria mengenai ruang lingkup materi dan tingkat Kompetensi untuk mencapai Kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.

- Standar Proses adalah contoh kata teknis dalam bidang pendidikan  yang artinya kriteria mengenai pelaksanaan pembelajaran pada satu satuan pendidikan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan.

- Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan adalah contoh kata teknis dalam bidang pendidikan  yang artinya kriteria mengenai pendidikan prajabatan dan kelayakan maupun mental, serta pendidikan dalam jabatan.

- Standar Sarana dan Prasarana adalah contoh kata teknis dalam bidang pendidikan  yang artinya kriteria mengenai ruang belajar, tempat berolahraga, tempat beribadah, perpustakaan, laboratorium, bengkel kerja, tempat bermain, tempat berkreasi dan berekreasi serta sumber belajar lain, yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran, termasuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

- Standar Pengelolaan adalah contoh kata teknis dalam bidang pendidikan  yang artinya kriteria mengenai perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, atau nasional agar tercapai efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan.

- Standar Pembiayaan adalah contoh kata teknis dalam bidang pendidikan  yang artinya kriteria mengenai komponen dan besarnya biaya operasi satuan pendidikan yang berlaku selama satu tahun.

- Standar Penilaian Pendidikan adalah contoh kata teknis dalam bidang pendidikan  yang artinya kriteria mengenai mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar Peserta Didik.

- Kompetensi Inti adalah contoh kata teknis dalam bidang pendidikan  yang artinya tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang Peserta Didik pada setiap tingkat kelas atau program.

- Kompetensi Dasar adalah contoh kata teknis dalam bidang pendidikan  yang artinya kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh Peserta Didik melalui pembelajaran.

- Biaya operasi satuan pendidikan adalah contoh kata teknis dalam bidang pendidikan  yang artinya bagian dari dana pendidikan yang diperlukan untuk membiayai kegiatan operasi satuan pendidikan agar dapat berlangsungnya kegiatan pendidikan yangsesuai Standar Nasional Pendidikan secara teratur dan berkelanjutan.

- Kurikulum adalah contoh kata teknis dalam bidang pendidikan  yang artinya seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

- Kerangka Dasar Kurikulum adalah contoh kata teknis dalam bidang pendidikan  yang artinya tatanan konseptual Kurikulum yang dikembangkan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan.

- Silabus adalah contoh kata teknis dalam bidang pendidikan  yang artinya rencana pembelajaran pada suatu mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

- Pembelajaran adalah contoh kata teknis dalam bidang pendidikan  yang artinya proses interaksi antarPeserta Didik, antara Peserta Didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.

- Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah contoh kata teknis dalam bidang pendidikan  yang artinya Kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan.

- Peserta Didik adalah contoh kata teknis dalam bidang pendidikan  yang artinya anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses Pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu.

- Buku Panduan Guru adalah contoh kata teknis dalam bidang pendidikan  yang artinya pedoman yang memuat strategi Pembelajaran, metode Pembelajaran, teknik Pembelajaran, dan penilaian untuk setiap mata pelajaran dan/atau tema Pembelajaran

- Buku Teks Pelajaran adalah contoh kata teknis dalam bidang pendidikan  yang artinya sumber Pembelajaran utama untuk mencapai Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti.

- Penilaian adalah contoh kata teknis dalam bidang pendidikan  yang artinya proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar Peserta Didik.

- Evaluasi pendidikan adalah contoh kata teknis dalam bidang pendidikan  yang artinya kegiatan pengendalian, penjaminan, dan penetapan mutu pendidikan terhadap berbagai komponen pendidikan pada setiap jalur, jenjang, dan jenis pendidikan sebagai bentuk pertanggung jawaban penyelenggaraan pendidikan.

- Ulangan adalah contoh kata teknis dalam bidang pendidikan  yang artinya proses yang dilakukan untuk mengukur pencapaian Kompetensi Peserta Didik secara berkelanjutan dalam proses Pembelajaran, untuk memantau kemajuan dan perbaikan hasil belajar Peserta Didik.

- Ujian adalah contoh kata teknis dalam bidang pendidikan  yang artinya kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian Kompetensi Peserta Didik sebagai pengakuan prestasi belajar dan/atau penyelesaian dari suatu satuan pendidikan.

- Akreditasi adalah contoh kata teknis dalam bidang pendidikan  yang artinya kegiatan penilaian kelayakan program dan/atau satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.

- Standar Nasional Pendidikan adalah contoh kata teknis dalam bidang pendidikan  yang artinya kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.

- Pendidikan Formal adalah contoh kata teknis dalam bidang pendidikan  yang artinya jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi.

- Pendidikan Nonformal adalah contoh kata teknis dalam bidang pendidikan  yang artinya jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang.

- Kompetensi adalah contoh kata teknis dalam bidang pendidikan  yang artinya seperangkat sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh Peserta Didik setelah mempelajari suatu muatan pembelajaran, menamatkan suatu program, atau menyelesaikan satuan pendidikan tertentu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.