Sukses

Arti Allahumma La Sahla, Doa Memohon Kemudahan Untuk Segala Kesulitan

Arti doa Allahumma La Sahla beserta dengan manfaat melafalkan doa Allahumma La Sahla.

Liputan6.com, Jakarta Allahumma La Sahla merupakan salah satu doa sederhana yang sering dilafalkan oleh seorang muslim, ketika sedang dalam kesulitan. Doa Allahumma La Sahla umum dilafalkan untuk memohon pertolongan dan bantuan dari Allah Yang Maha Kuasa. Allahumma La Sahla sendiri merupakan doa yang diambil dari sabda Nabi Muhammad SAW.

Dalam menjalani kehidupan didunia ini, semua manusia pasti pernah dan akan mengalami cobaan berupa kesulitan dalam kehidupannya. Baik dalam hal rezeki, karier, hubungan dengan orang lain dan lain sebagainya. Salah satu upaya untuk mengatasi kesulitan yang dialami adalah dengan berserah dan berdoa kepada Allah Yang Maha Esa.

Salah satu doa yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk memohon kemudahan dalam menghadapi kesulitan, adalah doa Allahumma La Sahla. Doa Allahumma La Sahla ini memiliki arti yang dalam, dimana sebagai umat muslim kita tidak hanya memohon kepada Allah SWT namun juga menyerahkan diri kepada Allah SWT.

Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (14/2/2023). Arti doa Allahumma La Sahla beserta dengan manfaat melafalkan doa Allahumma La Sahla.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti Allahumma La Sahla

Allahumma la Sahla adalah Doa sederhana namun kuat yang diajarkan kepada kita untuk dibaca oleh Nabi Muhammad SAW di saat-saat sulit. Allahumma La Sahla merupakan penggalan doa, dimana doa lengkap lengkapnya adalah sebagai berikut ini : 

اللهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلَا مَا جَعَلْتَهَ سَهْلاً، وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahla, wa anta taj’alul-hazna iza syi’ta sahla

Allahumma La Sahla ini jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya adalah 

“Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali apa yang telah Engkau jadikan mudah dan kesulitan jika Engkau kehendaki, Engkau jadikan mudah.”

Doa ini dibaca  untuk meminta Allah untuk membuat tugas atau kesulitan apa pun menjadi lebih mudah secara tidak langsung dengan menegaskan dan mengakui bahwa tidak ada di dunia ini yang mudah kecuali apa yang Allah izinkan untuk menjadi mudah. Juga menegaskan bahwa Allah lah yang mampu mengubah keadaan dan mengubah yang sulit menjadi mudah jika Allah telah berkehendak. 

Doa Allahumma La Sahla menunjukkan bahwa Allah tidak menjadikan sesuatu yang digambarkan sebagai mudah kecuali apa yang Dia jadikan demikian, dan Dialah yang memudahkan kesedihan jika Allah SWT menghendaki.

3 dari 4 halaman

Manfaat Allahumma La Sahla

Manfaat dari doa Allahumma La Sahla sangat banyak, berikut ini adalah beberapa manfaat dari melafalkan doa Allahumma La Sahla: 

- Jika anda ingin bepergian atau bepergian, bacalah Doa ini dan mintalah kepada Allah untuk memudahkan perjalanan anda.

- Jika anda memasuki ruang ujian atau ujian dan ingin Allah membuatnya sederhana, bacalah doa ini.

- Jika anda menghadapi pekerjaan yang sangat sulit dan memerlukan kerja keras.

- Ketika anda sakit atau khusus untuk perempuan yang akan melahirkan.

- Jadikan doa ini untuk setiap kesulitan yang dihadapi tidak peduli seberapa besar atau kecilnya.

Doa Allahumma La Sahla dapat diucapkan ketika anda mengalami berbagai macam kesulitan seperti sebelum anda memulai Ujian, saat anda menghadapi tantangan di tempat kerja, ketika anda sedang sakit atau jika anda bepergian ke suatu tempat yang sulit dijangkau.

4 dari 4 halaman

Doa Baik Lainnya

Selain doa Allahumma La Sahla, terdapat doa-doa lain yang baik untuk di dilafalkan setiap harinya, berikut ini adalah beberapa doa baik dan sederhana yang bisa dilafalkan beserta dengan arti dan sumbernya. 

1. Doa untuk mencapai akhlak yang baik

‏اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ مُنْكَرَاتِ الأَخْلاَق، وَالأَعْمَال، وَالأَهْوَاء‏

Allahumma inni a’uzu-bika min munkaratil-akhlaq, wal-a’mal, wal-ahwa’

“Ya Allah! Aku berlindung kepada-Mu dari perilaku, perbuatan, dan cita-cita yang tidak diinginkan” (Nama At-Tirmidzi)

Doa ini penting, karena Nabi Muhammad SAW memberi tahu kita pentingnya karakter yang baik dalam hadits “ Tidak ada yang akan diletakkan pada timbangan orang beriman (pada Hari Kebangkitan) yang lebih berat daripada akhlak yang baik .” (Sunan At-Tirmizi)

Seseorang bisa menjadi orang yang paling sukses di dunia ini, atau memiliki kekayaan yang melimpah namun tidak mencapai kesuksesan yang lebih besar dalam hidup. Semuanya bermuara pada sikap Anda terhadap diri sendiri, tujuan Anda, dan orang-orang di sekitar Anda.

 

2. Doa untuk mencapai kesabaran

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْناَ صَبْراً وَتَوَفَّنَا مُسْلِمِينَ

Rabbana afrigh 'alaina sabran wa tawaffana Muslimin

“Tuhan kami! Curahkan kami kesabaran, dan biarkan kami mati sebagai Muslim.” (Surah Al-A'raf 126)

Ini bukan hanya Doa untuk meminta kesabaran tetapi juga untuk mencari akhir yang baik dari Allah SWT Ini adalah Doa untuk meminta kesabaran yang berarti memiliki ketekunan, konsistensi dalam kemajuan dan kemampuan untuk berkomitmen menuju kesuksesan akhir yang dikejar.

Perjalanan menuju kesuksesan memiliki puncak dan lembah. Oleh karena itu, kita perlu menjaga diri kita berakar pada kesabaran. Dengan demikian, ini menyoroti pentingnya memiliki kesabaran dalam hidup karena hal-hal besar patut ditunggu.

 

3. Doa untuk sukses dalam bisnis

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’an, wa rizqan tayyiban, wa ‘amalan mutaqabbalan

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik, dan amal yang diterima.”(Sunan Ibn Majah)

 

4. Doa untuk keluarga yang baik

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْواجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةً أَعْيُنِنَا وَجَعَلْنَا للْمُتَّقِينَ إمَامَا

Rabbana hablana min azwajina wa zurriyatina qurrota ‘ayunina waj'alna lil muttaqina imama.

“Tuhan kami! Berkahilah kami dengan pasangan dan keturunan yang akan menjadi keceriaan hati kami, dan jadikanlah kami teladan bagi orang-orang saleh” (Surah Al Furqan :74)

Kesuksesan datangnya dari Allah. Doa apa yang lebih baik untuk diucapkan selain meminta kepada Allah SWT untuk membuat kita dan keturunan kita berbakti kepada-Nya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.