Sukses

Apa Saja Unsur-Unsur Utama Teks Eksposisi? Ini Penjelasan Selengkapnya

Adapun unsur-unsur utama teks eksposisi antara lain adalah memiliki gagasan dan mengandung fakta.

Liputan6.com, Jakarta Apa saja unsur-unsur utama teks eksposisi? untuk menjawab pertanyaan tersebut, tentu sangat penting bagi kita untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan teks eksposisi.

Teks eksposisi adalah suatu jenis teks atau tulisan yang berisi penjelasan tentang suatu permasalahan atau topik atau pengetahuan tertentu. Teks eksposisi biasanya berisi penjelasan-penjelasan yang didukung dengan argumen-argumen.

Contoh teks eksposisi dapat ditemukan dengan mudah di berbagai media, misalnya pada portal berita, surat kabar, majalah, bahkan buku teks. Adapun tujuan dari teks eksposisi adalah untuk memberikan penjelasan atau pemaparan mengenai ide, pokok pikiran, pendapat, informasi, maupun pengetahuan kepada pembaca tanpa bermaksud memengaruhi. Dengan kata lain, tujuan dari teks eksposisi murni untuk memberikan penjelasan dan pengetahuan semata.

Lalu apa bedanya teks eksposisi dengan jenis teks lain? Teks eksposisi dapat ditandai dari ciri-ciri dan unsur-unsurnya. Lalu apa saja unsur-unsur utama teks eksposisi? Apa saja ciri-cirinya? Berikut penjelasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (14/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, teks eksposisi dapat ditandai dengan melihat unsur-unsurnya. Lalu apa saja unsur-unsur utama teks eksposisi? Sebelum membahas mengenai unsur-unsur teks eksposisi, penting untuk mengetahui ciri-ciri teks eksposisi terlebih dahulu. Adapun ciri-ciri teks eksposisi antara lain adalah sebagai berikut:

1. Memberikan informasi atau pengetahuan

Salah satu ciri-ciri teks eksposisi adalah tujuan dari teks tersebut, yakni memberikan informasi atau pengetahuan. Oleh karena itu, teks eksposisi bukan merupakan teks fiksi. Teks eksposisi bisa menambahkan wawasan bagi pembaca.

2. Berisi fakta

Karena bukan merupakan teks fiksi, makan teks eksposisi haruslah berisi fakta. Yang dimaksud bahwa teks eksposisi berisi fakta adalah teks tersebut didukung dengan data-data yang akurat, baik itu berdasarkan observasi, penelitian, maupun investigasi.

3. Bersifat objektif

Ciri-ciri teks eksposisi antara lain adalah objektif. Artinya, teks eksposisi tidak memihak salah satu pihak atau ditulis berdasarkan kepentingan pihak tertentu. Teks eksposisi juga tidak ditulis untuk tujuan memengaruhi pembaca.

4. Format penulisan

Teks eksposisi biasanya ditulis dengan format yang singkat, jelas, dan padat. Selain formatnya yang singkat, jelas, dan padat, teks eksposisi umumnya ditulis dengan ragam bahasa baku. Jika teks eksposisi ditulis dalam bahasa Indonesia, maka kata-kata yang digunakan harus ditulis sesuai dengan KBBI, serta kalimat-kalimatnya juga harus sesuai dengan PUEBI.

3 dari 5 halaman

Apa saja unsur-unsur utama teks eksposisi?

Setelah memahami ciri-ciri teks eksposisi, salah satu hal penting lain yang perlu dipahami dari teks eksposisi adalah unsur-unsurnya. Lalu apa saja unsur-unsur utama teks eksposisi? suatu teks atau tulisan bisa disebut sebagai teks eksposisi, selain memenuhi ciri-cirinya, tapi juga harus memenuhi unsur-unsur utamanya. Adapun unsur-unsur utama teks eksposisi antara lain adalah memiliki gagasan dan mengandung fakta.

1. Adanya gagasan

Apa saja unsur-unsur utama teks eksposisi?Salah satu unsur utama teks eksposisi adalah adanya gagasan di dalamnya. Adapun yang dimaksud dengan gagasan dalam teks eksposisi antara lain adalah penilaian, komentar, dan saran dari penulis terkait suatu topik yang sedang dibahas.

Selain itu, gagasan dalam teks eksposisi juga dapat berupa ajakan kepada para pembaca untuk membagikan pemikirannya mengenai isu yang sedang dibahas.

2. Mengandung fakta

Apa saja unsur-unsur utama teks eksposisi? Unsur utama teks eksposisi selanjutnya adalah mengandung fakta. Fakta menjadi hal yang terpenting dalam teks eksposisi, sebab teks eksposisi bukan merupakan teks fiksi. Selain itu, karena teks eksposisi adalah teks yang bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan, maka isi dari teks eksposisi harus berdasarkan fakta, bukan karangan dan bukan kebohongan.

Fakta dalam teks eksposisi biasanya berupa informasi, misalnya seperti waktu, tanggal, tempat peristiwa, bahkan juga pernyataan yang dapat dibuktikan kebenarannya. Informasi mengenai hal itu biasanya didapatkan berdasarkan pengamatan, wawancara, penelitian, maupun investigasi.

4 dari 5 halaman

Struktur teks eksposisi

Teks eksposisi biasanya ditulis dengan pola tertentu yang terangkai dalam sebuah struktur, yang terdiri atas judul, tesis, argumentasi, dan reiteration.

1. Judul

Dalam membuat judul, harus menggambarkan sesuatu yang nantinya akan dibahas dalam teks. Penulisan judul sebaiknya ditulis dengan singkat, menarik, dan sarat makna.

2. Pernyataan Pendapat (Tesis)

Bagian awal teks eksposisi berisi topik yang diangkat penulis. Bagian ini disebut sebagai pembuka dan berisikan pendapat penulis.

3. Argumentasi

Setelah topik di pembukaan, selanjutnya adalah mendukung pernyataan atau opini dengan argumentasi berdasarkan fakta dan data yang kuat. Umumnya, bagian ini lebih dari satu paragraf karena selain fakta dan data, beberapa jenis teks eksposisi memberikan contoh beserta alasan.

4. Penegasan Ulang (Reiteration)

Bagian ini ada di paragraf terakhir yang disebut sebagai penutup atau kesimpulan. Kalimat di bagian ini biasanya akan merujuk pada apa yang diangkat di bagian tesis.

5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Teks Eksposisi

Teks eksposisi pun dapat dibedakan menjadi delapan jenis, antara lain adalah teks eksposisi definisi, teks eksposisi proses, teks eksposisi ilustrasi, teks eksposisi laporan, teks eksposisi perbandingan, teks eksposisi pertentangan, teks eksposisi berita, dan teks eksposisi analisis.

1. Teks Eksposisi Definisi

Teks eksposisi definisi adalah paragraf eksposisi yang memaparkan mengenai definisi atau pengertian dari suatu topik.

2. Teks Eksposisi Proses

Teks eksposisi proses adalah tulisan yang berisi tahapan atau cara-cara untuk melakukan sesuatu dari awal sampai akhir.

3. Teks Eksposisi Ilustrasi

Teks eksposisi ilustrasi adalah paragraf yang menyajikan informasi atau penjelasan berupa gambaran sederhana tentang suatu topik dengan topik lainnya, yang mempunyai kesamaan sifat atau kemiripan.

4. Teks Eksposisi Laporan

Teks eksposisi laporan adalah paragraf eksposisi yang menyampaikan laporan peristiwa atau penelitian tertentu.

5. Teks Eksposisi Perbandingan

Teks eksposisi perbandingan adalah paragraf eksposisi yang berisi ide atau gagasan, yang disajikan dengan cara membandingkan.

6. Teks Eksposisi Pertentangan

Teks Eksposisi Pertentangan adalah paragraf eksposisi mengenai hal pertentangan akan suatu hal dengan hal lainnya.

7. Teks Eksposisi Berita

Teks eksposisi berita adalah paragraf eksposisi yang memberikan informasi dari kejadian, yang sering ditemukan dalam berita atau surat kabar.

8. Teks Eksposisi Analisis

Teks eksposisi analisis adalah tulisan yang memisahkan suatu masalah dari gagasan utama menjadi beberapa sub-bagian, lalu melakukan pengembangan secara berurutan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.