Sukses

5 Contoh Teks Tanggapan Beserta Strukturnya dalam Bahasa Indonesia

Contoh teks tanggapan bisa kamu kenali dari beragam topik.

Liputan6.com, Jakarta Contoh teks tanggapan perlu kamu kenali dalam bahasa Indonesia. Teks tanggapa merupakan teks yang memiliki fungsi untuk menyampaikan respons seseorang terhadap suatu topik, peristiwa, karya seni, atau jenis lainnya seperti berita, artikel, atau teks sastra.

Teks tanggapan dapat berupa kritik, saran, maupun pujian. Teks tanggapan bisa ditulis panjang dengan argumentasi mendalam, bisa juga dengan komentar singkat. Teks ini tentu harus ditulis berdasarkan fakta dan alasan-alasan logis yang bisa menguatkan.

Contoh teks tanggapan bisa kamu kenali dari beragam topik. Teks ini harus ditulis secara objektif, logis, sopan, dan jelas. Konteks, deskripsi, dan juga penilaian sangat penting dalam mempelajari teks tanggapan, karena ketiganya merupakan struktur teks tersebut.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (8/2/2023) tentang contoh teks tanggapan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Struktur Teks Tanggapan

Sebelum mengenali contoh teks tanggapan, kamu tentu perlu memahami apa itu teks tanggapan. Selain contoh teks tanggapan, kamu juga perlu mengetahui strukturnya, yaitu sebagai berikut:

Konteks

Konteks adalah bagian teks tanggapan yang terletak di awal dan berisi pernyataan umum atau penjelasan tentang topik yang akan ditanggapi. Misalnya penjelasan mengenai topik atau peristiwa yang akan ditanggapi, kapan dan di mana peristiwa tersebut terjadi, dan sebagainya.

Deskripsi

Pada bagian deskripsi, disampaikan alasan yang dapat mendukung pernyataan maupun menolak pernyataan. Bagian deskripsi juga bisa berisi identifikasi dan klasifikasi. Jadi, kamu bisa menuliskan tentang jenis, ciri, dan bagian-bagian dari topik atau peristiwa yang akan ditanggapi.

Penilaian

Bagian terakhir struktur teks tanggapan, yaitu penilaian. Pada bagian inilah kamu menuliskan pernyataan yang mengandung tanggapan tentang topik atau peristiwa yang dibahas. Kamu juga bisa mengungkapkan penilaian berupa pujian, kritik, atau saran. Namun, tanggapan yang disampaikan harus disertai dengan data dan fakta.

3 dari 7 halaman

Contoh Teks Tanggapan I

Contoh Teks Tanggapan Tentang Ujian Nasional

Evaluasi

Wacana ujian nasional online sudah diberikan ke masyarakat sejak awal tahun 2014, tetapi kepastian akan hal tersebut masih belum jelas. Pemerintah telah mencanangkan ujian nasional online. Tetapi, pelaksanaan ujian nasional online harus melewati proses penyesuaian dan menuntut kesiapan infrastruktur teknologi di berbagai daerah.

Deskripsi Teks

Disampaikan bahwa proses ujian nasional online akan diselenggarakan di laboratorium komputer sekolah dan jawabannya akan dikumpulkan oleh sebuah server melalui internet. Sekolah yang terpilih akan mendapatkan kesempatan uji coba ujian nasional online pada 2015.

Satu di antara tujuan ujian nasional online diadakan yaitu mengatasi pemborosan penggunaan kertas, keamanan, dan kebocoran soal. Sisi positifnya yaitu komputer bisa mengetahui nilai dengan cepat dan siswa tidak bisa menyontek pekerjaan orang lain. Sisi negatifnya yaitu jaringan listrik dan koneksi internet bisa saja terputus sewaktu-waktu.

Penegasan Ulang

Apa yang bisa diperoleh dari isu di atas bahwa ujian nasional bisa memicu dampak positif maupun negatif. Ujian online itu perlu karena melihat dari sisi positifnya yang cukup menguntungkan, tetapi harus adanya fasilitas yang mendukung.

4 dari 7 halaman

Contoh Teks Tanggapan II

Contoh Teks Tanggapan Tentang COVID-19

Evaluasi

Pandemi Covid-19 tengah melanda seluruh penjuru negeri, bahkan dunia pun. Bahaya mengerikan dari virus ini adalah penyebarannya yang sangat cepat dan berlipat ganda. Namun di balik itu, tampaknya ada dampak yang jauh lebih buruk. Covid-19 mengoyak-ngoyak persatuan bangsa.

Deskripsi teks

Tak dapat dipungkiri, rasanya kebijakan pemerintah pusat dan daerah sangat sulit untuk menemukan titik tengah yang dapat disepakati untuk menangani pandemi ini secara efisien. Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, mengapa banyak pihak yang justru saling menyalahkan? Contohnya, bagaimana ketika sebagian kecil menteri mengkritik kebijakan gubernur Jakarta untuk mengadakan lagi PSBB ketat di DKI Jakarta.

Padahal, saya kira pertimbagnan beliau masuk akal dengan perhitungan berdasarkan sisa kapasitas rumah sakit yang tersedia untuk menangani pasien. Apabila tidak dilakukan PSBB ketat, maka kapasitas tersebut akan habis dalam kurun waktu tiga bulan saja. Di samping itu, sebagian kecil menteri tersebut mengatakan bahwa kita masih memiliki kapasitas rumah sakit yang memadai.

Penegasan ulang

Pada akhirnya, jika tetap terus-terusan menyalahkan satu pihak, maka semua akan menjadi salah. Inti tanggapan saya mengenai hal kondisi ini adalah hal tersebut. D tengah pandemi yang tak kunjung usai ini, sebaiknya kita berhenti saling menyalahkan dan bergotong-royong mengatasinya.

5 dari 7 halaman

Contoh Teks Tanggapan III

Contoh Teks Tanggapan Tentang Kebakaran Hutan

Evaluasi

Kebun kelapa sawit memang menjanjikan untuk sumber keuangan negara (pemasukan devisa) di bidang ekspor minyak kelapa sawit. Tetapi, apakah efek yang diberikan sebanding dengan Indonesia dan lingkungan? Diperlukan peraturan khusus agar terciptanya keuntungan dua pihak.

Deskripsi Teks

Kebakaran hutan menjadi fenomena yang tidak bisa dihindari ketika musim kemarau datang, terutama di pulau Sumatra dan Kalimantan. Bahkan sampai menimbulkan bencana kabut asap yang bisa sampai ke negara lain. Dampak dari pencemaran dan kerusakan lingkungan akibat kebakaran hutan sudah tidak bisa dihitung lagi.

Di sisi lain, perluasan perkebunan kelapa sawit membuat lapangan pekerjaan makin luas. Tetapi, keduanya tidak bisa berjalan secara berkesinambungan dan menciptakan keuntungan dua pihak. Penyelidikan mengenai satu di antara faktor kebakaran hutan adalah membakar lahan secara langsung oleh pemilik perusahaan sawit dengan tujuan pembukaan lahan baru. Peran pemerintah pun dipertanyakan oleh berbagai pihak sampai dunia internasional, mengenai kebijakan pemerintah kepada usaha perkebunan sawit dan eksplorasi hutan di Indonesia.

Penegasan Ulang

Diperlukannya peran dari pemerintah untuk membuat kebijakan yang bisa memberikan keuntungan bagi kedua pihak serta tidak menyebabkan kerugian bagi penduduk dan alam. Sikap tegas dan kebijakan yang sesuai terhadap pelaku kejahatan dan kerusakan hutan serta pembuatan aturan dan ranah kerja yang jelas terhadap pengusaha perkebunan sawit sehingga semua bisa berjalan secara seimbang dan berkesinambungan.

6 dari 7 halaman

Contoh Teks Tanggapan IV

Contoh Teks Tanggapan Tentang Kemacetan

Evaluasi

Dari dulu saya selalu menganggap bahwa jakarta itu lebih identik sebagai kota yang macetnya dimana-mana, meskipun sekarang juga pasti masih ada aja kadang kemacetan yang kita temui di jalan. Sebagai salah satu pengguna transportasi umum, tentunya keberadaan Transjakarta dan juga MRT sudah sangat memudahkan kami yang mengandalkan transportasi umum untuk pergi kemana-mana. Namun, jika adanya MRT dan Transjakarta tetap tidak mengurangi kemacetan, tentunya membuat saya tidak nyaman, karena akan menghabiskan terlalu banyak waktu di perjalanan, sehingga hal ini dapat menyebabkan makin banyak orang-orang yang beralih ke kendaraan pribadi agar bisa menggunakan tol.

Deskripsi Teks

Namun, dilansir dari Instagram resmi dari Pemprov DKI Jakarta, pada tahun 2020 akhirnya Jakarta keluar dari urutan 10 kota termacet di dunia versi TomTom Traffic Index dan berada di peringkat ke-31 dari total 416 kota. Sebuah pencapaian yang tentunya bisa kita banggakan, bahwa Jakarta semakin membaik dalam mengatasi kemacetan.

Dimana pada tahun 2019 kemarin, Indonesia masih menduduki peringkat ke-10 sebagai kota termacet di dunia segan tingkat kemacetan sebanyak 53%. Meskipun masih banyak hal yang mungkin perlu diperbaiki dan dioptimalkan.

Penegasan Ulang

Oleh karena itu, saya menanggapi hal ini dengan ingin memberikan pujian bagi pemprov DKI yang sudah mampu menangani kemacetan jakarta menuju ke yang lebih baik, dan berharap terus ditingkatkan. Selain itu, upaya dalam mengajak masyarakat untuk naik transportasi umum saya rasa perlu ditingkatkan lagi seperti dengan memperbanyak kawasan dan wilayah yang terjangkau oleh Transjakarta, MRT dna juga angkutan umum lainnya.

7 dari 7 halaman

Contoh Teks Tanggapan V

Contoh Teks Tanggapan Tentang Penggunaan Galon Sekali Pakai

Evaluasi

Untuk alasan kebersihan dan lebih steril, penggunaan galon sekali pakai saat ini beredar cukup luas di kalangan masyarakat, namun menurut saya gagasan ini merupakan tindakan yang tidak mempedulikan efek dan dampaknya bagi lingkungan, yaitu menyebabkan peningkatan sampah plastik.

Deskripsi Teks

Selama ini bumi kita sudah cukup kesakitan akibat berbagai pencemaran lingkungan dan juga pemanasan global yang setiap tahunnya semakin memperburuk keadaan. Dilansir dari NASA, tercatat suhu permukaan rata-rata bumi telah meningkat sekitar 2,05 derajat Fahrenheit (1,14 derajat Celcius) sejak akhir abad ke-19. 

Peningkatan suhu bumi ini berdampak nyata dengan setiap tahunnya, gletser es di kutub terus mencair, dan juga terjadinya perubahan iklim. Dan tentunya dengan beredarnya galon sekali pakai yang akan sangat berpengaruh buruk bagi lingkungan kita, tempat kita tinggal sekarang. 

Penegasan Ulang

Saya berharap pemerintah dapat mempertimbangkan kembali kebijakan mereka untuk peredaran galon sekali pakai ini, dan mengoptimalkan upaya penggunaan produk-produk yang merupakan hasil daur ulang, sehingga dapat mengurangi adanya limbah-limbah plastik dan juga terjadinya pencemaran lingkungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.