Sukses

5 Contoh Teks Prosedur Kompleks dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh teks prosedur kompleks bisa langsung kamu kenali dengan melihat panjang teks.

Liputan6.com, Jakarta Contoh teks prosedur kompleks perlu kamu kenali. Seperti yang telah diketahui, teks prosedur merupakan teks yang berisi langkah-langkah suatu kegiatan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Teks ini bisa berisikan teks yang sederhana hingga rumit.

Jenis teks prosedur ada tiga, yaitu teks prosedur sederhana, teks prosedur kompleks, dan teks prosedur protokol. Salah satu contoh teks prosedur yang mungkin sudah umum yaitu saat membeli mesin printer, maka kamu harus mengetahui langkah-langkah dalam menggunakannya.

Contoh teks prosedur kompleks bisa langsung kamu kenali dengan melihat panjang teks. Teks prosedur sederhana biasanya memiliki langkah-langkah yang cukup singkat, sedangkan teks prosedur kompleks terdiri dari langkah-langkah yang lebih panjang.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (8/2/2023) tentang contoh teks prosedur kompleks.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Teks Prosedur

Sebelum mengenali contoh teks prosedur kompleks, kamu tentu perlu memahami apa itu teks prosedur terlebih dahulu. Teks prosedur adalah teks yang memaparkan langkah-langkah kegiatan atau berbagai tahapan untuk melakukan atau menghasilkan sesuatu. Fungsi teks prosedur yaitu untuk menggambarkan bagaimana sesuatu dilakukan secara lengkap melalui serangkaian tahapan.

Contoh teks prosedur misalnya resep, aturan permainan, eksperimen sains, hingga aturan keselamatan jalan. Teks ini juga berhubungan dengan perilaku manusia, misalnya bagaimana hidup bahagia atau bagaimana menjadi sukses. Tujuan teks prosedur adalah untuk memberikan serangkaian informasi atau pedoman sehingga orang dapat melakukan tugas secara efisien dengan cara yang aman dan efektif. Selain itu, tujuan lainnya dari teks prosedur adalah untuk memberikan informasi atau arahan berurutan.

Teks prosedur biasanya menyertakan satu atau lebih foto, ilustrasi, atau diagram untuk membantu pembaca memvisualisasikan, atau melihat, bagaimana melakukan langkah-langkahnya. Kamu dapat menemukan teks prosedur di buku, majalah, surat kabar, pamflet, instruksi yang disertakan dengan pembelian, dan di Internet.

3 dari 5 halaman

Jenis Teks Prosedur

Teks Prosedur Sedehana

Teks prosedur sederhana hanya berisi dua atau tiga langkah saja, contohnya prosedur untuk mengoperasikan setrika. Disebut teks prosedur sederhana karena memang penyajian teksnya yang sangat simpel dan sederhana. Jadi teks ini sangatlah singkat dan hanya menyajikan bagian yang dianggap benar-benar penting saja. Bagian paling awal biasanya tidak disajikan. Sebagai contoh, dalam penggunaan setrika, penjelasannya tidak dimulai dari menancap atau menghidupkan stop kontak.

Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks terdiri atas banyak langkah dan jenjang untuk tiap tahapannya. Contohnya prosedur pembayaran tilang oleh polisi. Bahkan, biasanya terkadang terdapat sub-langkah dalam suatu langkah dalam jenis teks prosedur satu ini. Contoh teks prosedur kompleks dalam proses penggunaan setrika misalnya, disajikan dengan sangat detail sehingga langkah-langkah tersebut dapat langsung kamu ikuti dengan sama persis dan lebih mudah untuk dipahami.

Teks Prosedur Protokol

Teks prosedur protokol adalah teks yang langkah-langkahnya sangat sederhana dan mudah dipahami. Contohnya dalam membuat sup, kamu bebas memilih untuk memotong wortel atau kentang terlebih dahulu, karena bahan-bahan tersebut nantinya akan dimasukkan secara bersamaan. Sifatnya fleksibel, karena urutan langkahnya dapat diubah atau di bolak-balikkan. Walaupun membolak-balikkan langkah tersebut, kamu tetap dapat memperoleh hasil yang baik. Memindah-mindahkan urutan dari langkah-langkah dalam teks prosedur protokol ini tidak menjadi masalah, karena tidak mempengaruhi hasil nantinya.

4 dari 5 halaman

Contoh Teks Prosedur Kompleks

Contoh Teks Prosedur Kompleks I

Cara membuat SIM C

Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah bukti registrasi bagi seseorang yang sudah memenuhi persyaratan administrasi, memahami peraturan lalu lintas, dan terampil menggunakan kendaraan bermotor. SIM dikeluarkan secara resmi oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Untuk mendapatkan SIM, ada serangkaian persyaratan dan langkah-langkah yang harus kamu ikuti. Berikut cara membuat SIM C dengan rinci:

Persyaratan membuat SIM C:

- Membuat permohonan tertulis.

- Pemohon bisa membaca dan menulis.

- Pemohon memiliki pengetahuan seputar peraturan lalu lintas jalan dan teknik dasar berkendara dengan kendaraan bermotor.

- Batas usia minimal untuk SIM golongan C adalah 16 tahun, SIM golongan A adalah 17 tahun, SIM golongan B1 dan B2 adalah 20 tahun.

- Terampil dalam mengemudi kendaraan bermotor.

- Sehat jasmani dan rohani.

- Dinyatakan lulus ujian teori dan ujian praktik.

- Melampirkan KTP asli dan fotokopi KTP.

- Membawa asuransi kecelakaan diri pengemudi atau AKDP dan surat keterangan sehat rohani dan jasmani dari dokter.

Cara membuat SIM C:

1. Isi formulir pendaftaran pembuatan SIM yang disertai dengan fotokopi KTP dan pas foto formal.

2. Kemudian lakukan pembayaran biaya pembuatan SIM C.

3. Masukkan semua berkas yang dibutuhkan ke dalam map, kemudian serahkan pada petugas yang berjaga.

4. Lalu ikuti seluruh rangkaian ujian yang harus dilalui sebagai persyaratan membuat SIM.

5. Jika lulus ujian pembuatan SIM di tahap teori dan praktik, kamu akan diminta untuk mengikuti tahapan pengambilan foto, sidik jari, dan tanda tangan.

6. Setelah itu, tunggu SIM C dicetak dan kamu bisa mengambilnya di loket penggambilan.

7. Setelah memiliki SIM C, kamu harus menjaganya dengan baik dan melakukan perpanjangan sebelum masa berlakunya berakhir.

 

 

Contoh Teks Prosedur Kompleks II

Cara Membuat Layang-Layang

Layang-layang merupakan mainan berbentuk lembaran bahan tipis berkerangka. Layang-layang disukai oleh banyak kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Cara membuat layang-layang cukup sederhana, yaitu:

Alat dan bahan yang perlu dipersiapkan:

- Penggaris

- Pisau

- Gunting

- 1 ruas bambu berdiameter ± 1 cm dan panjang ± 60 cm

- 1 ruas bambu berdiameter ± 1 cm dan panjang ± 100 cm

- Kertas layangan (kertas tipis atau kertas minyak)

- Spidol/pewarna

- Lem kertas

- Tali atau benang

Cara membuat kerangka:

1. Siapkan 2 ruas bambu yang disayat tipis berdiameter ± 1 cm dengan ukuran ± 100 cm dan 60 cm.

2. Ambil 2 ruas bambu tersebut dan letakkan secara menyilang seperti salib. Bagian horizontal kira-kira 80% dari atas.

3. Ambil benang dan talikan benang tersebut di tengah poros kedua ruas bambu tersebut. Tujuannya agar sayapnya seimbang.

4. Hubungkan semua ujung kerangka dengan benang. Pada langkah ini, usahakan jangan mengikat terlalu kencang agar kerangka tidak bengkok.

Cara membungkus layangan:

1. Persiapkan kertas layangan. 

2. Gambarlah pola kerangka layangan pada kertas tersebut menggunakan spidol dengan cara meletakkan kerangka di atas kertas (lebihkan 1-2 cm di luar pola kerangka untuk pelipatan kertas).

3. Potong kertas yang telah diberi pola dengan rapi menggunakan gunting. 

4. Lipat kertas layangan kebagian belakang kerangka layangan dan rakatkan dengan menggunakan lem.

5. Berikan hiasan menarik pada layangan yang telah dibuat. Disarankan hiasan tersebut tidak terlalu berat agar layang-layang bisa terbang.

5 dari 5 halaman

Contoh Teks Prosedur Kompleks

Contoh Teks Prosedur Kompleks III

Cara Memainkan Alat Musik Angklung

Angklung merupakan warisan seni tradisional Indonesia. Sebagai warisan seni yang sangat berharga, kita hendaknya belajar memainkan angklung. Begini cara memainkan angklung. Berikut cara memainkan angklung:

1. Pegang angklung dengan tangan kiri. Pegang angklung dengan cara memegang simpul pertemuan dua tiang angklung vertikal dan horisontal (yang berada di tengah), sehingga angklung dipegang tepat di tengah-tengah.

2. Pegang dengan genggaman tangan dan telapak tangan menghadap ke atas atau pun ke bawah.

3. Posisikan angklung yang dipegang tegak dan sejajar dengan tubuh. Jarak angklung dari tubuh sebaiknya cukup jauh (siku tangan kiri hampir lurus) agar angklung dapat digetarkan dengan baik dan maksimal.

4. Pegang ujung tabung dasar angklung (horisontal) dengan tangan kanan dan getarkan dengan getaran ke kiri dan ke kanan, dengan posisi angklung tetap tegak (horisontal), tidak miring agar suara angklung rata dan nyaring.

5. Sewaktu angklung digetarkan, sebaiknya dilakukan dengan frekuensi getaran yang cukup sering sehingga suara angklung lebih halus dan rata.

7. Mainkan angklung sambil berdiri agar hasil permainan lebih baik.

 

Contoh Teks Prosedur Kompleks IV

Cara Membuat Channel YouTube

Kamu punya hobi membuat video? Kamu bisa mencoba buat akun channel di YouTube. Berikut cara membuat akun YouTube:

1. Pastikan kamu telah memiliki akun Google yang bisa digunakan untuk membuat akun! YouTube merupakan platform yang terintegrasi dengan Google, untuk itu kamu harus memiliki akun Google sebelumnya.

2. Buka aplikasi YouTube yang bisa kamu unduh di Playstore atau melalui alamat Youtube.com!

3. Lihat di bagian pojok kanan atas. Terdapat kotak “Masuk” lalu klik kotak tersebut dan masukkan nama pengguna dan kata sandi dari akun Google.

4. Setelah berhasil masuk ke akun, pada pojok kanan atas, ketuk logo akunmu.

5. Setelah muncul menu dengan beberapa opsi, pilih opsi “Buat Channel”.

6. Setelah itu akan muncul menu yang menampilkan informasi dan nama channel yang akan kamu buat.   

7. Jika semua informasi yang diperlukan sudah dilengkapi, centang syarat dan ketentuan, lalu klik buat.

8. Channel YouTube sudah selesai dibuat.

9. Kamu bisa mengganti informasi pribadimu, seperti foto profil channel, deskripsi, dan juga bisa berbagi tautan channel-mu ke teman atau orang lain.

10. Semua proses sudah selesai, kamu sudah bisa menggunakan channel Youtube untuk mengunggah video kreatifmu.

 

Contoh Teks Prosedur Kompleks V

Cara Melakukan Gerakan Tari Tor Tor

Tari Tor Tor merupakan salah satu tari tradisional dari Sumatera Utara. Cara menarikannya cukup sederhana dengan gerakan tangan dan kaki jinjit-jinjit. Gerakan salah satu jenis Tari Tor-tor dilakukan berikut:

1. Putar lagu dari daerah Sumatera Utara yang sesuai.

2. Ambil posisi kedua kaki rapat. Kaki kanan agak maju sedikit.

3. Tangkupkan kedua telapak tangan di depan pinggang kanan. Ujung ibu jari saling menyentuh

4. Gerakkan kedua telapak tangan perlahan ke arah kiri. Ujung-ujung jari juga ikut digerakkan perlahan.

5. Ganti gerakkan kedua telapak tangan perlahan ke arah kanan.

6. Gerakan telapak kaki ke atas bawah dengan gerakan jinjit selama tangan bergerak ke kiri dan ke kanan.

7. Ulangi gerakan tangan dan kaki. Begitu seterusnya sampai lagu habis atau mengikuti irama gondang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.