Sukses

Profil Islam Slimani Pemain Sepak Bola Asal Aljazair dan Perjalanan Kariernya

Islam Slimani adalah seorang pemain sepak bola berkewarganegaraan Aljazair sebagai posisi penyerang.

Liputan6.com, Jakarta Nama Islam Slimani mungkin sudah tak asing lagi bagi para pecinta olahraga sepak bola. Islam Slimani adalah pemain sepak bola yang berkewarganegaraan Aljazair yang bermain untuk klub Brest biasa bermain pada posisi penyerang.

Nama Islam Slimani mencuat karena pernah dilirik oleh Manchester United (MU) sebagai penyerang baru pada tahun 2020 silam. Pada saat itu, MU kekurangan pemain setelah Marcus Rashford mengalami cedera punggung dan harus absen.

Pria berusia 34 tahun tersebut telah banyak menyabet prestasi di lapangan hijau hingga disebut dengan julukan Si Pemenggal Naga atau The Dragon Slayer karena rajin membobbol ke gawang lawannya.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai profil Islam Slimani beserta karir dan prestasinya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (5/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Profil Islam Slimani

Islam Slimani adalah seorang pemain sepak bola berkewarganegaraan Aljazair yang bermain untuk klub Brest biasa bermain pada posisi penyerang. Dia lahir pada 18 Juni 1988, yang memiliki tinggi badan 188 meter. Islam Slimani lahir di kota Algiers, Algeria.

Namanya banyak dikenal orang karena karirnya yang cermelang pada pertandingan sepak bola, baik saat bergabung sebagai tim nasional hingga bergabung dengan sporting CP. Pria yang lahir di Algeria ini, kini bergabung dengan Royal Sporting Club Anderlecht yang merupakan klub sepak bola Belgia yang berbasis di kota Brusel, Belgia.

3 dari 5 halaman

Karir Islam Slimani

Islam Slimani memulai karirnya di tanah air bersama JSM Chéraga dan CR Belouizdad. Pada 2013, dia pindah ke Eropa dan bergabung dengan Sporting CP. Islam Slimani bermain dan mencetak gol secara reguler selama tiga musim di Portugal, membantu timnya memenangkan Taça de Portugal pada tahun 2015.

Performa apik tersebut ternyata membuat klub Premier League, Leicester City, kepincut. Kala itu, The Foxes harus merogoh kocek hingga 30,5 juta pounds guna memboyong Slimani ke King Power Stadium. Bersama Leicester City, Slimani bermain sebanyak 46 kali dengan mengemas 13 gol dan 7 assist. Setelah itu ia dipinjamkan kepada tiga klub berbeda, yakni Newcastle United, Fenerbahce, dan AS Monaco.

Newcastle United meminjam Slimani selama setengah musim. Satu musim berikutnya, Slimani menjadi pemain pinjaman klub Turki, Fenerbahce. Kemudian pada awal musim ini, Leicester City kembali meminjamkan Islam Slimani. Namun, kali ini bukan ke Fenerbahce, melainkan ke klub Prancis AS Monaco.

Seorang pemain internasional Aljazair, Islam Slimani melakukan debut internasionalnya pada tahun 2012 dan bermain di Piala Afrika pada tahun 2013, 2015, 2017 dan 2021, dan juga menjadi bagian dari tim Aljazair yang memenangkan turnamen 2019. Dia juga menjadi bagian dari skuad Aljazair di Piala Dunia FIFA 2014, di mana Islam Slimani mampu mencetak gol terbanyak bersama tim dengan dua gol. Pada November 2022, ia telah memenangkan 91 caps internasional dan mencetak 41 gol, menjadikannya pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Aljazair.

Kini, Islam Slimani telah bergabung dengan klub sepak bola asal Belgia yakni Royal Sporting Club Anderlecht atau biasa dikenal dengan sebutan RSCA. Sebelumnya, pemain sepak bola berusia 34 tahun ini bergabung dengan klub Sporting CP dan Brest.

4 dari 5 halaman

Prestasi Islam Slimani

Sepak terjang Islam Slimani di lapangan hijau sudah tak diragukan lagi. Pada saat masih bergabung di AS Monaco, Islam Slimani  ikut terlibat dalam 14 gol AS Monaco, yakni berupa tujuh assit dan gol.

Selama berkarier sebagai pemain profesional, Islam Slimani sudah tiga kali meraih gelar juara bersama tim yang dibela. Ketiga gelar tersebut ialah Piala Afrika 2019 bersama Aljazair, Piala Portugal dan Piala Super Portugal saat berseragam Sporting Lisbon.

Pada 2 September 2021, Slimani mencetak empat gol saat mengalahkan Djibouti 8-0 di kualifikasi Piala Dunia FIFA 2022. Pada 8 Oktober 2021, ia mencetak dua gol dalam kemenangan telak 6-1 atas Niger dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA 2022 untuk menjadi pencetak gol terbanyak Aljazair sepanjang masa dengan 38 gol melampaui Abdelhafid Tasfaout yang memegang rekor dengan 36 gol untuk 19 gol.

5 dari 5 halaman

Perbandingan Gol Per 90 Islam Slimani Vs Pemain MU

Meski sempat dilirik oleh MU pada tahun 2020, namun peforma Islam Slimani tak kalah dengan pemain MU yang lainnya. Berikut ini terdapat perbandingan gol yang telah dicetak oleh Islam Slimani dengan pemain MU yang lainnya, yakni:

1. Mason Greenwood (22 pertandingan) 0,61 gol per 90 menit

2. Islam Slimani (39 pertandingan) 0,44 gol per 90 menit

3. Marcus rashford (133 pertandingan) 0,43 gol per 90 menit

4. Anthony Martial (131 pertandingan) 0,43 gol per pertandingan

5. Daniel James (23 pertandingan) 0,15 gol per menit

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.