Sukses

Tamales adalah Makanan Khas Meksiko, Begini Cara Mengonsumsi dan Resepnya

Tamales adalah makanan khas Meksiko yang terbuat dari tepung jagung dan dicampur dengan daging sapi, sayuran, keju, hingga cabai atau bumbu lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Tamales merupakan istilah makanan yang asing ditelinga orang Indonesia. Makanan ini merupakan makanan tradisional yang berasal dari Meksiko. Tamales merupakan hidangan wajib saat Hari Raya Natal, seperti halnya di Indonesia yang memiliki hidangan spesial saat Hari Raya Idul Fitri.

Setiap wilayah di seluruh dunia pasti memiliki makanan khasnya masing-masing, salah satunya tamales yang berasal dari Meksiko. Makanan ini memiliki bentuk seperti lemper yang terbuat dari campuran daging sapi, sayuran, keju, dan/atau cabai yang dibungkus dengan daun pisang atau kelobot sebelum kemudian dimasak hingga matang.

Untuk lebih paham, berikut ini Liputan6.com ulas mengenai tamales dan cara mengonsumsinya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (5/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Tamales

Tamales merupakan makanan khas Meksiko, Amerika Utara. Secara etimologi, kata tamales berasal dari Bahasa Spanyol yakni tamal dan Bahasa Nahuati yakni tamallli. Tamales adalah makanan tradisional yang terbuat dari masa. Masa adalah sejenis adonan pati yang biasanya berdasarkan tepung jagung. Adonan ini lalu dikukus atau direbus dalam bungkusan daun. 

Pada umumnya, tamales berisi campuran daging sapi, sayuran, keju, hingga cabai atau bumbu lainnya sesuai dengan selera yang dibungkus dengan daun pisang atau kelobot sebelum kemudian dimasak hingga matang. Di negara Meksiko, tamales umumnya disajikan bersama dengan makanan dan minuman pendamping seperti tomatillo salsa (saus salsa yang terbuat dari tomat) atau secangkir atole atau bubur jagung panas yang dicampur dengan sambal rumahan khas Meksiko. 

Tamales sendiri diduga sudah ada sejak 8000 sampai 5000 sebelum masehi. Makanan ini sudah dikenal pada kebudayaan Aztek dan Maya, termasuk juga Olmeka dan Tolteka. Pada kebudayaan Aztek dan Maya, tamales sering dibuat karena memiliki ukuran kecil dan mudah dibawa sebagai bekal.

3 dari 4 halaman

Cara Mengonsumsi Tamales

Meski bentuknya seperti lemper dan pepes, ada beberapa cara untuk mengonsumsi tamales:

1. Santap langsung dari bungkusnya

Cara mengonsumsi tamales yang pertama adalah menyantap langsung dari bungkusnya. Anda hanya perlu membuka salah satu sisi bungkus tamales yang umumnya terbuat dari daun pisang atau kelobot, lalu menyantap isinya secara perlahan.

2. Menggunakan gapu dan pisau

Cara mengonsumsi tamales yang selanjutnya adalah dengan menggunakan garpu dan pisau. Langkah ini bisa diawali dengan membuka bungkus tamales dan pindahkan isinya ke piring yang lebih kecil. Kemudian potong menggunakan pisau dan garpu dengan ukuran yang lebih kecil. Setelah itu, anda langsung menyantapnya secara perlahan.

3. Menambahkan saus salsa atau saus mole

Cara mengonsumsi tamales yang selanjutnya adalah dengan menambahkan saus salsa atau saus mole. Saos salsa memiliki cita rasa yang segar dan sedikit asam. Sedangkan saus mole adalah saus khas Meksiko yang terbuat dari campuran cokelat, potongan cabai, dan beraneka jenis rempah. Saus bisa langsung dituangkan ke permukaan tamales atau dijadikan cocolan.

4. Santap tamales yang manis

Biasanya, tamales memiliki isian yang bercita rasa gurih maupun pedas. Namun ada juga varian tamales yang lain yakni memiliki rasa manis. Rasa manis ini di dapat dari isian cokelat, kismis, pisang, atau buah-buahan lainnya.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Tamales

Tamales adalah makanan khas Meksiko dan populer juga di Amerika Tengah. Tamales terbuat dari tepung jagung yang dibungkus daun lalu dimasak dengan cara dikukus atau direbus. Berikut ini cara membuat tamales, yakni:

Bahan yang digunakan:

- 1 kg tepung jagung

- 900 ml air

- 1 sendok teh garam

- 1 sendok teh merica halus

- 2 siung bawang putih, haluskan

- 600 g mentega putih

- 500 ml kaldu ayam; bekukan sampai berkristal halus

- Klobot atau kulit jagung muda untuk, membungkus, seduh sebentar dengan air panas, lap hingga kering. Jika susah mencarinya, anda bisa menggunakan daun pisang.

Bahan Isiannya:

- 1 kg ayam, buang kulitnya

- ½ liter air

- 1 sdt garam

- ½ sdt merica halus

- 2 dm minyak sayur

- 100 g bawang Bombay, cincang halus

- 300 g tomat, celup air mendidih, kupas, cincang halus

- 100 g cabai hijau, iris serong kasar

- ½ dt oregano

- 5 buah acar zaitun, siap beli

Cara membuat tamales:

1. Campur tepung, air, garam, merica dan bawang putih, aduk sampai adonan kental. Tutup wadah dengan plastik, istirahatkan selama 30 menit.

2. Kocok mentega sampai lembut, masukkan adonan tepung, kemudian aduk rata.

3. Tambahkan kaldu sedikit-sedikit sarnbil aduk. Coba teteskan adonan ke dalam air dingin, jika ada serabut-serabut adonan mengapung, berarti adonan siap dipakai.

4. Kemudian ambil klobot atau daun pisang, letakkan adonan sesendok makan dan pipihkan.

5. Setelah itu, isi adonan tersebut dengan bahan-bahan isian yang telah disebutkan di atas.

6. Lalu tutup adonan hingga rapat, dan tutup kembali klobot atau daun pisang hingga rapi.

7. Setelah semua adonan habis, anda bisa rebus air di dalam panci sampai mendidih. Kemudian, semua tamales yang sudah terbungkus dengan rapi dapat dimasukkan ke dalam panci.

8. Lalu rebus selama kurang lebih 60-90 menit. Kukus dengan api kecil, dan sesekali tambahkan air setiap 20 menit sekali.

9. Periksa tamales untuk memastikan sudah matang, apabila kulitnya mudah dikelupas artinya tamales sudah matang dan siap untuk disajikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.