Sukses

Kaya Mendadak, 7 Pria Ini Temukan Koin Abad Pertengahan Senilai Rp 2,7 M Pakai Detektor Logam

Temukan koin abad pertengahan senilai Rp 2,7 M pakai detektor logam amatir, pria ini kaya mendadak.

Liputan6.com, Jakarta Detektor logam amatir adalah sebuah alat yang digunakan oleh pencari harta karun atau pemburu metal, untuk mendeteksi logam tersembunyi atau benda metal dalam tanah. Alat ini biasanya menggunakan teknologi elektromagnetik, untuk menemukan logam dan memberikan sinyal audio atau visual untuk menunjukkan lokasi logam tersebut.

Aksi ini kemudian dilakukan oleh tujuh pemburu harta karun, yang telah mencapai kesuksesan besar di mana mereka menemukan timbunan lebih dari 600 koin, yang ada pada abad pertengahan yang bernilai sekitar £150.000 (AUD$259.000, USD$183.143). Penemuan ini seketika membuat mereka kaya mendadak.

Koin yang ditemukan ini, jika dirupiahkan bernilai fantastis yaitu Rp 2,7 M. Keahlian dan pengalaman dalam menggunakan detektor logam amatir ini juga, memainkan peran penting dalam menentukan keberhasilan pencarian logam diantaranya Andrew Winter, Dom Rapley, Eryk Wierucki, Jaroslaw Giedyna, Dariusz Fijalkowski dan bersaudara Tobiasz dan Mateusz Nowak, membuat penemuan luar biasa, yang sekarang dikenal sebagai 'Hambleden Hoard'

Berikut ini informasi tentang koin abad pertengahan bernilai fantastis yang Liputan6.com rangkum dari ladbible, Sabtu (4/2/2023). 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Temukan Logam Abad Pertengahan

Andrew Winter, Dom Rapley, Eryk Wierucki, Jaroslaw Giedyna, Dariusz Fijalkowski dan bersaudara Tobiasz dan Mateusz Nowak adalah 7 pria, yang jauh lebih terbiasa menggali cangkang senapan dan bidal, daripada harta karun yang terkubur di kehidupan nyata. Oleh karena itu,  pada hari temuan mereka benar-benar sebuah keberuntungan.

Kelompok pendeteksi ini menjadi tercengang, untuk menarik koin demi koin keluar dari tanah dan akhirnya berakhir dengan harta karun 627 koin emas, termasuk 12 bangsawan emas penuh yang sangat langka dari sekitar waktu Black Death melanda.

 

3 dari 4 halaman

Koin dan Kaitannya dengan Sistem Pemerintahan

Hanya ada 12 contoh koin yang ditemukan selama survei tahun 1963. Mereka juga menemukan 547 sen perak lagi, yang mengingatkan pada masa pemerintahan Edward I dan II, 21 sen Irlandia, 20 koin kontinental, dan 27 sen Skotlandia dari masa pemerintahan Alexander III, John Balliol, dan Robert the Bruce.

Harta karun koin diyakini sebagai penemuan terbesar dalam satu dekade. Detektor Mateusz Nowak, yang merupakan pembersih rumah sakit dari Newcastle, mengatakan: "Rasanya tidak nyata.

"Setelah menemukan timbunan, dan kemudian membersihkan area tersebut, kami harus memperpanjang pencarian dua kali lagi karena kami menemukan begitu banyak.

 Itu adalah keajaiban dari waktu ke waktu untuk semua orang."

Nilai nominal koin-koin itu akan sedikit di atas £6 jika diterjemahkan ke mata uang saat ini, tetapi nilai sebenarnya dari harta karun yang terkubur mungkin mencapai £150.000.

 

4 dari 4 halaman

Detektor Logam Amatir yang Kaya Mendadak

Ayah tiga anak dan operator mesin dari Bristol Dariusz Fijalkowski, menemukan keuntungan ketika dia menemukan bidal di dekatnya dan dua koin perak.

"Sebelum itu - selain bidal - [yang saya gali] hanyalah peluru senapan," katanya.

"Ketika saya menemukan koin-koin itu, saya banyak berteriak karena saya sangat bersemangat. Mungkin seharusnya saya diam saja tapi saya sangat senang.

“Bagi saya koin-koin itu saja yang istimewa. Itu adalah kepingan kecil perak dan juga bagian dari sejarah.

"Tapi untuk melihat apa yang kami temukan pada akhirnya. Saya masih tidak percaya."

Sesuai aturan pendeteksian dan perburuan harta karun, setiap penemuan lebih dari tiga koin disebut sebagai 'timbunan'.

Laki-laki akan memiliki koin yang dinilai secara independen sebelum dijual, dengan uang dibagi dengan pemilik tanah tempat koin itu ditemukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.