Sukses

Periksa Payudara Sendiri Sebelum Terlambat, Langkah Mudah Prosedur SADARI

Langkah mudah melakukan periksa payudara sendiri atau SADARI, beserta dengan cara menentukan hasilnya.

Liputan6.com, Jakarta Periksa payudara sendiri atau yang lebih dikenal dengan prosedur SADARi merupakan cara yang dapat diandalkan untuk mendeteksi kanker payudara awal, dimana sejumlah besar wanita melaporkan bahwa tanda pertama kanker payudara mereka adalah benjolan payudara baru yang mereka temukan sendiri. Untuk alasan ini, banyak dokter yang menganjurkan untuk mengetahui konsistensi normal payudara.

Periksa payudara sendiri yang anda lakukan untuk kesadaran payudara, membantu anda memahami tampilan dan nuansa normal payudara anda. Jika melihat adanya perubahan pada payudara yang tampak tidak normal atau jika melihat satu payudara berbeda jika dibandingkan dengan payudara lainnya, anda dapat melaporkannya ke dokter.  Karena ada banyak kondisi yang dapat menyebabkan perubahan pada payudara, termasuk kanker payudara.

Setelah kanker kulit, kanker payudara adalah kanker yang paling sering didiagnosis pada banyak wanita di dunia. Kanker payudara dapat terjadi pada pria dan wanita, tetapi jauh lebih umum terjadi pada wanita. Tindakan periksa payudara sendiri atau SADARI menjadi salah satu cara untuk mencegah perkembangan kanker payudara pada tingkat yang sudah tidak dapat ditangani atau disembuhkan.

Lantas bagaimana cara melakukan prosedur periksa payudara sendiri atau SADARI? Berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (3/2/2023). Langkah mudah melakukan periksa payudara sendiri atau SADARI, beserta dengan cara menentukan hasilnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Periksa Payudara Sendiri Atau SADARI

Periksa Payudara Sendiri Atau SADARI

Setiap wanita harus melakukan pemeriksaan payudara sendiri setiap bulan untuk melihat dan merasakan perubahan yang mungkin terjadi pada payudaranya. Pemeriksaan payudara secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan payudara dan mendeteksi kanker sejak dini, ketika lebih mudah diobati dan lebih mungkin disembuhkan. 

Tidak semua benjolan dan kelainan adalah kanker, tetapi anda tetap harus melaporkan perubahannya ke dokter. Pemeriksaan payudara sendiri adalah metode langkah demi langkah yang dapat digunakan wanita untuk memeriksa payudara mereka. Dengan melihat dan merasakan payudara secara teratur, anda dapat melihat apa saja yang tampak tidak normal.

Wanita harus melakukan pemeriksaan payudara sendiri sebulan sekali, setiap bulan. Wanita yang masih menstruasi sebaiknya melakukan pemeriksaan payudara sendiri setelah menstruasi. Wanita yang telah berhenti menstruasi dan mereka yang mengalami menstruasi yang sangat tidak teratur dapat memilih satu hari setiap bulannya. 

Pemeriksaan payudara sendiri hanya membutuhkan waktu beberapa menit dan dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam jadwal harian anda. Anda dapat melakukan pemeriksaan payudara saat anda:

- Berpakaian di siang hari atau membuka baju di malam hari.

- Berbaring di tempat tidur di pagi hari atau sebelum tidur.

- Mandi.

Pemeriksaan payudara sendiri setiap bulan dapat membantu anda mendeteksi perubahan yang mungkin merupakan tanda infeksi atau kanker payudara (seperti benjolan atau bercak payudara yang terasa berbeda). Ketika kanker payudara terdeteksi dini, peluang untuk bertahan hidup jauh lebih baik.

Pemeriksaan diri penting untuk kesehatan payudara. Tetapi mereka tidak boleh menggantikan ujian dan tes skrining yang direkomendasikan oleh dokter. Anda tetap harus mengunjungi penyedia perawatan primer dan/atau ginekolog anda secara teratur.

3 dari 4 halaman

Langkah Mudah Periksa Payudara Sendiri Atau SADARI

Langkah Mudah Periksa Payudara Sendiri Atau SADARI

Lantas bagaimana cara melakukan pemeriksaan payudara sendiri atau SADARI? Berikut ini adalah langkah-langkah pemeriksaan payudara sendiri atau SADARI yang dapat anda ikuti dengan mudah. 

1. Inspeksi visual

Dengan melepas baju dan bra, berdirilah di depan cermin. Letakkan tangan anda di samping tubuh. Perhatikan apakah ada perubahan bentuk payudara, pembengkakan payudara, lesung pipi di kulit, atau perubahan pada puting susu. Selanjutnya, angkat tangan anda tinggi-tinggi dan cari hal yang sama. Terakhir, letakkan tangan anda di pinggul dan tekan dengan kuat untuk membuat otot dada anda lentur. Cari perubahan yang sama lagi. Pastikan untuk melihat kedua payudara.

2. Pemeriksaan manual sambil berdiri

Dengan melepas baju dan bra, gunakan tangan kanan untuk memeriksa payudara kiri, lalu sebaliknya. Dengan bantalan tiga jari tengah anda, tekan setiap bagian dari satu payudara. Gunakan tekanan ringan, lalu sedang, lalu kencang. Rasakan adanya benjolan, bintik tebal atau perubahan lainnya. Pola melingkar dapat membantu anda memastikan anda mencapai setiap titik. Lalu, tekan tisu di bawah lengan. Pastikan untuk memeriksa di bawah areola dan kemudian meremas puting dengan lembut untuk memeriksa keluarnya cairan. Ulangi langkah-langkah di sisi lain tubuh anda.

3. Pemeriksaan manual sambil berbaring

Saat anda berbaring, jaringan payudara anda menyebar lebih merata. Jadi ini adalah posisi yang baik untuk merasakan perubahan, terutama jika payudara anda berukuran besar. Berbaringlah dan letakkan bantal di bawah bahu kanan anda. Letakkan lengan kanan anda di belakang kepala. Gunakan tangan kiri, lakukan teknik yang sama seperti langkah 2, gunakan bantalan jari untuk menekan seluruh bagian jaringan payudara dan ketiak. Terakhir, tukar bantal ke sisi lain, dan periksa payudara dan ketiak lainnya. Pastikan untuk memeriksa di bawah areola dan kemudian meremas puting dengan lembut untuk memeriksa keluarnya cairan.

4 dari 4 halaman

Hasil Periksa Payudara Sendiri Atau SADARI

Hasil Periksa Payudara Sendiri Atau SADARI

Jika anda menemukan benjolan atau perubahan lain yang mengkhawatirkan, tetaplah tenang. Sebagian besar temuan pemeriksaan diri bukanlah tanda-tanda kanker payudara. Tetapi anda tetap harus menghubungi penyedia layanan kesehatan anda jika anda melihat adanya:

- Perubahan tampilan, rasa atau ukuran payudara.

- Perubahan tampilan atau nuansa puting.

- Dimpling atau kerutan pada kulit.

- Benjolan, simpul keras atau titik tebal di jaringan payudara.

- Keluarnya puting.

- Puting atau area lain tertarik ke dalam.

- Nyeri di satu titik yang tidak kunjung hilang.

- Ruam pada puting.

- Pembengkakan salah satu atau kedua payudara.

- Kehangatan, kemerahan atau bintik hitam pada kulit.

Melakukan pemeriksaan payudara sendiri setiap bulan akan membantu anda menjaga kesehatan payudara dan mendeteksi tanda-tanda awal penyakit. Anda dapat memasukkan langkah-langkah pemeriksaan payudara ke dalam rutinitas rutin anda, seperti saat anda bersiap untuk tidur atau mandi. Dengan setiap pemeriksaan payudara sendiri, anda akan menjadi lebih akrab dengan tubuh anda. Saat anda mengetahui apa yang normal bagi anda, anda akan lebih sadar saat terjadi perubahan.

Banyak klinik rumah sakit dan penyedia layanan kesehatan lainnya berfokus pada layanan kesadaran kanker payudara, termasuk skrining kanker payudara. Anda dapat membantu tim kesehatan anda menjaga kesehatan payudara anda dengan meluangkan waktu beberapa menit sebulan sekali untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.