Sukses

Waist Artinya Pinggang, Ketahui Arti Waist pada Pakaian, Sepatu, dan Biola

Secara harfiah, waist artinya adalah pinggang, yakni bagian dari tubuh antara perut dan dada.

Liputan6.com, Jakarta Secara harfiah, waist artinya adalah pinggang, yakni bagian dari tubuh. Sebagai bagian dari tubuh, waist artinya bagian tubuh di atas dan sedikit lebih sempit dari pinggul.

Waist artinya pinggang, sementara pinggang sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah bagian tubuh antara perut dan dada (di sebelah belakang atau di sisi).

Pada manusia, waist artinya adalah penyempitan antara tulang rusuk dan pinggul. Selain dapat dipahami sebagai bagian tubuh, waist juga sering digunakan untuk merujuk ke bagian pada pakaian.

Sebagai bagian pakaian, waist artinya bagian pakaian seperti gaun atau jaket yang menutupi bagian pinggang. Kemungkinan besar Anda mengetahui definisi waist yang paling umum ini.

Akan tetapi tahukah Anda bahwa waist juga bisa menjadi bagian sempit dari sepatu, atau biola? Dalam bahasa Inggris, waist sebagai bagian tubuh, bagian pakaian, sepatu, atau biola memiliki cara pelafalan yang sama.

Untuk lebih memahami waist artinya apa saja, berikut penjelasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (2/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Waist artinya bagian dari pakaian

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, secara harfiah waist artinya adalah pinggang, atau bagian tubuh antara perut dan dada. Meski demikian, waist juga dapat digunakan sebagai kata yang mengacu pada bagian dari pakaian.

Sebagai bagian dari pakaian, waist artinya adalah ukuran dari lingkar pinggang. Ukuran ini merupakan ukuran terkecil dari garis pinggang, atau pada bagian di atas pusar. Selain disebut sebagai waist, bagian pakaian ini kadang juga disebut sebagai waistline.

Selain waist, ada nama bagian tubuh yang juga dijadikan sebagai kata yang mengacu pada bagian pakaian, yakni hips dan shoulder. Hips sendiri mengacu pada ukuran pinggul. Ukuran ini yaitu ukuran bagian terpenuh dari pinggul kamu. Cara mengukurnya yaitu ukur bagian pinggang kamu yang terlebar. Biasanya sekitar 7-9 inci di bawah pinggang.

Sedangkan shoulder secara harfiah artinya bahu. Namun dalam kaitannya dengan pakaian, shoulder artinya ukuran dari lebar bahu. Shoulder diukur dari ujung bahu kiri hingga ujung bahu kanan.

3 dari 4 halaman

Waist artinya bagian dari sepatu

Selain dapat digunakan sebagai kata yang merujuk pada bagian tubuh atau bagian dari pakaian, waist artinya juga bisa merujuk pada bagian sepatu. Bahkan pada sepatu wanita, bagian waist dianggap sebagai bagian yang penting pada sepatu, karena akan memengaruhi keindahan sepatu.

Seperti dikutip dari HoodMWR, waist artinya adalah bagian sepatu yang melingkari pergelangan kaki Anda, biasanya terbuat dari bahan yang mirip dengan bagian atas. Waist adalah bagian eksterior sepatu.

Selain waist, ada pula istilah yang mengacu pada bagian sepatu yang diambil dari nama bagian tubuh, misalnya seperti breast (dada) dan throat (tenggorokan).

Breast adalah bagian atas yang menutupi punggung kaki atau lengkungan kaki Anda. Sedangkan throat artinya bagian atas lapisan alas kaki pelindung kaki Anda.

4 dari 4 halaman

Waist artinya bagian dari alat musik biola

Selain dipakai untuk merujuk pada bagian pakaian dan sepatu, waist juga dipakai untuk merujuk pada bagian dari alat musik biola. Sebagai bagian dari alat musik biola, waist artinya adalah lengkungan pada body biola yang dibuat agar busur dapat bergerak bebas melintasi senar tanpa membentur body.

Sama halnya dengan pakaian dan sepatu yang menggunakan nama bagian tubuh untuk merujuk pada komponen tertentu pada pakaian dan sepatu, biola pun juga menggunakan nama bagian tubuh untuk merujuk pada beberapa komponen yang membangunnya.

Adapun selain waist, nama bagian tubuh yang digunakan untuk merujuk komponen pada alat musik biola antara lain ada body (badan) dan neck (leher). Body adalah kotak suara pada biola yang berfungsi sebagai tempat resonansi getaran dawai, agar suara yang dihasilkan bisa berbunyi nyari. Pada bagian body inilah, tempat waist berada.

Sedangkan neck adalah bagian pada biola yang terbuat dari sepotong kayu panjang. Pada neck terdapat bagian lain yakni fingerboard. Neck menghubungkan badan biola ke pegbox dan scroll.

Dari serangkaian penjelasan tersebut, bahwa waist artinya berbeda-beda sesuai konteks percakapan atau kalimat yang digunakan. Secara harfiah waist artinya pinggang. Namun dalam konteks pembicaraan tentang pakaian, waist artinya adalah ukuran dari lingkar pinggang. Ukuran ini merupakan ukuran terkecil dari garis pinggang, atau pada bagian di atas pusar. Selain disebut sebagai waist, bagian pakaian ini kadang juga disebut sebagai waistline.

Kemudian jika berbicara soal sepatu, waist artinya adalah bagian sepatu yang melingkari pergelangan kaki Anda, biasanya terbuat dari bahan yang mirip dengan bagian atas. Waist adalah bagian eksterior sepatu. Sedangkan pada biola, waist artinya adalah lengkungan pada body biola yang dibuat agar busur dapat bergerak bebas melintasi senar tanpa membentur body.

Meski demikian, baik sebagai bagian tubuh, bagian pakaian, bagian sepatu, maupun bagian pada biola, waist artinya adalah bagian yang sempit, atau menyempit setelah bagian yang lebih lebar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.