Sukses

Arti Jazakumullah Khairan dan Perbedaannya dengan Jazakallah dan Jazakillah

Jazakumullah khairan dengan jazakallah dan jazakillah memiliki perbedaan makna.

Liputan6.com, Jakarta Jazakumullah merupakan ungkapan yang biasa digunakan sebagai ungkapan terima kasih terhadap orang lain. Ungkapan ini bahkan tidak hanya untuk berterima kasih, tetapi juga berarti kamu mendoakan orang tersebut mendapat kebaikan.

Mengucapkan terima kasih merupakan salah satu anjuran bagi umat Islam yang juga tercantum di dalam Al-Quran dan Hadis. Membiasakan diri mengungkapkan terima kasih tentunya membuat kamu telah mengikuti anjuran Al-Quran dan Hadis.

Jazakumullah khairan dengan jazakallah dan jazakillah memiliki perbedaan makna. Namun, pada intinya ketiga ungkapan tersebut adalah menandakan rasa terima kasih kamu terhadap seseorang dan mendoakannya agar mendapatkan kebaikan dari Allah SWT.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (31/1/2023) tentang jazakumullah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Anjuran Mengucapkan Terima Kasih dalam Al-Quran dan Hadis

Anjuran untuk mengucapkan terima kasih dan doanya diungkapkan dalam Al Qur'an dan hadis. Ungkapan rasa syukur telah dijelaskan dalam QS.Ibrahim ayat 7 dengan arti sebagai berikut:

"Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhan kalian memberitahukan, "Sesungguhnya jika kalian bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepada kalian, dan jika kalian mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih," (QS. Ibrahim: 7).

Selain itu, Rasulullah SAW bersabda:

“Tidak dikatakan bersyukur pada Allah, siapa yang tidak tahu berterima kasih kepada sesama manusia.” (HR. Tirmidzi dan Abu Daud).

Dari Usamah bin Zaid radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barangsiapa yang telah mendapatkan kebaikan dari seseorang, lalu ia berkata kepada pelaku kebaikan tersebut, “Jazaakallahu khairan”, berarti ia telah sampai pada derajat memujinya (telah berterima kasih kepadanya dengan memujinya).” (HR. Tirmidzi, An-Nasa’i dan Ibnu Hibban, dinilai shahih oleh Al-Albani).

3 dari 5 halaman

Arti Jazakumullah serta Perbedaannya dengan Jazakallah dan Jazakillah

Jazakumullah khairan terdiri dari dua kata yakni jazakumullah dan khair. Jazakumullah adalah istilah bahasa Arab yang digunakan untuk mengucapkan rasa terima kasih. Jazakumullah artinya "semoga Allah membalas kalian". Sementara khair atau khairan berarti kebaikan. Jadi, arti jazakumullah khairan adalah "semoga Allah membalas kebaikan kalian". Jazakumullah khairan merupakan ungkapan terimakasih kepada orang yang berbuat baik, termasuk juga bentuk syukur kepada Allah SWT. Tak hanya sekadar berterima kasih, di dalam kalimat ini terselip doa yang baik.

Pengucapan kalimat jazakumullah khairan berbeda peruntukannya sesuai dengan orang yang ingin diucapkan. Jika berterima kasih kepada seorang laki-laki pengucapannya Jazakallah Khairan, jika pada perempuan Jazakillah Khairan, dan kepada banyak orang Jazakumullah Khairan.

Jazakumullah Khairan diucapkan saat seseorang mendapat nikmat atau bantuan dari orang lain. Selain mengungkapkan rasa terima kasih, ungkapan ini juga menjadi doa bagi orang yang menerimanya. Bahkan ungkapan jazakumullah khairan bisa juga diberikan pada orang yang membenci, mencela, atau menghina. Ini bisa jadi cara menghadapi kebencian dengan kebaikan.

Jazakumullah Khairan, jazakallah, dan jazakillah biasanya diucapkan setelah seseorang mendapat ucapan tabarakallah. Secara harafiah arti tabarakallah adalah "semoga Allah memberkahimu". Arti Tabarakallah juga merujuk pada kekaguman yang ditujukan untuk segala makhluk ciptaan Allah SWT. Mulai dari manusia, hewan, tumbuhan, dan lain sebagainya.

4 dari 5 halaman

Jawaban Ungkapan Jazakumullah

Jika kamu mendapat ucapan jazakumullah khairan, penting untuk membalasnya dengan ungkapan baik pula. Apalagi, kamu paham arti jazakumullah khairan adalah “Semoga Allah membalas kebaikan kalian”.

Oleh karena itu, kamu bisa membalas atau menjawabnya dengan kalimat “wajazakumullahu khairan” yang artinya semoga Allah membalas kalian juga dengan kebaikan.

Selain itu, kamu juga bisa menjawab dengan kalimat Wa iyyaka (untuk laki-laki) yang "artinya dan kebaikan untukmu juga" atau wa iyyaki untuk perempuang. Selain kalimat ini kamu juga bisa mengamini kalimat jazakumullah khairan, karena ungkapan ini merupakan sebuah doa.

5 dari 5 halaman

Ungkapan Terima Kasih Lainnya

Selain jazakumullah khairan, ada sejumlah ungkapan dalam bahasa Arab yang sering digunakan. Berikut ungkapan dan artinya:

- Barakallah

Barakallah berasal dari Bahasa Arab yakni “ Baaraka" dan “ Allah" . Kata “ Baaraka” memiliki arti berkah, sehingga ucapan Barakallah memiliki makna sebagai ucapan atau doa yang berarti Semoga Allah memberkahi. Ucapan Barakallah biasanya diiringi dengan tambahan “ fiika" (untuk laki-laki), “ fiiki" (untuk perempuan) “ fiikum" (untuk kalian, atau bermakna banyak orang laki-laki dan perempuan) dan " lakum" (untuk orang yang berkomunikasi langsung kepada kita).

Keutamaan mengucapkan kalimat Barakallah untuk mendoakan keberkahan kepada orang yang kita temui atas segala nikmat yang diterima atau dimiliki.

- Tabarakallah

Secara harafiah arti tabarakallah adalah "semoga Allah memberkahimu". Arti Tabarakallah juga merujuk pada kekaguman yang ditujukan untuk segala makhluk ciptaan Allah SWT. Mulai dari manusia, hewan, tumbuhan, dan lain sebagainya. Di dalam Al-Qur’an, arti Tabarakallah berarti Maha Berkah, Maha Suci, dan Maha Tinggi. Ibnu Katsier menafsirkannya sesuai arti sebenarnya. Sementara Kementerian Agama Arab Saudi menafsirkan sebagai berkah yang banyak dan luas.

- Masyaallah

Secara harafiah, arti masyaAllah adalah ‘apa yang dikehendaki oleh Allah, maka hal itulah yang terjadi’. Istilah ini biasanya diucapkan ketika seorang muslim mengetahui sesuatu hal yang menakjubkan. Hal ini dapat berarti pula bahwa arti Masyaallah adalah bentuk pujian dan doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT. Rasa ketertarikan tersebut kemudian dapat memunculkan rasa kekaguman berlebih terhadap segala ciptaan Allah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.