Sukses

8 Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal Secara Alami, Tanpa Obat dan Bisa Dicoba di Rumah

Cara mengatasi tenggorokan gatal bisa menggunakan bahan alami yang tersedia di rumah, seperti menggunakan madu, lemon, dan masih banyak yang lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Tenggorokan gatal memang terasa tidak nyaman saat menelan makanan maupun minuman. Meski begitu penyakit ini tidak berbahaya dan sering menyerang siapa saja baik anak-anak hingga orang dewasa.

Dengan mengetahui cara mengatasi tenggorokan gatal maka akan lebih cepat meredakan rasa tidak nyaman dan iritasi di area yang terdampak. Cara ini bisa menggunakan bahan alami yang tersedia di rumah, seperti madu, lemon, dan masih banyak yang lainnya.

Cara mengatasi tenggorokan gatal dapat dengan mudah dicoba di rumah. Meski begitu, kondisi ini tak bisa diremehkan begitu saja. Apabila menggunakan bahan alami tidak memberikan efek pada kondisi anda selama beberapa hari setelah pemakaian, maka bisa konsultasi dengan dokter anda.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara mengatasi tenggorokan gatal secara alami yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (27/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal

Dikutip dari laman Health Line, berikut ini terdapat beberapa cara mengatasi tenggorokan gatal secara alami yang bisa anda coba, yakni:

1. Berkumurlah dengan air garam

Cara mengatasi tenggorokan gatal secara alami yang pertama adalah berkumur dengan air garam. Langkah ini dapat dilakukan dengan cara:

a. Campurkan 1/2 sendok teh garam dalam 8 ons air hangat.

b. Minum dan berkumurlah selama 10 detik.

c. Kemudian muntahkan dan jangan sampai menelannya.

d. Ulangi cara mengatasi tenggorokan gatal ini sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari.

2. Makan madu

Cara mengatasi tenggorokan gatal secara alami yang berikutnya adalah memakan satu sendok madu murni. Langkah ini bisa anda lakukan di pagi hari. Namun apabila anda tidak ingin langsung memakannya dapat mencampurnya dengan air atau teh.

3. Minum teh jahe panas dengan lemon dan madu

Cara mengatasi tenggorokan gatal secara alami yang berikutnya adalah minum teh jahe panas dengan lemon dan madu. Berikut ini caranya:

a. Masukkan 1 sendok makan madu ke dalam cangkir.

b. Isi dengan air panas.

c. Peras jus dari 2 irisan lemon.

d. Parut sedikit jahe segar.

e. Campurkan ketiga bahan tersebut dan aduk minuman.

f. Minumlah perlahan.

g. Ulangi 2 hingga 3 kali sehari.

4. Minum cuka sari apel

Cara mengatasi tenggorokan gatal secara alami yang berikutnya adalah minum cuka sari apel. Berikut ini cara untuk membuat minumannya, yakni:

a. Campurkan 1 sendok makan cuka sari apel ke dalam 8 ons air panas.

b. Setelah cukup dingin untuk diminum, teguk perlahan.

c. Untuk meningkatkan rasanya, coba tambahkan satu sendok makan sirup maple atau satu sendok makan madu.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal

5. Minum susu dan kunyit

Cara mengatasi tenggorokan gatal secara alami yang berikutnya adalah minum susu dan kunyit. Untuk bisa membuat minumannya, berikut ini cara membuatnya:

a. Di atas api sedang, dalam panci kecil, campurkan 1 sendok teh kunyit dengan 8 ons susu.

b. Didihkan.

c. Tuang adonan ke dalam cangkir.

d. Biarkan campuran mendingin hingga suhu minum yang nyaman dan minum perlahan.

e. Ulangi setiap malam sampai gatal tenggorokan hilang.

6. Banyak minum air mineral

Cara mengatasi tenggorokan gatal secara alami yang berikutnya adalah dengan banyak minum air mineral. Dengan banyak minum air mineral maka tubuh akan lebih banyak memproduksi air liur sehingga membuat tenggorikan tetap lembab. Minum setidaknya dua liter air putih per hari dan pastikan kamu tidak dehidrasi, karena hanya akan membuat tenggorokan semakin kering dan menjadi penyebab tenggorokan gatal nantinya.

7. Minuman dingin

Dikutip dari laman Web MD, cara mengatasi tenggorokan gatal secara alami yang berikutnya adalah minum dingin. Meskipun langkah ini hanya bisa diterapkan pada sebagian orang, namun minuman dingin seperti air es bisa membuat tenggorokan mati rasa. Cara mengatasi tenggorokan gatal dengan minum air dingin ini bisa membuat Anda tetap terhidrasi sekaligus mengurangi rasa sakit atau gatal yang Anda rasakan.

8. Makan sup

Dikutip dari laman Web MD, cara mengatasi tenggorokan gatal secara alami yang berikutnya adalah makan sup. Tetap terhidrasi penting untuk membantu tubuh Anda sembuh. Dengan mendapatkan cukup cairan dapat membantu menjaga selaput lendir Anda tetap bersih, dan mencegah penumpukan yang tidak nyaman di tenggorokan Anda. Suhu hangat juga dapat membantu melegakan tenggorokan bagian belakang bagi sebagian orang. Makan sup hangat adalah cara mudah untuk tetap terhidrasi sekaligus berpotensi mengurangi iritasi pada tenggorokan.

4 dari 4 halaman

Cara Mencegah Tenggorokan Gatal

Apabila Anda sering mengalami tenggorokan gatal, maka perlu adanya perubahan gaya hidup yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan jumlah penyakit tenggorokan gatal dan rentan waktu dengan rasa ketidaknyamanan ini. Cara mencegahnya dengan:

1. Berhenti merokok.

2. Tetap terhidrasi dengan minum air mineral 2 liter dalam sehari.

3. Membatasi atau berhenti minum kafein.

4. Membatasi atau berhenti minum alkohol.

5. Membatasi atau menghindari membuka jendela maupun pergi keluar selama musim hujan.

6. Sering mencuci tangan selama musim dingin atau musim penghujan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.